Cara Membuat Kompor Spirtus Dari Kaleng Bekas Dan Cara Mematikannya - Tips Pramuka - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

5/10/2017

Cara Membuat Kompor Spirtus Dari Kaleng Bekas Dan Cara Mematikannya - Tips Pramuka

Pict By - Bikepacking.com

KakaKiky -
hai kakak kakak! Kemarin di post KakaKiky yang berjudul “Materi Pramuka - Survival” ada sebuah komentar dari kakak Pramuka yang menanyakan tentang bagaimana caranya membuat kompor lapangan.

Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut iky buatlah artikel ini, yaitu artikel tentang “Cara membuat Kompor Spiritus Dari Kaleng Bekas”. Menurut iky kompor sederhana ini cukup mudah untuk dibuat, dan bahan bahan untuk membuatnya pun cukup mudah untuk didapatkan. Selain itu dengan membuat kompor ini juga akan menambah kreativitas kita sebagai anak Pramuka.

Kompor dari kaleng bekas ini juga sangat praktis loh! Karena kompor ini sangat kecil sehingga bisa kakak bawa-bawa kemanapun kakak pergi, misalkan seperti pergi berkemah, mendaki gunung, melewati lembah dan lain lain! Dan yang terpenting bisa dipakai untuk masak rimba.

Nah, gimana kak? tertarik untuk mencoba membuat kompor satu ini? Seperti iky katakan tadi bahan bahannya mudah dicari loh! Okey kalau kakak kakak tertarik untuk membuat kompor dari kaleng bekas satu ini, iky bakalan kasih bahan bahan utama yang harus disediakan, dan bagaimana cara membuatnya.

Oh iya, jangan lupa untuk berhati hati ya! Karena kaleng kaleng ini kan tajam dan bisa melukai kakak kakak kalau tidak berhati hati dalam menggunakannya, selain itu api dari spiritus ini juga cukup berbahaya, jangan sampai kebakaran! Okey langsung saja disimak, bahan bahannya adalah sebagai berikut:
1.    Kaleng Minuman Bekas 2 buah, bisa kaleng minuman coca-cola, sprite, pocari sweat dan lain lain.
2.    Kapas
3.    Bahan Bakar Spiritus
4.    Pisau
5.    Gunting

Nah untuk cara membuatnya silahkan kakak kakak lihat video berikut dengan baik, harus teliti ya kak! jangan sampai nanti kompornya malah gak hidup, ingat bahan bakarnya pakai spiritus! Heheheh.


Nah, gimana kak? cara membuatnya mudah sekali bukan? Mungkin dari video di atas tadi akan timbul beberapa pertanyaan seperti “bagaimana cara mematikan kompornya kak?” dan “berapa lama kompornya bisa bertahan kak?”

Kalau untuk cara mematikan kompornya, kakak kakak bisa menutup kompornya dengan kain yang basah, tutup semua lubang lubangnya sampai tidak ada udara yang masuk, karena api itu tidak akan bisa menyala kalau tidak ada oksigen ataupun udara yang masuk, ada belajarkan tentang biologi? Hehehehe.

Kompor tersebut bisa hidup sekitar kurang lebih 50 menitan, hal ini juga bergantung seberapa banyak kakak memasukkan bahan bakar spiritus tadi.

Untuk melihat video cara membuat kompor sederhana lainnya, kakak kakak bisa buka YouTube lalu ketik dengan kata kunci “Cara membuat kompor Spiritus” ataupun “How To Make A Stove”

Oke kakak kakak cukup sekian tips dan trik kali ini ya, jangan lupa share artikel ini, biar anak Pramuka di Indonesia bisa jadi lebih kreatif! Anak Pramuka itu share konten positif, kalau bukan sekarang kapan lagi? Kalau bukan kita siapa lagi? Cukup sekian, wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka

Sumber Video : Milleaccendini

Share with your friends

12 komentar

  1. Balasan
    1. Sama sama kak ^_^ terimakasih juga sudah berkunjung ke blog saya

      Hapus
  2. keren banget ini apalagi di pedalaman dan pingin masak tapi ga perlu bawa kompor yang gede banget.

    BalasHapus
  3. ini namanya kompor lapangan kan kak? kami udah pernah buat loh sewaktu lomba TTG (teknologi Tepat Guna) hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih kak... ada sebagian orang yang menyebut ini kompor lapangan :D wah mantep dong bisa dibuat TTG :D

      Hapus
  4. trimakasih bngt nih kak iky ini kompor berguna banget apalagi kayak pndaki sperti saya, kompornya bisa dibawa kmana mana lagi (y) akan saya coba kak tipsnya dirumah (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp sama sama kak... terimakasih juga sudah berkunjung :D

      Hapus
  5. mantap jiwa kompornya kak! selain manfaat yg kakak sebutkan tadi.. kita sebagai anak pramuka juga jadi bisa untuk mendaur ulang kembali barang barang bekas yang gaudah kepakai... (y)

    BalasHapus
  6. Mantab kk.
    Thanks buat infonya ya

    BalasHapus
  7. @Juma Siap kak juma, terima kasih juga sudah berkunjung ke kakakiky ya :)

    BalasHapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done