Fakta Pramuka - Pembina Pramuka Bukanlah Pelatih Pramuka


KakaKiky - Pada artikel-artikel sebelumnya iky sudah pernah membahas tentang beberapa fakta yang ada dalam Gerakan Pramuka, nah pada kesempatan kali ini iky juga akan membahas salah satu fakta tentang kesalahan pahaman yang ada dalam Gerakan Pramuka. Kesalahpahaman tersebut adalah penyebutan Pembina Pramuka sebagai pelatih pramuka.

Sebenarnya Pembina Pramuka dan Pelatih Pramuka itu adalah dua hal yang cukup berbeda, mau tahu kenapa berbeda? Yuk simak penjelasan singkat berikut ini.

Pembina Pramuka adalah anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka yang melakukan proses pembinaaan serta pendidikan kepramukaan bagi anggota muda. Pembina pramuka itu sendiri terbagi lagi menjadi pembina siaga, pembina penggalang, pembina penegak, dan pembina pandega, dan seorang pembina pramuka itu haruslah telah menyelesaikan Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML) terlebih dahulu.

Sedangkan yang dikatakan pelatih pramuka adalah anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka yang bertugas di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) untuk melakukan pembinaan serta pendidikan kepada para pembina Pramuka. Seorang pelatih pembina pramuka setidaknya sudah lulus Kursus Pelatih Pembina Dasar (KPD).

Nah, dari kedua penjelasan tersebut maka dapat kita simpulkan bahwasannya Pembina Pramuka adalah orang yang membina peserta didik baik itu siaga, penggalang, penegak, dan pandega, sedangkan pelatih pembina adalah orang yang membina pembina Pramuka.

Okay, sekarang sudah jelaskan kak? kalau Pembina dan Pelatih Pramuka itu adalah dua orang yang berbeda, jadi jangan sampai keliru lagi ya! Semoga artikel atau tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan kalau misalkan ada kekeliruan dari tulisan di atas mungkin kakak-kakak yang memiliki ilmu yang lebih boleh di share di kolom komentar dan kita diskusikan dengan baik, cukup sekian wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka!