Tugas Pokok, Tujuan, Dan Fungsi Gerakan Pramuka Terlengkap - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

12/01/2017

Tugas Pokok, Tujuan, Dan Fungsi Gerakan Pramuka Terlengkap

Picture From Instagram - @cepnuh_

KakaKiky - Gerakan Pramuka merupakan salah satu organisasi nasional Indonesia, seperti yang kita ketahui bahwa setiap organisasi, baik itu organisasi besar maupun organisasi kecil pasti memiliki tugas pokok, tujuan, serta fungsi. Begitu pula halnya dengan organisasi Gerakan Pramuka di Indonesia, organisasi besar ini memiliki tugas pokok, tujuan, dan fungsi tersendiri.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini iky akan menjelaskan tentang Tugas Pokok, Tujuan, dan Fungsi dari Gerakan Pramuka. Sebelum itu perlu diketahui juga bahwa Tugas, Tujuan, dan Fungsi dari Gerakan Pramuka itu sendiri sebenarnya memang telah dijelaskan dalam UU No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka maupun dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Oke deh, tidak perlu berlama-lama lagi, mari simak penjelasan berikut ini ya kak!

1| TUGAS POKOK GERAKAN PRAMUKA
Adapun tugas pokok dari Gerakan Pramuka adalah untuk melaksanakan pendidikan bagi kaum muda di lingkungan luar sekolah. Pendidikan ini untuk melengkapi pendidikan di lingkungan keluarga dan juga lingkungan sekolah. Pendidikan ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan dari Gerakan Pramuka.

2| TUJUAN GERAKAN PRAMUKA
Tujuan dari Gerakan Pramuka adalah untuk membentuk setiap Pramuka agar bisa menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, memiliki ahklak yang mulia, mempunyai jiwa yang patriotic, taat akan hukum, serta disiplin.  Selain itu juga untuk menjadi pribadi yang menjujung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia, serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup. Dengan itu semua diharapkan menjadi kader-kader bangsa yang mampu menjaga dan mebangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hidup.


Pencapaian tujuan-tujuan tersebut diharapkan berhasil untuk membentuk kader bangsa sekaligus kader pembangunan di Indonesia yang memiliki kepribadian. Kepribadian tersebut diantaranya adalah beriman dan bertaqwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Di samping sikap-sikap tersebut akan menjadikan manusia yang berkepribadian Indonesia, yang percaya pada kemampuan sendiri, sanggup dan mampu untuk membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan Negara.

3| FUNGSI GERAKAN PRAMUKA
Fungsi dari gerakan Pramuka adalah sebagai penyelenggara pendidikan nonformal diluar sekolah dan diluar keluarga. Pendidikan tersebut menjadi wadah pembinaan dan juga pengembangan kaum muda dengan ciri khusus. Ciri-ciri khusus tersebut adalah penerapan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan serta sistem Among dalam pendidikan yang dilakukan gerakan Pramuka.
Pict From Instagram - @cepnuh_
Selain sebagai penyelenggara pendidikan yang nonformal, gerakan pramuka juga berfungsi sebagai wadah untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut dilakukan berbagai usaha yang meliputi :
1.      Pendidikan dan Pelatihan Pramuka
2.      Pengembangan Pramuka
3.      Pengabdian Masyarakat dan Orang Tua
4.      Permainan Yang Berorientasi pada pendidikan

Nah, itulah penjelasan terlengkap mengenai Tugas Pokok, Tujuan, Dan Fungsi dari Gerakan Pramuka. Semoga dapat menambah pengetahuan kakak-kakak semua tentang Gerakan Pramuka, jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan share artikel ini ya kak! cukup sekian artikel kali ini, wassalamu’alaikum dan salam pramuka!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done