Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page



Aliran Seni Rupa Beserta Pengertian, Ciri-ciri, Tokoh, dan Contohnya Terlengkap

Aliran Seni Rupa yang berkembang di Indonesia dan Mancanegara
KakaKiky - Seni rupa adalah cabang dari seni yang membentuk karya seni dengan menggunakan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan tersebut diciptakan dengan mengolah konsep dari titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, pencahayaan, dan tekstur dengan estetika sebagai acuannya.

A.  ALIRAN SENI RUPA YANG BERKEMBANG DI MANCANEGARA
Seni rupa juga memiliki beberapa aliran dengan karakteristik yang berbeda-beda. Berikut ini adalah macam-macam aliran dalam seni rupa beserta tokoh dan contohnya.

1.    NATURALISME
Contoh lukisan naturalisme 
Pengertian :
Naturalisme merupakan aliran seni yang berusaha untuk melukiskan suatu objek sesuai dengan yang ada di alam.

Tokoh :
Tokoh dari aliran seni naturalisme adalah Basuki Abdullah dan Raden Saleh.


2.    REALISME
Contoh lukisan Realisme 
Pengertian :
Realisme merupakan aliran seni rupa yang menggambarkan kenyataan-kenyataan yang memang benar-benar ada, artinya yang ditekankan dalam aliran seni ini bukanlah objeknya akan tetapi suasana dari kenyataan tersebut.

Tokoh :
Tokoh dari aliran seni Realisme adalah Rembrandt, Karl Briullov, Ford Madox Brown, Jean Baptiste Simeon Chardin.


3.    ROMANTISME
Contoh Lukisan Romantisme 
Pengertian :
Banyak diantara kalian yang mungkin menganggap bahwa aliran romantisme adalah aliran seni yang berhubungan dengan cinta-cintaan akan tetapi sayanganya kalian kurang tepat. Aliran seni rupa Romantisme adalah aliran seni yang berusaha menampilkan hal-hal yang fantastik, dan berusaha untuk membangkitkan kenangan romantis serta keindahan di setiap objeknya.

Ciri-Ciri :
Objek Lukisannya Penggambaran obyeknya lebih sedikit dari kenyataan, warna yang lebih meriah, gerakan yang lebih lincah, pria yang lebih gagah, wanita yang lebih lembut.

Tokoh :
Tokoh dari aliran seni Romantisme adalah Girodet, Antoine Jean Gros, Theodoregericaul, dan Delacroix.


4.    IMPRESIONISME
contoh lukisan impresionisme 
Pengertian :
Impresionisme adalah aliran seni rupa yang mengutamakan kesan selintas dari suatu objek yang dilukiskan. Kesan ini didapatkan melalui bantuan dari sinar matahari yang merefleksi ke indra penghlihatan kita.

Ciri-ciri :
Aliran seni impressionisme memiliki ciri-ciri dengan objek yang dihasilkan biasanya agak kabur dan tidak terlalu mendetail.

Tokoh :
Tokoh dari aliran seni rupa Impressionisme adalah Clade Monet, Aguste Renoir, Casmile Pissaro Sisley, Kusnadi, dan Solichin.


5.    EKSPRESIONISME
Contoh Lukisan ekspresionisme 
Pengertian :
Ekspresionisme adalah aliran seni rupa yang mengutamakan curahan batin secara bebas. Bebas untuk menggali objek yang timbul dari dunia batin, perasaan, dan imajinasi.

Ciri-ciri :
Objek-objek yang dilukiskan sering berkaitan dengan kekerasan, ketakutan, kemiskinan, kesedihan, dan juga keinginan yang lain di balik tingkah laku manusia.

Tokoh :
Tokoh dari aliran seni ekspresionisme adalah Affandi, dan Antonio Blanco.


6.    KUBISME
Contoh lukisan ekspresionisme 
Pengertian :
Kubisme adalah aliran seni rupa yang cenderung untuk melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk yang geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu.

Ciri-ciri :
Aliran seni ini membuat objek-objek yang dilukisnya menjadi berbentuk geometri seperti segitiga, segi empat, silinder, lingkaran, bola, kubus, kerucut, dan kotak-kotak.

Tokoh :
Tokoh dari aliran seni rupa kubisme adalah Pablo Piccaso.


7.    FAUVISME
Contoh lukisan fauvisme 
Pengertian :
Fauvisme adalah aliran seni rupa yang menghargai ekspresi dalam menangkap suasana yang akan dilukis. Seorang pelukis fauvisme berbendapat bahwa harmoni warna yang tidak terpaut dengan kenyataan di alam itu justru akan lebih memperlihatkan hubungan pribadi dari seniman dengan alam tersebut.

Ciri-ciri :
Objek dalam lukisannya memiliki warna-warna yang liar.

Tokoh :
Tokoh dari aliran seni rupa Fauvisme adalah Henri Matisse, Andre Derain, Georges Braque, Albert Marquet, Henri Manguin, dan Charles Camoin.


8.    DADAISME
Contoh lukisan Dadaisme 
Pengertian :
Dadaisme adalah aliran seni rupa yang bersifat ANTI SENI, menihilkan ataupun menghilangkan hukum estetika dan cirinya itu menambahkan hal yang tidak lazim ke dalam lukisannya. Tujuan dari lukisan dengan aliran ini adalah untuk protes terhadap keadaan yang terjadi di sekitarnya.

Ciri-ciri :
Objek lukisannya bersifat ketiadaan ilusi, yang kemudian diungkapkan dalam bentuk main-main, secara sederhana dan juga kekanak-kanakan.

Tokoh :
Max Ernst, Juan Gross, Picabia, dan Hans Arp.


9.    FUTURISME
Contoh lukisan Futurisme 
Pengertian :
Futurisme adalah aliran seni rupa yang mengutamakan keindahan dari gerak dan dipandang sebagai suatu pendobrak aliran kubisme yang dianggap statis dalam komposisi, garis serta pewarnaan.

Ciri-ciri :
Objek lukisannya mengabdikan diri pada gerak.

Tokoh :
Umberto, Carlo Cara, Boccioni, Gioccomo Ballad, dan Ruigi Russalo.


10. SUREALISME
Contoh lukisan Surealisme 
Pengertian :
Surealisme adalah aliran seni rupa yang berusaha untuk membebaskan diri dari kontrol kesadaran. Lukisan dengan aliran seperti ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang kerap ditemui di alam mimpi.

Ciri-Ciri :
Objeknya memiliki bentu yang aneh-aneh seperti yang ada di alam mimpi, objek lukisannya bercorak berusaha membebaskan diri dari kontrol kesadaran.

Tokoh :
Joan Miro, Sudiarjo, Amang Rahman.


11. ABSTRAKSIONISME
Contoh Lukisan Abstraksionisme
Pengertian :
Abstraksionisme adalah aliran seni rupa yang berusaha untuk mengambil objek yang berasal dari dunia batin. Bisa fantasi, imajinasi dan juga intuisi dari para seniman.

Tokoh :
Wassily Kadinsky, dan Naum Goba.

12. ELEKTISISME
Contoh lukisan elektisisme 
Pengertian :
Elektisisme adalah aliran seni rupa yang idenya dimulai dari barang-barang yang ditemukan dimana-mana dan dikembangkan direkayasa, diimprovisasi dengan ruang dan dirakit dengan objek lainnya.

Tokoh :
Tokoh dari aliran seni rupa elektisisme adalah Paul Gaugguin Jean ARP, dan Henry Moore


B.  ALIRAN SENI RUPA YANG BERKEMBANG DI INDONESIA
Berikut ini adalah beberapa aliran seni rupa yang berkembang di negara Indonesia, adapun pengertiannya sama seperti yang ada di atas.

1.    Naturalisme
2.    Realisme
3.    Romantisme
4.    Ekspresionisme
5.    Impresionisme
6.    Kubisme
7.    Fauvisme
8.    Dadaisme
9.    Futurisme


Itulah beberapa aliran seni rupa yang telah berkembang di mancanegara dan juga di indonesia beserta pengertian, ciri-ciri, contoh dan juga tokohnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi sobat semua, terima kasih sudah mengunjungi blog kakakiky dan sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Leave A Reply
  1. wahh banyak juga ternyata aliran aliran seni rupa, disertai gambar juga jadi lebih mudah paham. izin copy untuk tugasku ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kak silahkan, terima kasih juga sudah berkunjung ke blog kakakiky.

      Delete
  2. Baru tau saya kalau lukisan itu ada banyak macemnya hahaha. Dulu waktu sd sempet iku lomba sih tapi ndak tau kalau ad macem2 jenisnya yg aku tau cuman lukisan gitu aja hahaha tapi berkat artikel ini saya jadi tau apa2 aja sih jenis lukisan dan pengertian nya lebih rinci. Sukses selalu ya buat adminya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jika artikel ini dapat menambah wawasan dari kak Dyah, semoga teman lain yang membaca pun bisa bertambah wawasannya tentang aliran seni rupa

      Delete
  3. Aliran seni rupa memang memiliki banyak jenis .. Seperti yang dijelaskan di atas. Aliran seni rupa di mancanegara ada 12, sedangkan seni rupa dalam negeri ada 9.

    Dari semua yang disebutkan di atas. Saya sangat suka pada seni rupa Naturalisme dan Dadaisme. Karena saya sangat suka dengan hasil-hasil seni yang menampakkan kealamian alam serta kritik yang terkandung di dalam seni itu sendiri.

    Tak banyak yang tahu, namun bisa di buktikan. Bahwa orang penggiat seni adalah orang yang paling sensitif terhadap sekitarnya. Semisal, kepekaan sosialnya tinggi dan biasanya menjadi motor penggerak sosial, (Hal ini bisa dilihat dan ditanyakan pada seniman).

    Harapan saya, semoga semakin banyak manusia Indonesia yang mencintai seni. Dengan begitu mereka lebih terasah jiwa sosialnya ..

    Tulisan ini pun semoga menginisiasi mereka yang membacanya ..

    Salam saya

    Kak Rasyid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak rasyid atas tanggapannya mengenai artikel tentang aliran seni rupa, semoga dapat bermanfaat ya :)

      Delete
  4. Mantul Kak Iky,
    Artikel aliran seni ini lengkap dan dibahas dengan ringan...

    Saran untuk Kak Iky,
    Kasih landasan rujukan (dari buku atau apalah) tentang pengertian yang sedang dibahas...

    Kami yang menukil untuk dimasukkan dalam referensi skripsi atau karya ilmiah, akan mudah dan kuat untuk kami presentasikan ke Dosen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sarang dari kak hana nurdin ini sangat bagus sekali. Untuk artikel kedepannya mungkin akan coba saya tambahkan referensi-referensi nya. Terima kasih kak!

      Delete
  5. mantap kakakiky ni artikelnya sangat sangat mempernambah pengetahuan ,,

    ReplyDelete
  6. Mantap kakakikiy artikelnya sangat sangat menambah pengetahuan saya

    ReplyDelete
  7. Banyak yang belum tahu termasuk saya mengenai seni rupa, saya tahunya seni rupa buatan dan alami, tidak tahu jenis-jenis dan macamnya, namun ternyata setelah tulisan ini terbit, akhirnya saya tahu jenis-jenisnya, ini benar-benar bermanfaat

    ReplyDelete

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)