Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Pict From Instagram - @diarypramuka

KakaKiky - Hampir setiap anggota Gerakan Pramuka pasti pernah mengikuti yang namanya perkemahan, dan iky yakin semua anak Pramuka itu sangat suka dengan yang namanya berkemah. Banyak sekali hal menarik dan pengalaman yang bisa kita dapatkan dari acara perkemahan tersebut, yang pastinya juga sangat bermanfaat bagi masa depan anggota Pramuka itu sendiri.

Namun pernahkan kakak-kakak mengadakan perkemahan sendiri? Kalau tidak, pernahkah terbesit dalam pikiran untuk melaksanakannya? Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa membuat acara perkemahan itu adalah hal yang cukup mudah, asal ada uang pasti semua beres. Padahal, banyak sekali pengalaman yang menunjukkan bahwa orang yang melaksanakan acara perkemahan itu mengalami banyak kesulitan dan juga hambatan sewaktu pelaksanaannya, dikarenakan pengalaman dan juga persiapan yang kurang.

Oleh karena itu, sebelum mengadakan acara perkemahan, kita harus melakukan persiapan yang matang, agar kegiatan berkemah tersebut dapat berlangsung dengan aman dan nyaman tanpa adanya hambatan.

Untuk membantu kakak-kakak dalam menyelenggarakan acara perkemahan, berikut ini iky akan menjelaskan hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengadakan acara perkemahan. Simak ulasannya ya!

1.   SASARAN DAN MOTIVASI

Sebelum mengadakan acara perkemahan, sasaran dan motivasi harus sudah terperinci dan juga jelas. Sasaran ini harus diketahui oleh semua panitia penyelenggara dan juga para peserta pada umumnya sebab sasaran perkemahan akan mempengaruhi besarnya pembiayaan yang harus dikeluarkan, lamanya waktu, banyaknya peralatan, jumlah personil, dan sebagainya.


2.   PERENCANAAN (PLANNING)

Supaya perkemahan yang kita adakan mencapai hasil yang diinginkan, perencanaannya juga harus baik. Untuk membuat sebuah perencanaan yang baik, kita harus memiliki data-data yang lengkap tentang tempat yang akan digunakan sewaktu perkemahan berlangsung.

Untuk itu kita harus melakukan survei terlebih dahulu. Apa saja yang perlu untuk dilihat selama peninjauan awal (survey) adalah :
a)    Keadaan medan perkemahan (termasuk kedalam prasarana air dan juga MCK) MCK adalah Mandi, Cuci, Kakus.
b)    Sarana kesehatan
c)    Keamanan daerah perkemahan baik dari gangguan binatang liar, bahaya bencana alam seperti banjir, badai, petir, tanah longsor, bahkan dari orang-orang jahat sekalipun.
d)    Kepemilikan tempat diadakannya perkemahan, kepada siapa kita harus meminta izin menggunakan tempat tersebut (milik pribadi, desa atau instansi).
e)    Tempat untuk berbelanja yang paling terdekat misalkan seperti warung, toko, ataupun pasar.
f)     Kemungkinan untuk melaksanakan bakti sosial kepada masyarakat sekitar perkemahan
g)    Jarak tempat peserta ke lokasi perkemahan
h)    Kendaraan apa saja yang bisa digunakan untuk menuju tempat perkemahan
i)      Tempat obyek apa saja yang bisa dikunjungi selama acara perkemahan berlangsung, misalkan seperti obyek wisata, tempat-tempat menarik, dan icon daerah tersebut.

Setelah mengumpulkan dan mendapatkan data-data dari survey tersebut, maka dimulailah menyusun perencanaan yang meliputi :
·         Waktu yang diperlukan (dengan membuat time schedule). Persiapan yang dilaksanakan, lamanya waktu perkemahan, waktu tempuh perjalanan, serta pembuatan laporan dan juga pertanggung jawaban.
·         Tempat dimana akan diselenggarakannya acara perkemahan.
·         Besar anggaran biaya yang diperlukan.
·         Transportasi yang akan digunakan.
·         Peserta, baik jumlah peserta maupun seluruh persyaratannya.
·         Pimpinan perkemahan serta susunan panitia penyelenggara.
·         Pembagian tugas (job des).
·         Peralatan dan juga logistik.
·         Susunan acara kegiatan (program kegiatan).
·         Perlu atau tidaknya mengundang seorang instruktur ataupun pelatih dan juga narasumber ataupun seorang penceramah.

3.   PERSIAPAN SEBELUM BERKEMAH

Persiapan yang baik dan matang menjelang keberangkatan untuk acara perkemahan, merupakan bagian yang sangat penting dan kunci dari keberhasilan suatu perkemahan. Persiapan-persiapannya meliputi kesiapan dari mental dan juga fisik. Jadi usahakan untuk selalu menjaga kesehatan sebelum berangkat ke perkemahan, agar sewaktu berada di kemah kita bisa melakukan segala kegiatan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.


4.   PERLENGKAPAN
Pict From www.n-journal.com

Perlengkapan harus diperinci dengan sangat teliti (karena kekurangan perlengkapan di perkemahan dapat menimbulkan dampak yang buru). Perlengkapan-perlengkapan tersebut dibagi kedalam :
a)    Perlengkapan pribadi atau perorangan
b)    Perlengkapan regu atau kelompok
c)    Perlengkapan pasukan atau kontingen
d)    Perlengkapan panitia atau penyelenggara

5.   BAHAN MAKANAN
Pict From Instagram - @diarypramuka

Persiapan bahan makanan juga sangat penting dan besar sekali manfaatnya. Gairah serta semangat untuk berkemah juga didasarkan pada bahan makanan yang baik dan berkualitas. Pola makan yang sehat dapat meningkatkan stamina para peserta perkemahan untuk tetap bisa beraktifitas dengan baik. Tempat perkemahan yang begitu indah juga akan menjadi sia-sia jika perut terus-terusan melilit karena kelaparan. Makanan yang baik harus mengandung syarat-syarat sebagai berikut :
a)    Mengandung gizi yang cukup
b)    Jumlahnya mencukupi kebutuhan, maksudnya disesuaikan dengan kegiatan yang dilaksanakan
c)    Makanan harus dari jenis yang mudah dicerna oleh tubuh
d)    Makanan tidak cepat basi dan busuk, serta terjaga kebersihannya.
e)    Disarankan pula untuk membuat daftar menu sewaktu di perkemahan.

Itulah hal-hal yang sangat penting untuk dipersiapkan sebelum mengadakan acara perkemahan, agar acara perkemahan tetap berjalan dengan lancar dan tidak terhambat. Semoga cara-cara diatas dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mengadakan acara perkemahan, cukup sekian artikel kali ini, jangan lupa di share ya! Wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka!

Leave A Reply

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)