Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

10 tugas utama pramuka di media sosial
KakaKiky - Di zaman yang sudah sangat modern ini, siapapun bisa mengakses media sosial dan juga memposting berbagai hal di dalamnya dengan sangat mudah, baik itu berupa foto, video, poster, dan lain-lain. Banyak sekali konten positif yang bisa kita dapatkan di dalam media sosial, namun tak jarang pula kita mendapatkan konten-konten negatif yang berbau SARA dan Pornografi.

Untuk itu, sebagai seorang anggota Gerakan Pramuka, kita dituntut untuk bijak dalam menggunakan media sosial, kita juga harus mengetahui etika-etika dalam menggunakan dan berselancar di media sosial dengan baik dan benar, jangan sampai kita merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Semua anggota Gerakan Pramuka sekarang memiliki tugas yang sangat mulia di media sosial, apa sajakah tugas itu? Berikut ini adalah 10 tugas Pramuka di media sosial, sebagaimana yang telah dirilis oleh bidang Kominfo Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

1.    Mempelajari dan menerapkan apa saja yang boleh dan dilarang di media sosial, untuk kemudian menyadari bahwa konten yang diunggah akan dilihat, dipahami dan dimengerti oleh orang banyak, sehingga harus bertanggung jawab terhadap isi dan dampaknya.

2.    Memproduksi konten sesuai minat, bakat dan nilai-nilai kebajikan. Konten yang dimaksud bisa berupa tulisan, foto, video, poster, infografis, meme, GIF, dll.

3.    Membantu dan bergotong-royong mempromosikan prestasi anak negeri, kearifan bangsa, produk unggulan daerah, kuliner, pariwisata, budaya dan potensi daerah lainnya di media sosial dengan sukarela dan penuh komitmen.

4.    Membela dan mengamalkan Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta merawat harmoni dan solidaritas antarwarga media sosial.

5.    Menghayati dan mengamalkan Satya dan Dharma Pramuka di media sosial.

6.    Memberitakan kegiatan Pramuka, kegiatan organisasi lain, dan kegiatan positif lainnya di media sosial.

7.    Menghidupkan tagar #SetiapPramukaAdalahKantorBerita, #PramukaPerekatNKRI serta terlibat dalam U-Report dan aktif dalam berbagai kegiatan positif lainnya di media sosial.

8.    Menolak dan tidak memproduksi, membagikan, mengomentari, menyukai, berlangganan konten-konten fitnah, hoax, yang berpotensi merusak persatuan Indonesia.

9.    Menjaga nama baik pribadi, keluarga, sekolah, organisasi, latar belakang lainnya, dan orang lain.

10.  Melawan propaganda negatif dan aksi-aksi separatisme, radikalisme, liberalisme dan komunisme, serta menjaga perdamaian dunia lewat media sosial. (MSA/AGUS)


Itulah 10 tugas Pramuka di media social, semoga tugas-tugas mulia tersebut bisa kita laksanakan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena selain bermanfaat untuk diri sendiri, juga pasti sangat bermanfaat bagi kehidupan orang lain. Cukup sampai disini artikel kali ini, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum dan salam pramuka!

Leave A Reply

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)