Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

10 Tips Jitu Persiapan Agar Lulus SBMPTN 2019

10 Tips Jitu Persiapan Agar Lulus SBMPTN 2019
Pict From Instagram - @fadhill_syaib
KakaKiky - Bisa lulus dan berkuliah di Perguruan Tinggi Nasional yang favorit merupakan harapan dari banyak siswa yang ingin menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Iky yakin bahwa kamu yang sedang membaca artikel ini merupakan salah satu siswa tersebut. Agar dapat lulus ke PTN yang favorit melalui jalur SBMPTN memanglah harus memiliki segala macam persiapan, diantaranya adalah mengikuti bimbel, namun ada pula beberapa orang yang terkendala dengan masalah biaya sehingga mereka tidak bisa mengikuti bimbel.

Bagi kamu yang mungkin terkendala dengan masalah biaya mengikuti bimbel, tidak perlu risau sobat iky semuanya, karena pada artikel kali ini iky akan mengupas tuntas beberapa tips jitu tentang persiapan agar kamu bisa lolos SBMPTN tahun 2019 ini! Berikut ini adalah tips-tips nya:

1. LAKUKAN PERSIAPAN MULAI DARI SEKARANG
Bagi kamu yang ingin lolos SBMPTN tahun ini lakukanlah persiapannya mulai dari sekarang, jangan suka untuk menunda-nunda waktu. Meskipun kamu juga mengikuti SNMPTN kamu juga harus mempersiapkan segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi, misalkan saja kamu tidak bisa lulus SNMPTN jadi kamu tidak perlu khawatir karena sudah ada persiapan untuk SBMPTN.

2. BUKA WEBSITE SBMPTN SECARA BERKALA
Persiapan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuka website sbmptn secara berkala. Ini adalah langkah yang sangat penting! Karena dengan membuka website SBMPTN kita juga akan mengetahui bagaimana cara dan sistem penilaian serta penerimaan mahasiswa lewat jalur ini, sehingga kita juga bisa mengatur strategi untuk belajar. Jangan lupa pula untuk mengecek apakah PTN yang kamu pilih itu menerima mahasiswa lewat jalur ini atau tidak, karena tidak semua PTN di Indonesia dapat menerima mahasiswa lewat jalur SBMPTN.

3. DOWNLOAD DAN PELAJARI SOAL-SOAL SBMPTN DARI TAHUN SEBELUMNYA
Bekal ataupun persiapan yang selanjutnya adalah mempelajari soal-soal sbmptn dari tahun-tahun yang sebelumnya. Dengan mempelajari soal-soal dari tahun sebelumnya maka kita sudah memiliki gambaran bagaimana soal dari SBMPTN yang akan datang pada tahun ini. Jangan risau dan bingung pula untuk mencari kumpulan soal-soal SBMPTN dari tahun ke tahun karena iky juga sudah menyiapkan semua kumpulan soalnya pada link berikut yang bisa kamu download secara gratis 👉 KLIK DISINI 👈

4. JANGAN HANYA MENGHAFAL TAPI UTAMAKANLAH KONSEP DASAR
Kebiasaan buruk dari seorang pelajar adalah hanya menghafal dan menghafal dan sering kali melupakan konsep dasar, tentu saja hal ini bisa berakibat buruk ketika kamu mengerjakan soal-soal yang akan diujikan. Oleh karena itu cobalah untuk mengumpulkan berbagai macam ringkasan materi terutama konsep dasar mata pelajaran. Jangan Cuma mengandalkan menghafal pelajaran, terutama pada mata pelajaran yang berhubungan dengan ilmu-ilmu sosial seperti sosiologi, geografi, dan semacamnya. Cobalah untuk mempelajari konsep dasarnya, pahami juga rumus-rumus serta kata kuncinya. Hal-hal semacam ini bisa kalian dapatkan dengan hanya mengaksesnya dari YouTube, buku-buku, aplikasi di playstore, atau bahkan bertanya kepada guru kalian sendiri.

5. LIHATLAH SOAL YANG PALING SERING MUNCUL DI TAHUN SEBELUMNYA
Dalam setiap rangkaian soal SBMPTN dari tahun ke tahun pasti ada soal-soal yang paling sering muncul, cobalah untuk melihat soal-soal tersebut, pelajari dan pahami konsep serta materinya dengan baik. Setelah itu barulah mulai mengerjakan dan mempelajari soal-soal yang lainnya.

6. JANGAN SUKA MENJAWAB SOAL ASAL-ASALAN
Tips yang keenam adalah jangan coba-coba menjawab soal yang tidak kamu ketahui atau masih kamu bimbangkan dengan asal-asalan. Cobalah untuk melihat peraturan dari tata cara menjawab soal SBMPTN nya terlebih dahulu, apakah ada dilakukan pengurangan nilai terhadap jawaban yang salah, jika ada maka kamu harus ekstra hati-hati dan menjawab soalnya dengan penuh keyakinan, jika memang tidak ada dilakukan pengurangan nilai dan pada saat itu memang kamu tidak mengerti sama sekali tentang soal yang ditanyakan maka boleh saja kamu memilih jawaban yang menurut kamu paling benar.

7. SALING BERBAGI DENGAN SESAMA PEJUANG SBMPTN
Tips yang tidak kalah pentingnya adalah saling berbagi dengan sesama pejuang SBMPTN, saling berbagi disini maksudnya adalah saling berbagi materi, soal-soal, keluh dan kesah, tips-tips, serta informasi terbaru mengenai SBMPTN. Coba juga untuk menanyakan kisah-kisah perjuangan dari kakak-kakak leting yang sudah pernah mengikuti SBMPTN yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi kamu.

8. BERDO’A DAN BERTAWAKKAL
Setelah melakukan berbagai macam usaha dan persiapan untuk mengikuti SBMPTN, jangan lupakan pula salah satu hal yang paling penting ini, kamu juga harus rajin beribadah dan berdo’a agar dimudahkan dalam mengikuti SBMPTN dan bisa lulus di PTN favoritmu, setelah berdo’a maka kamu harus bertawakkal dan berserah diri kepada Allah, serta siap menerima segala macam hasil yang akan kamu peroleh dan kamu harus melihat hasil tersebut sebagai jawaban terbaik yang diberikan oleh Allah kepadamu.

9. MINTA RESTU DARI ORANG TUAMU
Restu dari orang tua juga sangat penting sobat iky sekalian, cobalah untuk meminta restu dari kedua orang tuamu dengan sungguh-sungguh, mintalah do’a dari mereka karena do’a dan restu dari orang tua itu merupakan salah satu senjata terbaik agar dapat lolos ujian SBMPTN, jangan sepelekan hal satu ini ya!

10. JAGA KESEHATANMU MENJELANG SBMPTN
Cobalah juga untuk memperhatikan kesehatanmu menjelang SBMPTN, jangan sampai kamu sakit di hari tersebut karena memang dapat berakibat fatal. Tubuh yang sakit akan mengakibatkan kamu susah dalam menjawab soal-soal nantinya. Jadi kamu harus menjaga kesehatanmu agar kamu bisa mengerjakan segala macam soal dengan semaksimal mungkin.

Nah sobat, itulah 10 tips persiapan agar lulus SBMPTN tahun 2019 ini, lakukanlah berbagai macam persiapan mulai dari sekarang, jangan menyia-nyiakan waktumu lagi. Jangan lupa pula untuk share artikel ini ke teman-teman terdekat mu yang akan mengikuti SBMPTN, semoga lulus ya kak! Cukup sekian dan wassalamu’alaikum.

Leave A Reply
  1. Semoga dengan mengikuti tips ini saya bisa lulus ujian snmptn dengan lancar.

    ReplyDelete
  2. Semoga segala persiapan yang telah dibahas pada artikel ini bisa digunakan sebagai referensi supaya lulus SBMPTN tahun 2019. Aamiin., goodluck untuk saudaraku yang akan menghadapi ujian., sukses terus untuk blog KakaKiky beserta Penulisnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bagus Surochman Aamiin, Terima kasih kak bagus atas do'a dan support nya :) :D

      Delete
  3. Tips nya bagus dan cocok buat diikuti calon MABA ini.

    Trimkasih min ..

    ReplyDelete

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)