Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Background psd created by ydlabs - www.freepik.com

KakaKiky -
Hai sobat! Pada postingan kali ini aku akan membagikan tutorial tentang bagaimana caranya menginstall Sublime Text di OS Ubuntu. Nah, sebelum masuk ke tutorial ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang apa itu Sublime Text.

Sublime Text adalah sebuah software text editor yang sangat canggih dengan user interface yang sederhana akan tetapi memiliki fitur-fitur yang luar biasa, dan biasanya digunakan oleh para proggrammer sebagai software untuk coding. Sublime text ini menggunakan teknologi Phyton API dimana kamu juga bisa mengembangkan fungsionalitas dari software ini dengan cara menggunakan sublime-packages. Software ini sendiri tercipta karena terinspirasi dari sebuah aplikasi bernama Vim.

Salah satu hal yang paling iky suka dari Sublime Text ini adalah karena ia memiliki fitur Syntax highlighter hampir di semua bahasa pemroggraman yang digunakan seperti C, C++, C#, CSS, D, Dylan, Erlang, HTML, Groovy, Java, Javascript, Haskell, LaTeX, Lisp, Lua, Markdown, Ocaml, MATLAB, OCaml, Perl, PHP, Phyton, R, Ruby, SQL, TCL, Textile, dan XML. Dengan adanya syntax highlighter ini maka kode-kode pemroggraman yang kita tuliskan di Sublime Text akan memiliki warna-warna sehinggal lebih mantap untuk dilihat.

Sublime text ini bukanlah software open source, jadi untuk memiliki semua fitur-fitur canggihnya kamu harus mengeluarkan sedikit biaya untuk membeli lisensinya. Akan tetapi tenang saja sublime text ini juga terdapat dalam versi gratis seperti yang akan saya bagikan di bawah ini.

Oke deh, cukup sekian dulu perkenalan mengenai sublime text editor nya, sekarang mari kita masuk ke tutorial penginstalan Sublime Text di OS Ubuntu, berikut caranya:

Cara Menginstall Sublime Text Di OS Ubuntu
1.      Pastikan terlebih dahulu bahwa komputer atau laptopmu sudah terhubung dengan koneksi internet
2.      Buka terlebih dahulu terminal dengan cara menekan Ctrl + alt + T

3.      Kita harus menginstall GPG Key, caranya adalah copy semua kode yang ada di bawah ini dengan menggunakan tombol Ctrl + C lalu pastekan di dalam terminal dengan tombol Ctrl + shift + v lalu tekan tombol enter
wget -qO - https://download.sublimetext.com/sublimehq-pub.gpg | sudo apt-key add -


4.      Jika kamu diminta untuk memasukkan password, silahkan masukkan password login komputer kamu terlebih dahulu, kemudian tekan tombol enter

5.      Kemudian copy semua kode di bawah ini dengan tombol Ctrl + C lalu pastekan di dalam terminal dengan tombol Ctrl + shift + v lalu tekan tombol enter
sudo apt-get install apt-transport-https


6.      Jika sudah selesai maka copy semua kode di bawah ini dengan tombol Ctrl + C lalu pastekan di dalam terminal dengan tombol Ctrl + shift + v lalu tekan tombol enter
echo "deb https://download.sublimetext.com/ apt/stable/" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/sublime-text.list


7.      Nah, sekarang adalah waktunya memasukkan kode penginstalan, silahkan copy semua kode di bawah ini dengan tombol Ctrl + C dan pastekan lagi di dalam terminal dengan tombol Ctrl + Shift + V lalu tekan tombol enter
sudo apt-get update


8.      Selanjutnya copy kode yang terakhir ini dengan tombol Ctrl + C dan pastekan lagi di dalam terminal dengan tombol Ctrl + Shift + V lalu tekan tombol enter
sudo apt-get install sublime-text


9.      Tunggu beberapa saat hingga proses install selesai. Jika sudah selesai ketikkan kode Subl maka secara otomatis akan terbuka Software Sublime Text

10.   Selamat kamu berhasil menginstall Sublime Text di OS Ubuntu!

Nah sobat, itulah tutorial bagaimana caranya menginstall Sublim Text di OS Ubuntu dengan mudah. Jangan lupa share artikel ini jika menurut kamu artikel ini bermanfaat. Tinggalkan komentar di bawah ini jika ada bagian yang belum kamu mengerti, iky akan dengan senang hati membantu. Cukup sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. Salam Pramuka and Be Prepared!

Leave A Reply
  1. Cocok digunakan untuk Pemula seperti saya yang ingin mendalami dunia pemrograman., Jika aplikasi Sublime Text ini diinstall pada OS Windows, apakah cara install nya juga sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau penginstallan untuk windows itu beda caranya bang bagus, akan tetapi relatif lebih mudah menginstall di windows dibandingkan dengan ubuntu. Di windows kita hanya perlu mendownload softwarenya lalu tinggal install, kalau di ubuntu kita harus menginstallnya melalui terminal (kalau di windows namanya Cmd).

      Hapus
  2. Mantap ini, saya biasa ngoding pake sublime

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya bang Amtread, silahkan dicoba aplikasi Sublimenya dijamin nyaman buat ngoding :D

      Hapus
  3. Setelah membaca artikelnya jadi tertarik untuk menggunakan sublime text ini,Namun aku pakai windows, apakah bisa bekerja di OS windows juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sublime text juga bisa dioperasikan melalui Windows kak, baik itu windows 7, 8, dan 10. Akan tetapi cara penginstallannya berbeda.

      Hapus

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)