Alasan Mengapa Warna Merah Sering Digunakan Ketika Tahun Baru Imlek - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

2/05/2019

Alasan Mengapa Warna Merah Sering Digunakan Ketika Tahun Baru Imlek

Pict From breakingnews.co.id

KakaKiky - Hai sobat, hari ini tepat pada tanggal 5 februari tahun 2019 adalah Tahun Baru Imlek. Tahun Baru Imlek itu sendiri sangatlah identik dengan warna merah, jika kita datang ke acara-acara ataupun festival tempat perayaan tahun baru imlek tersebut pasti kita akan melihat banyak sekali orang-orang dan bahkan pernak pernik dengan warna merah. Namun pernahkah kalian bertanya, mengapa tahun baru imlek itu sangat identik dengan warna merah? Dan mengapa harus menggunakan warna merah? Baiklah sobat, pada kesempatan kali ini iky akan mencoba untuk menjelaskannya dengan singkat padat dan jelas.

Nah, seorang pakar fengshui yang bernama Suhu Yo mengatakan bahwa baju warna merah itu menjadi salah satu perlengkapan yang sangat wajib saat datangnya Tahun Baru Imlek. Menurut paparannya, warna merah itu merupakan warna yang menggambarkan kegembiraan, dan dengan menggunakan baju berwarna merah menyimbolkan kehidupan manusia seperti kembali menjadi baru.

Pict From Stylecraze.com

Berlanjut ke narasumber selanjutnya yaitu seorang dosen bahasa Mandarin dari Universitas Negeri Jakarta, ia mengatakan bahwa warna merah bagi orang-orang tionghoa itu melambangkan keberuntungan sekaligus lambang dari kehidupan.

Warna merah itu sendiri sebenarnya sudah menjadi pilihan untuk Tahun Baru Imlek sejak lebih dari 2000 tahun yang lalu. Dalam tradisi tiongkok terdapat lima buah elemen penting yaitu, air, api, kayu, logam, dan juga tanah. Warna-warna yang mewakili kelima elemen tersebut sesuai dengan urutannya adalah hitam, merah, biru-hijau, dan kuning.  Kelima elemen tersebut diyakini oleh orang tiongkok kuno sebagai segala sesuatu yang berada di alam semesta.

Pict From ituunik.com

Selain warna merah, warna emas dan kuning juga tidak kalah banyak dilibatkan dalam pernak-pernik yang digunakan ketika Tahun Baru Imlek datang. Warna emas sendiri diangkap sebagai warna seorang kaisar, hal tersebut berkaitan dengan tiongkok pada masa dinasti kuno berkuasa, mereka yang memiliki kedudukan tinggi seperti misalkan bangsawan dan juga raja atau kaisar kerap menggunakan “Cheongsam” atau “Qi Pao” berwarna emas atau kuning. Warna ini pada masanya tidak dikenakan oleh rakyat jelata.

Seorang spiritualis suhu naga juga menjelaskan bahwa warna emas ataupun kuning ini melambangkan perekonomian suatu bangsa yang lebih baik atau juga melambangkan kemakmuran. Tak heran jika pada zaman dulu warna ini hanya dikenakan oleh mereka yang memiliki kedudukan tinggi saja.

Nah sobat iky, itulah alasan mengapa warna merah sangat sering dipakai pada Tahun Baru Imlek , semoga informasi singkat ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan kita ya, jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman kamu, kalau menurut kamu postingan ini bermanfaat. Tinggalkan pula komentar di bawah jika ada hal yang ingin didiskusikan. Cukup sekian postingan kali ini. Salam Pramuka and Be Prepared!

Sumber Referensi : wolipop.detik.com
Loading...

Share with your friends

2 komentar

  1. aku kira melambangkan keberanian atau semangat yang membara., rupaya merah yang dimaksud disini adalah keberuntungan.,., kayak Uchu Sentai Kyuranger Red.,., namanya Lucky., yang berarti selalu beruntung.,., hehe

    BalasHapus
  2. Merah artinya keberuntungan yaa ..

    Admin sndri suka warna apa ??

    BalasHapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done