Pengertian, Contoh, dan Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Photo by bruce mars from Pexels
KakaKiky - Sebagai seorang siswa dan mahasiswa, mengetahui perbedaan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif rasanya sangatlah wajib dan tidak boleh dilewatkan. Bagaiman tidak, dalam membuat sebuah laporan bahkan skripsi dibutuhkan pemahaman yang baik tentang perbedaan antara kedua jenis penelitian tersebut.


Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini iky akan membahas tentang apa saja perbedaan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif, pengertian tentang penelitian kualitatif dan kuantitatif serta contoh-contoh data dari kedua penelitian tersebut. Namun, sebelum itu alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu pengertian penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif, simak penjelasan berikut ini dengan seksama.

Pengertian Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif

Photo by Startup Stock Photos from Pexels
Penelitian Kualitatif adalah sebuah metode yang digunakan untuk mencari dan mengumpulkan data yang bersifat pemahaman dan tidak dapat diukur dengan angka, biasanya digunakan untuk memperoleh sebuah pendapat, alasan, dan juga motivasi dari masyarakat terhadap sebuah kegiatan, persoalan, produk, yang nantinya akan diambil sebuah kesimpulan berupa teori atau hipotesis.

Penelitian Kuantitatif adalah sebuah metode yang digunakan untuk mencari serta mengumpulkan data yang bisa diukur dengan angka atau persentase, dan biasanya data yang diperoleh akan diolah lagi dengan menggunakan model, teori, dan rumus matematika, sehingga dari data tersebut juga bisa diambil sebuah kesimpulan.

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif

Photo by Lukas from Pexels
Berikut adalah beberapa perbedaan yang dilihat dari beberapa segi seperti tipe data yang diambil, contoh data yang diambil, tujuan mengumpulkan data, tipe pernyataan, dan contoh kesimpulan yang dihasilkan.


KUALITATIF KUANTITATIF
Berdasarkan Tipe data yang diambil
Datanya tidak dapat diukur dan dinyatakan dengan angka-angka (deskriptif) Datanya dapat diukur dengan angka-angka (numerik)
Berdasarkan contoh data yang diambil
Data biasanya tentang tingkat kepuasan, kenyamanan, kebutuhan, prioritas, dan alasan memilih sesuatu Data biasanya tentang Statistika, jumlah penduduk di suatu negara,persentase kandungan zat tertentu dalam darahm jumlah penjualan per bulan.
Tujuan Pengumpulan Data
Untuk mengetahui pendapat, alasan, motivasi masyarakat banyak terhadap suatu persoalan ataupun permasalah Untuk memperoleh data numerik yang bisa dioleh lebih lanjut dengan menggunakan teori, model, dan rumus matematika
Tipe Pertanyaan
Bersifat terbuka Bersifat Tertutup
Contoh kesimpulan yang dihasilkan
1. TokoPedia merupakan toko online yang menyediakan produk yang bagus

2. Selalu taat beribadah membuat diri merasa nyaman dan bahagia

3. Makanan dari warung pak yoyo terasa sangat nikmat
1. Penjualan barang di toko online Tokopedia meningkat setiap tahunnya

2. Pengunjung blog kakakiky mengalami penurunan di hari libur sekolah

3. Jumlah angka kemiskinan di negara Indonesia mengalami peningkatan
Istilah subjek laporan
Narasumber Responden
Macam-macam Metode Penelitian
Fenomenologi, etnografi, studi kasus, historis, grounded theory Eksperimen, survey, korelasi, regresi, analisis jalur, expost facto

Contoh Data Penelitian Kualitatif

Photo by Pixaby from Pexels
Data kualitatif adalah data yang bersifat deskripsi, opini ataupun pendapat. Data kualitatif ini bisa diwujudkan dalam bentuk teks, gambar, video, maupun audio. Berikut adalah beberapa contoh data-data Kualitatif:
·          Pendapat masyarakat tentang macet yang terjadi di Jakarta
·          Hasil wawancara ataupun interview tentang pengalaman seseorang
·          Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Tokopedia
·          Alasan seseorang membeli sebuah produk
·          Kritik dan saran masyarakat kepada para pemerintah
·          Keyakinan seseorang terhadap suatu kepercayaan
·          Pandangan masyarakat terhadap pelaku korupsi

Contoh data Penelitian Kuantitatif

Photo by Lukas from Pexels
Data Kuantitatif adalah data yang bersifat numerik, yaitu berupa angka dan juga dapat diukur. Contoh umum data kuantitatif adalah panjang, tinggi, lebar, luas, volume, waktu, kecepatan, harga, temperatur, usia, berat, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa contoh data Kuantitatif:
·          Persentase tingkat kemacetan yang terjadi di Jakarta tiap tahunnya
·          Berapa tahun pengalaman bekerja seseorang
·          Banyaknya pelanggan yang puas terhadap pelayanan Tokopedia
·          Seberapa banyak orang yang membeli sebuah produk
·          Banyaknya kritikan yang masuk untuk mengkritisi pemerintah
·          Persentase penganut agama islam di Indonesia
·          Banyaknya jumlah pelaku korupsi di suatu negara.

Nah sobat iky, itulah beberapa perbedaan penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif lengkap dengan pengertian dan contoh-contoh datanya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk lebih memahami kedua perbedaan penelitian itu dan dapat membuat sebuah laporan bahkan skripsi yang baik nantinya. Cukup sampai disini postingan kali ini, wassalamu’alaikum and be prepared!