10 Tempat Wisata Indonesia Yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020 - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

12/26/2019

10 Tempat Wisata Indonesia Yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Nikmati liburan pada tahun 2020 di tempat berikut ini
KakaKiky - Pariwisata akan menjadi salah satu industri yang terus dikembangkan di Indonesia. Ada banyak tempat pariwisata baru setiap tahunnya, yang siap untuk menarik para pelancong, baik itu dari dalam negeri maupun internasional.

Karenanya tidak heran ketika pemerintah mencanangkan beberapa destinasi kawasan pariwisata prioritas di Indonesia. Kawasan-kawasan ini nantinya akan terus dikembangkan, dan di tahun 2020 mereka mendapatkan predikat pengembangan paling prioritas.

Hal ini dilakukan seiring dengan semakin meningkatnya nama destinasi pariwisata tersebut di kalangan turis dalam negeri maupun luar negeri.

Ada empat tempat pariwisata yang mendapatkan pengembangan prioritas tahun depan. Di antaranya adalah kawasan Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, dan Mandalika.

Danau Toba sendiri sudah tersohor ke mancanegara sejak puluhan tahun lalu. Danau yang tercipta akibat letusan gunung vulkanik ini merupakan salah satu danau terbesar di dunia. Keindahannya mendatangkan banyak pelancong dari berbagai negara.

Sementara itu, Candi Borobudur merupakan candi terbesar umat Buddha di dunia. Kini, kawasan tersebut juga sudah masuk menjadi bagian dari daftar warisan budaya dunia UNESCO PBB.

Keindahan labuan Bajo sebenarnya sudah banyak dikenal sejak beberapa tahun lalu. Tapi namanya semakin terkenal belakangan ini karena ada banyak pelancong yang mendatanginya. Keindahannya semakin dikenal luas karena kini para turis berbagi keindahan Labuan Bajo lewat media sosial.

Terakhir, Mandalika adalah kawasan wisata seluas 1.035 hektar di kawasan Nusa Tenggara Barat. Kawasan pariwisata ini juga merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang menjadi kawasan pariwisata yang representatif di Lombok. Bahkan, tidak tanggung-tanggung kawasan ini memiliki 7 titik wisata alam yang tersohor ke seluruh penjuru dunia.

Bagi kamu yang berencana untuk berlibur di tahun 2020, berikut adalah 10 tempat wisata Indonesia yang harus dikunjungi di tahun 2020.

1.    Danau Toba

Danau Toba adalah salah satu dari empat kawasan wisata yang dikebut pembangunannya oleh pemerintah indonesia pada tahun 2020. Kawasan ini juga akan berusaha menarik banyak wisatawan. Paling tidak, ada sekitar satu juta wisatawan yang ditargetkan pemerintah untuk mendatangi Danau Toba di tahun 2020.

Danau yang memiliki sebuah pulau di tengahnya ini merupakan salah satu tempat wisata yang sedang dibidik menjadi Bali baru oleh pemerintah. Keindahannya sungguh luar biasa. Di sini kita bisa melihat pemandangan indah sekaligus juga menikmati makanan khas yang ada di sana.

2.    Tanjung Kelayang

Ingin menikmati liburan dengan keindahan seperti yang ada di film Laskar Pelangi? Pilihannya adalah pergi ke Tanjung Kelayang, Bangka Belitung. Pantai ini merupakan pantai yang sangat indah dan memiliki banyak batu granit berukuran besar. Batu tersebut bahkan disebut-sebut memiliki kekuatan mistis.

Kawasan ini juga merupakan salah satu tempat dari 10 kawasan Bali baru yang dikembangkan di Indonesia. Menjadikannya sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk liburan di tahun 2020.

3.    Tanjung Lesung

tanjung lesung disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik di dekat Jakarta yang cocok sebagai tempat berselancar, berenang, dan memiliki banyak terumbu karang indah juga pasir yang menawan.

Belakangan, Tanjung Lesung menjadi primadona pantai baru di dekat Jakarta karena menawarkan keindahannnya. Di sini juga dekat dengan akses tol dan memiliki beberapa atraksi lain seperti taman bermain, dan taman laut. Tidak hanya itu, Tanjung Lesung merupakan kawasan yang menjadi pintu masuk untuk menuju ke Taman Nasional Ujung Kulon dan Pulau Krakatau.

4.    Kepulauan Seribu

Rangkaian kepulauan yang berada di utara Jakarta ini merupakan bagian dari kawasan DKI Jakarta. Setidaknya, ada sekitar 342 pulau di gugusan ini dan tersebar lebih sepanjang 45 kilometer di Laut Jawa.

Tidak heran ketika pemerintah terus mengembangkan potensi pariwisata Pulau Seribu di tahun 2020. Karena bagaimanapun juga, paling sedikit ada sekitar 36 pulau yang merupakan kawasan rekreasi dan wisata yang indah. Karenanya, masih banyak potensi dan lokasi wisata di Pulau Seribu yang bisa di datangi oleh wisatawan di tahun 2020.

5.    Borobudur

Merupakan peninggalan abad ke-9 dari zaman Dinasti Sailendra, pesona Borobudur tidak akan pernah mati. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik asing maupun dalam negeri.

Tempat indah ini merupakan gabungan antara arsitektur Buddha Jawa yang menyatu dengan konsep sembahyang di mana umat Buddha akan terasa dekat dengan nirwana.

Semakin lama, pesona Borobudur semakin menawan karena selalu menawarkan sesuatu yang baru setiap didatangi. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mendatangi Borobudur kembali di tahun 2020 nanti.

6.    Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di Jawa Timur Indonesia. Lokasinya terbentang dari Lumajang hingga Malang ke Pasuruan dan Probolinggo. Kawasan ini adalah tempat wisata yang unik karena merupakan satu-satunya wilayah konservasi yang memiliki lautan pasir.

Kawasan ini memiliki wisata alam yang cukup lengkap. Selain lautan pasir, kita juga bisa melihat beragam kekayaan flora dan fauna Jawa yang memang mengesankan. Tidak hanya itu, daya tarik utama dari Gunung Semeru juga tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja.

7.    Mandalika

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada banyak tempat wisata alam di Mandalika. Tempat wisata alam ini sangatlah menarik dengan beragam pemandangan indah yang memanjakan mata.

Pemerintah sedang serius membangun kawasan ini. Bahkan, pemerintah juga sedang merencanakan pembangunan sirkuit kelas internasional di Mandalika. sehingga bisa menarik banyak wisatawan asing maupun lokal.

8.    Labuan Bajo

Labuan Bajo sejatinya adalah kota nelayan yang berada di ujung barat dari Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur. Kini, tempat ini merupakan kawasan wisata dan juga pusat pemerintahan Kabupaten Manggarai Barat.

Di sini juga terdapat Taman Nasional Komodo di mana terdapat banyak tempat dan titik snorkeling yang sangat menawan. Selain juga merupakan tempat untuk melihat komodo yang merupakan fauna khas Nusa Tenggara.

9.    Wakatobi

Pulau ini terletak di kawasan Tenggara Sulawesi. Kawasan ini merupakan taman nasional yang ditetapkan di tahun 1996. Terdapat banyak keberagaman hayati laut di lebih dari 1,38 juta hektar taman. Di sini terdapat banyak terumbu karang yang yang menjadi kawasan konservasi maritim prioritas di Indonesia.

Kawasan ini juga merupakan bagian dari segitiga terumbu karang, yang merupakan salah satu kawasan dengan keberagaman biota laut terkaya di dunia.

10.    Morotai

Morotai adalah sebuah pulau yang merupakan kelompok kepulauan Halmahera di Kepulauan Maluku. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang berada di paling utara Indonesia.

Tempat ini memiliki 28 titik diving yang sangat indah. Tidak hanya terumbu karang, tapi juga terdapat beragam jenis fauna laut yang cantik. Bahkan, terdapat juga beberapa sisa peninggalan perang dunia ke-2 di kawasan ini.

Tidak hanya itu, Morotai juga dikelilingi oleh pulau-pulau lain yang sangat indah. Jadi, kita bisa melakukan island hopping dan menikmati keindahan beragam pulau di gugusan tersebut.

Pulau ini juga disebut sebagai pulau tiga matahari. Hal ini mengingat Pulau Morotai memiliki udara yang sangat panas. Tapi semua itu terbayarkan dengan kecantikan yang ditawarkan olehnya.

Nah sobat, itulah 10 kawasan wisata yang wajib kamu kunjungi di 2020, dijamin kamu tidak akan kecewa bila mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut, karena pastinya kesepuluh tempat itu akan memberikan kamu kesan liburan yang luar biasa.

Cukup sampai di sini dulu postingan kali ini, jangan lupa untuk membagikan postingan ini kepada teman-teman kamu agar mereka juga mengetahui rekomendasi tempat wisata terbaik di tahun 2020. Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

20 komentar

  1. Jarak dari 1 tempat wisata ke wisata lainnya cukup jauh nih., Harus punya waktu luang yang banyak untuk menikmati list wisata yang sudah disebutkan diatas, dan mungkin butuh waktu lebih dari 1 hari untuk menikmati keindahan 1 wisata tersebut.

    kalau mas kiky sendiri mau berkunjung kemana dulu nih? =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sendiri lebih berkeinginan untuk pergi ke Kepulauan Seribu, karena salah satu pulau di sana itu ada yang namanya pulau Pramuka hehehe

      Hapus
  2. Saya sangat mendukung (k), dan saya mengajak para pembaca semuanya untuk mencoba liburan di tempat wisata Lokal (Indonesia). Banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang lebih indah dari luar negeri. Salah satu contohnya adalah tempat wisata bromo seperti yang ada dalam artikel ini, dengan keindahan alamnya yang masih terjaga itu sangar luar biasa bagi saya, selain bromo masih banyak gunung yang indah lainnya di indonesia. Btw salam pendaki :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak, semoga suatu saat bisa berkunjung ke Gunung Bromo

      Hapus
  3. Wah semoga saja kedepannya, tempat wisata Danau Toba bisa jadi lebih menarik lagi, apalagi kan memang sudah mendapatkan perhatian lebih di tahun 2020 ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga saja kak biar wisatawannya jadi lebih banyak lagi, baik dalam maupun luar negeri

      Hapus
  4. Wisata ke pulau Morotai sepertinya bakalan seru, ditambah dengan tempat diving yang cukup banyak, namun suhunya itu loh bisa buat gerah wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, berarti kalo mau liburan ke Morotai harus sediain baju summer, jangan baju musim dingin kak :D :v

      Hapus
  5. Tempat"nya sangat rekomendasi banget buat nanti liburan ditahun 2020, mulai dari tanjung lesung dan kepulauan seribu sangat cocok buat yang tinggal di ibu kota jakarta. Terimakasih saran tempat wisatanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener banget tuh kak. Kalo mau liburan jangan jauh-jauh dulu, jelajahin dulu pusat wisata yang ada di sekitaran.

      Hapus
  6. Berwisata pada dasarnya untuk merilekskan diri dari kecamuk pekerjaan sehari-hari...
    Kegiatan berwisata banyak manfaatnya dipandang dari berbagai sudut pandang...

    Pergi mengunjungi tempat-tempat wisata tidak perlu yang jauh-jauh, dari sederetan yang KakaKiky bahas diatas, Gunung Bromo lah yang paling dekat dengan domisili saya...

    Namun miris, hehhee... Saya belum juga pernah sampai pada tempat wisata gunung bromo ini...

    Beberapa wisata yang pernah saya kunjungi bersama teman dan keluarga masih sekitaran tempat tinggal saya, wisata lokal...

    Intinya kita berwisata itu adalah menikmatinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya do'ain supaya mas hana bisa liburan ke gunung bromo secepatnya :D

      Hapus
  7. Sebenarya sangat bagus bila Indonesia mempunyai banyak tempat wisata yg sudah dikenal wisatawan domestic maupun mancanegara. Namun yang harus diperhatikan juga adalah masalah yg ditimbulkan dari para wisatawan tersebut. Beberapa kawasan wisata sudah terdampak kerusakan alamnya, seperti pantai2 di Bali, Pulau Komodo yg jadi kotor oleh sampah. Jadi Hal itu juga harus menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia.
    Setuju gak mimin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, sebagai seorang wisatawan kita juga harus punya kesadaran diri untuk tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja, namun juga turut menjaga kelestarian alam. Contoh kecilnya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Walaupun nampak sebagai hal kecil, namun impactnya sangat luar biasa dalam kelangsungan tempat wisata Indonesia ^_^

      Hapus
  8. terima kasih list tempat wisata tahun 2020 nya kak! Semoga di tahun 2020 nanti saya bisa berwisata ke semua tempat yang ada di list tersebut :D (k)

    BalasHapus
  9. Keren-keren banget tempat wisatanya, sayang banget kalau misalkan gadijelajahi. Tapi sayang, hooolliiddaaayyy ku belum datang-datang juga :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga disaat admin balas pesan ini, Holidaynya sudah datang ya kak hihi

      Hapus
  10. Pemerintah juga sedang menggalakkan pariwisata di 10 Bali baru ini kak, karena potensi wisatanya jelas sangat bagus.
    So, ke 10 tempat ini emang wajib dikunjungi banget nih..

    BalasHapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done