Kronologi Tragedi Hanyutnya Puluhan Anggota Pramuka di Sleman - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

2/21/2020

Kronologi Tragedi Hanyutnya Puluhan Anggota Pramuka di Sleman

Kronologi hanyutnya puluhan anggota pramuka
KakaKiky - Kabar duka datang dari teman-teman Pramuka di daerah Istimewa Yogyakarta. Pada hari Jum’at tepatnya tanggal 21 Februari 2020, sejumlah 250 siswa SMP anggota Pramuka dikabarkan hanyut di daerah Sungai Sempor, Turi, Kabupaten Sleman.

Saat itu mereka sedang melakukan kegiatan susur sungai. Pak Makwan selaku Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Sleman mengungkapkan kronologi sementara terkait peristiwa nahas tersebut.

Menurut berbagai keterangan yang sudah dihimpun, kejadian itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Ketika siswa dan siswi turun ke sungai untuk memulai kegiatan susur sungai, di lokasi itu belum turun hujan, namun ternyata hujan sudah turun di daerah hulu sungai.

Siswa yang selamat dari insiden

Akibatnya, sejumlah anggota pramuka dilaporkan hanyut karena terseret derasnya arus sungai. Saat ini dilaporkan juga bahwa proses evakuasi dan pendataan anak masih dilakukan. Proses itu dilakukan oleh Tim SAR, dan mereka yang terluka langsung dilarikan ke Rumah Sakit SWA.


Hingga saat ini, sebanyak empat siswa SMP N 1 Turi ditemukan sudah tidak bernyawa. Total siswa yang mengikuti kegiatan pramuka tersebut berjumlah 250 orang, sementara yang selamat saat ini terhitung 146 siswa.

Padahal sebelumnya, badan meteorologi, klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah meng-update informasi cuaca terkait dengan potensi hujan intensitas sedang dan disertai kilat/petir serta angin kencang di wilayah tersebut, dan dapat meluas ke wilayah sleman yang lainnya.

Pelajaran yang dapat kita ambil dari kejadian ini adalah ketika kita ingin membuat kegiatan, kita juga harus mampu untuk mengenal dan memahami medan alam dengan lebih baik, memanagement semua kemungkinan risiko-risiko yang akan terjadi.

Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi di kemudian hari. Semoga pula korban-korban yang telah meninggal dunia diterima segala amal ibadahnya oleh Allah, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan untuk menghadapi semuanya, Aamiin.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done