Cara Melihat Versi Software Atau Aplikasi Di Windows 10 - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Senin, 25 Mei 2020

Cara Melihat Versi Software Atau Aplikasi Di Windows 10

Cara melihat versi Sofware atau aplikasi
KakaKiky – Perkembangan teknologi software atau biasa disebut perangkat lunak komputer yang demikian pesat ini telah mendorong manusia untuk dapat berkreativitas serta memanfaatkan kemajuan teknologi software tersebut untuk memudahkan segala keperluan hidup.

Software atau kita kenal juga sebagai perangkat lunak, adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi si mesin komputer untuk menyimpan perintah maupun dokumen serta arsip lainnya.

Cara Melihat / Mengetahui Versi Software Yang Digunakan
Membahas tentang software, pada kesempatan kali ini aku akan memberikan sebuah tutorial tentang bagaimana caranya untuk mengetahui atau cek versi software yang digunakan di sistem operasi windows. Mungkin tutorial ini akan kamu butuhkan saat kamu mengerjakan skripsi atau karya ilmiah lainnya yang memerlukan keterangan software versi berapa yang kamu gunakan dalam mengerjakan skripsi atau karya ilmiah tersebut.

Cara untuk mengetahui versi suatu software atau aplikasi yang ada di windows itu sangat mudah. Kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun untuk melakukan hal tersebut. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

1. Buka terlebih dahulu software yang ingin kamu ketahui versinya, sebagai contoh di sini aku akan cek versi software visual studio code.
Buka Software yang ingin di cek versi softwarenya

2. Kemudian buka ‘Task Manager’ dengan cara tekan tombol Ctrl+Shift+ESC secara bersamaan, kemudian Task Manager akan terbuka dan terlihat seperti di bawah ini.
Buka Task Manager

3. Kemudian masuk ke tab ‘Details’, lalu cari software yang kamu buka tadi dimana ekstensi filenya itu adalah .exe jika ada lebih dari satu file, pilih saja salah satu, lalu klik kanan dan pilih ‘properties’.
Buka Details > Klik kanan > Properties

4. Pada bagian properties, pilih tab ‘Details’ kemudian kamu akan dapat melihat versi dari software yang kamu gunakan. Di sini aku menggunakan software Visual Studio Code dengan versi 1.45.1.0.
Pada properties pilih details

Nah sobat, bagaimana dengan tutorial cara melihat versi software atau aplikasi yang digunakan pada sistem operasi windows? Sangat mudha bukan? Buat kamu yang masih bingung atau kesulitan dalam melakukan tutorial di atas, silahkan komentar di bawah ya. Cukup sekian artikel kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

25 komentar

  1. Wah mantap nih infonya. Penting banget bagi yang mau update software. Apalagi yang berbayar wajib banget tahu edisi sebelumnya sebelum beli

    BalasHapus
  2. Lapotop Aku gak ngangkat nih dipasang Windows 10. Pingin beli baru aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh semoga kebeli ya laptop barunya, aamiin.

      Hapus
  3. saya kurang mengerti tujuannya namun karena untuk memudahkan pekerjaan jadinya saya coba caranya dan ternyat work banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas, cara di atas sangat berguna bila ingin menyusun laporan atau skripsi yang membutuhkan data versi software.

      Hapus
  4. Kalau software yg ga ada update otomatisnya, mengetahui versi software yg terpasang di komputer ini harus diketahui ya, agar selalu menggunakan yg versi terbaru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas, tapi biasanya kalau sekarang udah ada update otomatis sih.

      Hapus
  5. Selama ini gak tau caraya untuk melihat versi software. Ternyata cara melihatnya cukup mudah ya. Terima kasih sharingnya, Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kak, cara di atas sangat mudah karena tidak memerlukan software tambahan.

      Hapus
  6. Wah makasih tutorialnya... Kapan-kapan kalau butuh, udah tau deh caranya... Mudah ya, keliatannya, enggak tau tuh praktiknya, hihihi...

    BalasHapus
  7. Selama ini saya belum pernah mencoba cara2 di atas. Terima kasih utk informasi yg bermanfaat ini

    BalasHapus
  8. wah mantep banget nih tutorial nya. berhubung saya & suami yang selama ini selalu pake PC dan sofware selalu sudah diinstalkan oleh yang punya rentalan komputer, jadi nggak pernah tau versi berapa tuh. Kadang kalau ada masalah teknis dan ditanya ini versi berapa, suka bingung. Thanks ya kak kiky

    BalasHapus
  9. jadi ini penting banget sih diperhatikan. Bagi yang belum paham pasti akan ngebantu banget sih. Pasti akan banyak yang terbantu

    BalasHapus
  10. nah bermanfaat banget nih biasanya saya main install install aja tanpa tahu cocok atau enggak dengan Windows yang ada di laptop saya. ujung-ujungnya malah nggak bisa dipakai karena terlalu berat.

    BalasHapus
  11. Oh gitu ya, biar pekerjaan makin efisien ya ini kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya dipake untuk pengerjaan laporan dan skripsi yang membutuhkan informasi versi dari software yang digunakan kak.

      Hapus
  12. Wah,,, Aku baru tau kak cara melihat versi software nya.
    Aku segera mencobanya kak..

    Terima kasih,

    BalasHapus
  13. Wah makasih banget tutorialnya mba. Kapan-kapan kalau lagi perlu, udah tau deh caranya. Mudah sih keliatannya tapi kayanya praktiknya hmm. Faedah banget iniii. BOOKMARK!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yang namanya sama. Tapi aku laki bukan mba mba :"v

      Hapus
  14. Selama ini pakai tadi manager hanya untuk menutup aplikasi yang sedang hang tanpa menutup aplikasi lainnya yang sedang running. Eh ternyata bisa digunakan untuk mengetahui detail software apa yang digunakan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Lina, selain untuk force close aplikasi yang ngehang, juga bisa digunakan untuk cek detail versi software.

      Hapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done