Cara Melihat Versi Software Atau Aplikasi Di Windows 10

Cara melihat versi Sofware atau aplikasi
KakaKiky – Perkembangan teknologi software atau biasa disebut perangkat lunak komputer yang demikian pesat ini telah mendorong manusia untuk dapat berkreativitas serta memanfaatkan kemajuan teknologi software tersebut untuk memudahkan segala keperluan hidup.

Software atau kita kenal juga sebagai perangkat lunak, adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi si mesin komputer untuk menyimpan perintah maupun dokumen serta arsip lainnya.

Cara Melihat / Mengetahui Versi Software Yang Digunakan
Membahas tentang software, pada kesempatan kali ini aku akan memberikan sebuah tutorial tentang bagaimana caranya untuk mengetahui atau cek versi software yang digunakan di sistem operasi windows. Mungkin tutorial ini akan kamu butuhkan saat kamu mengerjakan skripsi atau karya ilmiah lainnya yang memerlukan keterangan software versi berapa yang kamu gunakan dalam mengerjakan skripsi atau karya ilmiah tersebut.

Cara untuk mengetahui versi suatu software atau aplikasi yang ada di windows itu sangat mudah. Kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun untuk melakukan hal tersebut. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

1. Buka terlebih dahulu software yang ingin kamu ketahui versinya, sebagai contoh di sini aku akan cek versi software visual studio code.
Buka Software yang ingin di cek versi softwarenya

2. Kemudian buka ‘Task Manager’ dengan cara tekan tombol Ctrl+Shift+ESC secara bersamaan, kemudian Task Manager akan terbuka dan terlihat seperti di bawah ini.
Buka Task Manager

3. Kemudian masuk ke tab ‘Details’, lalu cari software yang kamu buka tadi dimana ekstensi filenya itu adalah .exe jika ada lebih dari satu file, pilih saja salah satu, lalu klik kanan dan pilih ‘properties’.
Buka Details > Klik kanan > Properties

4. Pada bagian properties, pilih tab ‘Details’ kemudian kamu akan dapat melihat versi dari software yang kamu gunakan. Di sini aku menggunakan software Visual Studio Code dengan versi 1.45.1.0.
Pada properties pilih details

Nah sobat, bagaimana dengan tutorial cara melihat versi software atau aplikasi yang digunakan pada sistem operasi windows? Sangat mudha bukan? Buat kamu yang masih bingung atau kesulitan dalam melakukan tutorial di atas, silahkan komentar di bawah ya. Cukup sekian artikel kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

25 komentar untuk "Cara Melihat Versi Software Atau Aplikasi Di Windows 10"

Comment Author Avatar
Wah mantap nih infonya. Penting banget bagi yang mau update software. Apalagi yang berbayar wajib banget tahu edisi sebelumnya sebelum beli
Comment Author Avatar
Terima kasih sudah berkunjung ^_^
Comment Author Avatar
Lapotop Aku gak ngangkat nih dipasang Windows 10. Pingin beli baru aja.
Comment Author Avatar
wahh semoga kebeli ya laptop barunya, aamiin.
Comment Author Avatar
saya kurang mengerti tujuannya namun karena untuk memudahkan pekerjaan jadinya saya coba caranya dan ternyat work banget
Comment Author Avatar
Terima kasih mas, cara di atas sangat berguna bila ingin menyusun laporan atau skripsi yang membutuhkan data versi software.
Comment Author Avatar
Kalau software yg ga ada update otomatisnya, mengetahui versi software yg terpasang di komputer ini harus diketahui ya, agar selalu menggunakan yg versi terbaru.
Comment Author Avatar
iyaa mas, tapi biasanya kalau sekarang udah ada update otomatis sih.
Comment Author Avatar
Selama ini gak tau caraya untuk melihat versi software. Ternyata cara melihatnya cukup mudah ya. Terima kasih sharingnya, Kak
Comment Author Avatar
Iyaa kak, cara di atas sangat mudah karena tidak memerlukan software tambahan.
Comment Author Avatar
Wah makasih tutorialnya... Kapan-kapan kalau butuh, udah tau deh caranya... Mudah ya, keliatannya, enggak tau tuh praktiknya, hihihi...
Comment Author Avatar
Praktiknya juga mudah kok kak hihi
Comment Author Avatar
Selama ini saya belum pernah mencoba cara2 di atas. Terima kasih utk informasi yg bermanfaat ini
Comment Author Avatar
Sama-sama mas semoga bermanfaat.
Comment Author Avatar
wah mantep banget nih tutorial nya. berhubung saya & suami yang selama ini selalu pake PC dan sofware selalu sudah diinstalkan oleh yang punya rentalan komputer, jadi nggak pernah tau versi berapa tuh. Kadang kalau ada masalah teknis dan ditanya ini versi berapa, suka bingung. Thanks ya kak kiky
Comment Author Avatar
jadi ini penting banget sih diperhatikan. Bagi yang belum paham pasti akan ngebantu banget sih. Pasti akan banyak yang terbantu
Comment Author Avatar
nah bermanfaat banget nih biasanya saya main install install aja tanpa tahu cocok atau enggak dengan Windows yang ada di laptop saya. ujung-ujungnya malah nggak bisa dipakai karena terlalu berat.
Comment Author Avatar
Oh gitu ya, biar pekerjaan makin efisien ya ini kak?
Comment Author Avatar
Biasanya dipake untuk pengerjaan laporan dan skripsi yang membutuhkan informasi versi dari software yang digunakan kak.
Comment Author Avatar
Wah,,, Aku baru tau kak cara melihat versi software nya.
Aku segera mencobanya kak..

Terima kasih,
Comment Author Avatar
Wah makasih banget tutorialnya mba. Kapan-kapan kalau lagi perlu, udah tau deh caranya. Mudah sih keliatannya tapi kayanya praktiknya hmm. Faedah banget iniii. BOOKMARK!!!
Comment Author Avatar
Terima kasih yang namanya sama. Tapi aku laki bukan mba mba :"v
Comment Author Avatar
Selama ini pakai tadi manager hanya untuk menutup aplikasi yang sedang hang tanpa menutup aplikasi lainnya yang sedang running. Eh ternyata bisa digunakan untuk mengetahui detail software apa yang digunakan ya.
Comment Author Avatar
Iya kak Lina, selain untuk force close aplikasi yang ngehang, juga bisa digunakan untuk cek detail versi software.