Objek Biologi: Tingkat Struktur Dari Terendah Hingga Tertinggi Dan Pengertiannya - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Senin, 25 Mei 2020

Objek Biologi: Tingkat Struktur Dari Terendah Hingga Tertinggi Dan Pengertiannya

Objek Biologi
KakaKiky - Objek biologi ini mencakup seluruh makhluk hidup dan kehidupan. Objek biologi adalah kehidupan pada berbagai tingkat struktur. Tingkat struktur ini dimulai dari yang terendah hingga tertinggi adalah molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan bioma. Berikut ini adalah pengertian lengkap tentang tingkatan struktur kehidupan.

Pengertian Molekul
Molekul merupakan bagian terendah dalam tingkat  organisasi kehidupan. Struktur dan fungsi molekul-molekul penyusun komponen sel seperti karbohidrat, lipid, protein dan asam nukleat merupakan objek kajian dalam biokimia. Interaksi antarmolekul, seperti interaksi molekul DNA, RNA, dan protein dalam sintesa protein, dan pengaturannya dikaji dalam biologi molekuler. Masalah yang terjadi, misalnya kebutuhan tanaman dengan kualitas tertentu contohnya padi tahan hama, kebutuhan tanaman dengan jumlah banyak dalam waktu yang cepat, kebutuhan obat untuk penyakit tertentu, dan lain-lainnya merupakan masalah yang bisa terjadi dalam tingkat molekul ini.

Pengertian Sel
Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil penyusun Mahluk Hidup. Pada tingkat sel, struktur dan fungsi komponen sel serta proses yang terjadi pada sel merupakan objek kajian biologi. Ilmu yang mengkaji sel adalah sitologi. Sel dimiliki oleh seluruh organisme. Sebagian organisme seperti bakteri terdiri atas satu sel, namun kebanyakan organisme merupakan kumpulan dari banyak sel yang terspesialisasi. Masalah-masalah seperti penyakit kanker dan pengembangan makanan serta minuman hasil fermentasi dapat dikaji di tingkat sel. Contoh objek biologi pada tingkat sel yaitu sel pada organisme bersel satu (uniseluler) seperti pada gambar berikut.

Pengertian Jaringan
Jaringan dalam disiplin ilmu biologi berarti kumpulan dari sel-sel yang mempunyai bentuk serta fungsi yang sama antara satu dengan yang lainnya. Jaringan-jaringan yang berbeda satu dengan yang lainnya dapat saling melakukan kerjasama guna menciptkaan fungsi fisiologis sehingga menggerakkan dan membentuk sebuah organ. Jaringan adalah sel yang terspesialisasi pada organisme multisel.

Jaringan juga merupakan sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Struktur dan fungsi berbagai jenis jaringan merupakan objek kajian pada tingkat jaring, Ilmu yang mempelajari  jaringan adalah histologi.  Masalah-masalah yang dapat dikaji pada tingkat jaringan antara lain diagnosis dan penanggulangan berbagai penyakit pada tanaman, manusia, maupun hewan. Contoh objek biologi pada tingkat jaringan yaitu jaringan epitel silinder selapis seperti pada gambar berikut.

Pengertian Organ & Sistem Organ
Organ dalam biologi, adalah kumpulan jaringan yang bergabung dalam unit struktural untuk melakukan fungsi bersama yang khusus dalam tubuh. Berbagai jaringan berbeda yang menjalankan fungsi tertentu membentuk organ. Contoh organ pada manusia yaitu otak, jantung, paru-paru, dan ginjal.

Sistem organ dalam biologi adalah kelompok organ yang bekerja sama untuk melakukan satu atau lebih fungsi. Setiap organ merupakan bagian dari suatu sistem dengan fungsi tertentu yang disebut sistem organ. Otak adalah bagian dari sistem saraf yang memiliki fungsi koordinasi. Jantung adalah bagian dari sistem sirkulasi untuk mengedarkan darah. Struktur (anatomi) dan fungsi (fisiologi) berbagai jenis organ dan sistem organ pada berbagai organisme multisel merupakan objek kajian pada tingkat ini. Berbagai penyakit yang menyerang organ tubuh manusia dan pengobatannya seperti penyakit TBC yang menyerang paru-paru dan hepatitis yang menyerang hati dapat dikaji pada tingkat ini.

Pengertian Individu
Berbagai sistem organ yang bekerja bersama-sama melakukan kegiatan kehidupan membentuk individu. Individu ini adalah unit kehidupan. Pada tingkat individu, perkembangan individu merupakan objek kajian ilmu biologi perkembangan. Kelainan dalam perkembangan embrio adalah contoh masalah pada tingkat ini.

Pengertian Populasi
Populasi terbentuk dari sekumpulan organisme atau individu dari suatu spesies tertentu yang hidup dalam suatu wilayah geografi. Pola penyebaran spesies dan proses penyebabnya merupakan objek kajian biogeografi. Distribusi dan perubahan frekuensi alel dikaji dalam genetika populasi. Kepadatan penduduk dan kelangkaan spesies tertentu seperti bungan raflesia merupakan contoh dari masalah pada tingkat ini. Contoh dari populasi adalah Banteng di Ujung Kulon atau harimau sumatera di Pulau Sumatera seperti pada gambar berikut ini.

Pengertian Komunitas
Populasi dari berbagai jenis organisme berinteraksi pada suatu tempat tertentu membentuk komunitas. Dalam komunitas, semua organisme merupakan bagian dari komunitas dan antara komponennya saling berhubungan melalui keragaman interaksinya. Contoh komunitas adalah populasi ikan, populasi ganggang dan populasi hewan di sekitarnya membentuk komunitas terumbu karang seperti gambar berikut.

Pengertian Ekosistem
Organisme memiliki hubungan timbal balik dengan lingkungannya sehingga membentuk suatu sistem disebut ekosistem. Contoh dari ekosistem adalah ekosistem danau, sungai, laut, pantai berpasir, dan hutan. Interaksi antar-organisme dan interaksi organisme dengan alam sekitarnya merupakan objek kajian dalam tingkat ekosistem terutama dalam bidang ekologi. Pengaruh zat kimia terhadap organisme dikaji dalam toksikologi. Kehidupan di perairan darat dikaji dalam limnologi. Kehidupan di laut dikaji dalam biologi laut. Masalah khusus yang perlu dikaji pada tingkat ekosistem ini adalah pengaruh pencemaran terhadap organisme dan karakteristik ekosistem yang tercemar.

Pengertian Bioma
Bioma adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu. Objek kajian pada tingkat ini adalah kehidupan di lokasi geografis tertentu, seperti wilayah hutan tropis, padang rumput, dan padang pasir.Bioma merupakan ekosistem-ekosistem yang terbentuk karena perbedaan letak geografis dan astronomis. Pada dasarnya, bioma terdiri dari produsen, konsumen, dan pengurai (dekomposer) yang di dalamnya terjadi siklus yang diawali dari tumbuhan.

Nah sobat itulah urutan tingkat struktur yang merupakan salah satu objek biologi. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kamu semua dalam mengerjakan tugas. Cukup sekian artikel kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done