Jawaban Quiz Jaringan Komputer Tentang Identifikasi Perangkat Jaringan - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Minggu, 07 Juni 2020

Jawaban Quiz Jaringan Komputer Tentang Identifikasi Perangkat Jaringan

Jawaban Quiz Jarkom
KakaKiky - Pada kesempatan kali ini yang akan menjadi topik pembahasan adalah Mata Kuliah Jaringan Komputer. Berikut ini adalah pembahasan soal Quiz mata kuliah Jaringan Komputer tentang identifikasi perangkat jaringan komputer dan topologi yang digunakan.

1. Mengidentifikasi perangkat jaringan yang dibutuhkan

Perusahaan PT. ABC ini memiliki bagian HRD, penjualan, gudang, keuangan, expedisi, administrasi, dan lain-lainnya. Dimana kodisi fisik gedung office tersebut berupa 3 buah lantai yang digunakan untuk administrasi/manajemen, sedangkan bagian gudang berada di gedung lain yang berjarak 100 Meter dari Gedung Office. Perusahaan ini memiliki banyak pc diantaranya yang terdapat pada lantai 1, 2, dan 3 yang berjumlah sebanyak 100 PC dimasing-masing lantainya, dan terdapat 10 PC di ruang gudang.

Untuk perangkat jaringannya, dibutuhkan PC, NIC, Switch, Kabel UTP, Konektor RJ-45, Crimping Tools, LAN Tester, dan juga Router. PC ini digunakan untuk memonitoring dan juga membuat laporan sebagai terminal. NIC (Network Interface Card) yang dipasang pada setiap PC berfungsi untuk mengirim dan juga menerima data. Switch adalah perangkat jaringan yang beroperasi di OSI Layer 2, dan Data Link Layer.

Perangkat tersebut berfungsi sebagai penyambung ataupun concentrator dalam jaringan, juga berfungsi sebagai penguat atau repeater dan digunakan untuk menghubungkan kabel-kabel UTP antar komputer. Kabel UTP adalah piranti yang digunakan sebagai media transfer data dari komputer satu ke komputer lainnya. Di dalam kabel ini terdapat 9 kabel-kabel kecil yang berbeda warna dan dililit menjadi 4 pasang kabel, kabel tersebut dililit sebagai eliminasi dan induksi kebocoran.

Kabel UTP ini berfungsi sebagai media penghantar informasi ataupun data. Kabel UTP yang digunakan adalah yang kategori 5 sekitar 1500 Meter. Kabel UTP memerlukan sebuah konektor yang disebut dengan konektor RJ-45, untuk menghubungkan kabel dengan komputer atau device yang lainnya. Untuk memasang kabel UTP ke konektor RJ-45 dibutuhkan sebuah alat yang dinamakan dengan Crimping Tools. Untuk mengecek apakah kabel bisa digunakan dengan baik dan juga melakukan testing pada konektivitas LAN di jaringan, dibutuhkan sebuah alat bernama LAN Tester.

Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama ataupun berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, dan prosesnya itu dinamakan routing.

Pada perusahaan ini digunakan sebanyak 4 router. Untuk masing-masing lantai diperlukan sebuah Router, baik itu lantai 1,2,3 dan 1 router lagi digunakan sebagai backbone (digunakan untuk dapat mengatasi masalah kecepatan interkoneksi antar jaringan lokal). Switch yang digunakan berjumlah 7 buah, masing-masing lantai menggunakan 2 buah switch dan pada ruang gudang digunakan 1 switch.

Switch sendiri digunakan sebagai penghubung router antar lantai dengan PC untuk membentuk suatu LAN (Local Area Network) yang berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP dari 1 komputer ke komputer lainnya. Digunakan 2 switch perlantai karena 1 switch menggunakan 64 port sedangkan PC pada setiap lantainya adalah 100 buah, jadi harus menggunakan 2 switch. Switch ini juga memiliki keuntungan diantaranya adalah memiliki bandwith sebesar 10 Mbps penuh dan tidak terbagi-bagi. Sehingga sangat cocok untuk digunakan seperti perusahaan PT. ABC ini yang lumayan besar karena kecepatan transfernya akan menjadi lebih tinggi.

2. Topologi Jaringan yang Digunakan

Berbicara tentang topologi jaringan, yang paling cocok digunakan untuk Perusahaan PT. ABC ini adalah topologi jaringan star. Topologi jaringan star atau biasa juga disebut dengan topologi jaringan bintang adalah suatu metode untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dengan jaringannya yang berbentuk seperti bintang (Star), dimana topologi jaringan berupa kovergensi dari node tengah ke setiap node/pengguna, sehingga semua node atau titik terkoneksi dengan node tengah tersebut.

Topologi star atau star network memiliki prinsip kerja dengan sebuah control atau kendali terpusat dimana seluruh link akan melalui pusat dan kemudian data disalurkan ke semua node atau node tertentu yang dikehendaki server pusat. Dalam istilah teknologi informasi, simpul pusat disebut sebagai stasiun primer sedangkan node-node yang terhubung lainnya disebut sebagai stasiun  sekunder atau client.

Saya memilih topologi Star karena topologi jenis ini memiliki banyak keuntungan dan sangat cocok digunakan untuk perusahaan PT. ABC. Beberapa keuntungan diantaranya adalah:
  • Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran dan station terpaut.
  • Tingkat keamanannya termasuk tinggi.
  • Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk
  • Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
  • Akses kontrol terpusat.
  • Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan.
  • Paling fleksibel karena mudah dalam menambahkan workstation yang baru.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done