14 Channel Youtube Programming Bahasa Indonesia Terbaik - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Selasa, 23 Juni 2020

14 Channel Youtube Programming Bahasa Indonesia Terbaik

channel youtube programming bahasa indonesia
Channel Youtube Programming Bahasa Indonesia
KakaKiky - Hai sobat programmer! Apakah kamu memiliki kesulitan dalam mempelajari bahasa pemrograman? Kurang bisa fokus dengan materi yang disampaikan oleh bapak dosen? Atau berbagai macam alasan lain yang membuatmu belum juga mampu menguasai sedikit dari banyaknya bahasa pemrograman?

Nah tenang saja, mungkin beberapa channel Youtube programmer Indonesia yang akan saya ulas di bawah ini bisa membantu kamu untuk mengatasi semua permasalahan yang ada di atas. Berikut ini adalah kumpulan channel Youtube Programmer bahasa indonesia yang wajib kamu subscribe dan tonton semua videonya.

1. Web Programming UNPAS

Web Programming UNPAS
Menurut saya Ini merupakan salah satu channel programming terbaik dalam bahasa indonesia. Saat ini subscriber dari channel ini sudah mencapai 277 ribu subscriber. Di channel ini membahas berbagai macam hal tentang tutorial pemrograman untuk website.

Channel ini sendiri telah beberapa kali menyelamatkan saya dalam mata kuliah pemrograman berbasis website, karena semua materi yang di sampaikan oleh Pak Sandika Galih (Pengelola Channel) benar-benar mudah dipahami. Kalau kamu ingin menjadi web developer, harus banget buat subscribe channel yang satu ini!

2. Kelas Terbuka

Channel Kelas Terbuka
Dengan claim sebagai tempat paling asik belajar programming, Kelas Terbuka menawarkan berbagai macam materi pemrograman kepada para subscribernya. Subscribernya sekarang sudah mencapai 117 ribu subscriber. Channel ini membahas teknik pemrograman secara umum beserta teknologi terkait dan teknik komputasi serta pengolahan data. Mereka memiliki 3 pendekatan yaitu brief, friendly, dan fun. Harapan mereka adalah dapat mengisi kekosongan implementasi praktis pada materi pendidikan formal yang ada di Indoensia.

3. Angga Risky

Channel Angga Risky
Melalui channel youtube pribadinya, Angga Risky ingin membagikan berbagai macam pengetahuan yang ia sukai seperti web design, mobile design, dan tutorial koding. Channel ini juga memiliki subscriber yang cukup banyak yaitu sebesar 85,5 ribu subscriber.

4. Sekolah Koding

Channel Sekolah Koding
Channel youtube programming selanjutnya adalah Sekolah Koding yang saat ini sudah mencapati 80,9 ribu subscriber. Dengan tagline mereka “Apapun latar belakangmu, kamu juga bisa belajar programming” semakin menunjukkan bahwa kita semua bisa belajar programming, apalagi kamu yang mahasiswa informatika. Channel yang dikelola oleh Hilman Ramadhan ini membahas tentang tutorial pemrograman untuk tingkat dasar sampai dengan tingkat ahli.

5. JuniorDev

Channel JuniorDev
JuniorDev adalah sebuah channel yang memuat tentang tutorial komputer, IT, dan programming mulai dari HTML, CSS, PHP, SQL, Jquery, Desain web, bahkan sampai dengan Game Development. Channel ini sudah di subscribe oleh sebanyak 22,3 ribu orang.

6. CodePolitan

Channel CodePolitan
CodePolitan merupakan sebuah media edukasi dan informasi tentang pemrograman dan teknologi. CodePolitan sendiri dibangun untuk dapat memfasilitasi para developer dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan seputar pemrograman dan teknologi. Saat ini subscriber CodePolitan sudah mencapai 18,6 ribu subscriber.

7. Guntur Budi

Channel Guntur Budi
Channel yang membahas tentang tutorial pemrograman komputer, data science, dan berbagai macam video lainnya. Channel yang dikelolah oleh Guntur Budi ini sudah disubscribe oleh sebanyak 15,7 ribu orang.

8. Kawan Koding

Kawan Koding
Kawan Koding merupakan channel programming bahasa Indonesia yang dikelola oleh Amirul dan saat ini subscribernya sudah ada sebanyak 9,61 ribu subscriber. Belajar pemrograman terkesan sulit karena kebanyakan sumber belajarnya adalah berbahasa inggris. Namun di sini kawan koding hadir sebagai salah satu solusi belajar pemrograman dalam bahasa indonesia. Topik yang mereka tawarkan di antaranya adalah PHP, Laravel, Javascript, dan Vuejs.

9. Dicoding Indonesia

Channel Dicoding Indonesia
Dicoding adalah sebuah perusahaan startup yang bertujuan mengembangkan ekosistem developer di Indonesia. Dicoding sudah terakreditasi sebagai satu-satunya Google Developers Authorized Training Partner di Indonesia loh! Di Channel ini membahas tentang programming, android programming, dan web programming. Saat ini subscribernya sudah ada sebanyak 9,61 ribu subscriber.

10. Galih Pratama

Channel Galih Pratama
Galih Pratama adalah channel programming bahasa Indonesia yang membahas tentang web development, android, windows, design (web design, UX/UI, photoshop, Inkscape) dan review teknologi. Selain ilmu koding, kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam ilmu desain di sini. Saat ini subscribernya sudah ada sebanyak 8,32 ribu subscriber.

11. Mastahcode

Channel Mastahcode
Mastahcode membahas seputar tutorial tentang web dan android. Channel programming bahasa Indonesia ini sudah memiliki subscriber sebanyak 7,19 ribu subscriber.

12. HACKTIV8

Channel HACKTIV8
Kamu pasti pernah melihat iklan kelas koding dari HACKTIV8 di sosial media seperti instagram dan facebook kan? Nah, HACKTIV8 ini memiliki channel youtube seputar tutorial tentang programming, web programming, dan javascript. Saat ini subscribernya sudah ada sebanyak 6,04 ribu subscriber.

13. Artivisi Intermedia

Channel Artivisi Intermedia
Adalah sebuah channel youtube yang membahas tentang tutorial, programming java, dan vlog dalam bahasa Indonesia. Saat ini subscribernya sudah ada sebanyak 5,47 ribu subscriber.

14. Agung Setiawan

Channel Agung Setiawan
Walaupun subscribernya tidak sebesar channel-channel di atas, namun menurut saya channel ini cukup bagus untuk bahan belajar pemrograman. Channel ini membahas tentang pemrograman bahasa C, Ruby, Rails, Vim dan lain sebagainya. Saat ini subscribernya sudah mencapai 981 subscriber.

NOTE:
Jumlah subscriber di atas dapat berbeda dari waktu ke waktu. Data subscriber di atas di ambil pada tanggal 23 Juni 2020 pukul 16.00

Nah sobat, itulah kumpulan channel programming bahasa Indonesia yang dapat membantu kamu dalam mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman dan juga desain grafis. Jangan lupa untuk terus mendukung channel-channel tersebut dengan cara subscribe channelnya agar tetap membagikan ilmu bermanfaat kepada kita.

Kalau menurut kamu sendiri bagaimana? Apakah ada channel Programming bahasa Indonesia lainnya yang bermanfaat? Silahkan berikan komentar di bawah ya! Cukup sekian postingan kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done