Tanggung Jawab Atau Tanggungjawab Mana Penulisan Yang Benar? - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Senin, 22 Juni 2020

Tanggung Jawab Atau Tanggungjawab Mana Penulisan Yang Benar?

Mana yang benar Tanggung jawab atau Tanggungjawab
Tanggung Jawab atau Tanggungjawab
KakaKiky - Bagaimana cara penulisan kata berikut ini, tanggung jawab atau tanggungjawab? Mana di antara keduanya yang benar? Jika kalian bingung tentang bagaimana menuliskannya dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku maka kalian sudah mendarat di blog yang tepat. Pada kesempatan kali ini Iky akan membahas tentang cara menuliskan kata di atas dengan benar.

Tanggung Jawab Atau Tanggungjawab?
Penulisan kata yang benar adalah “Tanggung Jawab” dipisah dan tidak disambung. Hal ini dikarenakan kata “Tanggung” dan “Jawab” merupakan morfem bebas, jadi keduanya harus ditulis secara terpisah.

Namun, jika kata “tanggung jawab” mendapatkan imbuhan awalan dan akhiran maka dia akan digabung. Sebagai contoh perhatikan kata di bawah ini:
  • Mempertanggungjawabkan
  • Dipertanggungjawabkan
  • Pertanggungjawaban
  • Menanggungjawabi
Karena kata “tanggung jawab” di atas mendapatkan imbuhan awalan dan akhiran maka penulisannya harus digabung. Namun jika hanya mendapatkan imbuhan awalan saja maka penulisannya harus tetap di pisah. Sebagai contoh perhatikan kata di bawah ini:
  • Bertanggung jawab
  • Penanggung jawab
  • Tanggung jawabnya

Penulisan yang benar dalam KBBI
Jika melihat KBBI, kamu tidak akan menemukan kata “tanggungjawab” karena penulisannya salah. Namun jika kamu mencari kata “tanggung jawab” maka kamu akan menemukannya dengan arti sebagai berikut:

tanggung jawab/tang·gung ja·wab/
  • n keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya): pemogokan itu menjadi -- pemimpin serikat buruh;
  • n Huk fungsi menerima pembebanan, sebagai akibat sikap pihak sendiri atau pihak lain;

Nah sekarang sudah jelaskan, cara penulisan kata yang benar itu adalah “tanggung jawab” bukan “tanggungjawab”. Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang penggunaan kata yang tepat dalam Bahasa Indonesia. Jika ada hal yang ingin di tanyakan silahkan ajukan di kolom komentar. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done