Tanggung Jawab Atau Tanggungjawab Mana Penulisan Yang Benar?

tanggung  jawab atau tanggungjawab mana yang benar

KakaKiky - Bagaimana cara penulisan kata berikut ini, tanggung jawab atau tanggungjawab? Mana di antara keduanya yang baku dan benar? Jika kalian bingung tentang bagaimana menuliskannya dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku maka kalian sudah mendarat di postingan yang tepat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menuliskan kata di atas dengan benar.

Kata Baku Tanggung Jawab Atau Tanggungjawab?

Penulisan kata yang benar adalah “Tanggung Jawab” dipisah dan tidak disambung, bukan “Tanggungjawab”. Hal ini dikarenakan kata “Tanggung” dan “Jawab” merupakan morfem bebas, jadi keduanya harus ditulis secara terpisah.

Namun, jika kata “tanggung jawab” mendapatkan imbuhan awalan dan akhiran maka dia akan digabung. Sebagai contoh perhatikan kata di bawah ini:

  1. Mempertanggungjawabkan
  2. Dipertanggungjawabkan
  3. Pertanggungjawaban
  4. Menanggungjawabi

Karena kata “tanggung jawab” di atas mendapatkan imbuhan awalan dan akhiran maka penulisannya harus digabung. Namun jika hanya mendapatkan imbuhan awalan saja maka penulisannya harus tetap di pisah. Sebagai contoh perhatikan kata di bawah ini:

  1. Bertanggung jawab
  2. Penanggung jawab
  3. Tanggung jawabnya

Contoh Penggunaan dalam Kalimat

Penulisan Terpisah:

  • "Ketua tim harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap tugasnya."
  • "Pendidikan karakter membantu anak-anak memahami arti tanggung jawab."

Penulisan Digabung:

  • "Manajer harus mempertanggungjawabkan keputusan yang diambil."
  • "Pertanggungjawaban individu sangat penting dalam dunia profesional."

Penulisan Tanggung Jawab yang Benar Dalam KBBI

Jika melihat KBBI, kamu tidak akan menemukan kata “tanggungjawab” karena penulisannya salah. Namun jika kamu mencari kata “tanggung jawab” maka kamu akan menemukannya dengan arti sebagai berikut:

  1. keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya): pemogokan itu menjadi -- pemimpin serikat buruh;
  2. Huk fungsi menerima pembebanan, sebagai akibat sikap pihak sendiri atau pihak lain;

Kesimpulan

Cara penulisan kata yang baku dan benar itu adalah “tanggung jawab” bukan “tanggungjawab”. Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang penggunaan kata yang tepat dalam Bahasa Indonesia. Pastikan kamu sudah membaca kamus bahasa baku yang telah di sediakan untuk meningkatkan pemahaman tentang penggunaan kata baku dan tidak baku. Jika ada hal yang ingin di tanyakan silahkan ajukan di kolom komentar. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!