7 Kode Etik Di Kantor (Perusahaan) Yang Wajib Diketahui - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Jumat, 20 November 2020

7 Kode Etik Di Kantor (Perusahaan) Yang Wajib Diketahui

kode etik di kantor
Kode Etik Perkantoran

KakaKiky - Kode etik merupakan suatu sistem norma, nilai, dan aturan professional yang harus dipatuhi dan diikuti dalam melaksanakan berbagai hal dalam kehidupan masyarakat. Begitu pula jika kita berada di kantor. Kantor juga memiliki kode etik tersendiri yang harus dan wajib diketahui.


Dengan mengetahui kode etik yang ada di kantor, kita akan lebih berhati-hati dalam bertindak dan menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Kita juga akan terlihat lebih baik dan beretika sebagai seorang yang professional dalam bidangnya.

 

7 Kode Etik Di Kantor Yang Wajib Diketahui

Berikut ini Kiky akan membahas 7 kode etik di perkantoran yang wajib kamu ketahui! Simak penjelasan berikut ini.

 

1. Otoritas

Otoritas merupakan sebuah hak ataupun wewenang yang diberikan kepada seseorang untuk melakukan sebuah tindakan. Setiap instansi bahkan pribadi seseorang pun pasti memiliki hak dan otoritasnya masing-masing, begitu pula halnya dengan ruang lingkup perkantoran. Dalam perkantoran, pasti terdapat seorang bos (leader) dan juga para karyawan yang tentunya juga memiliki otoritas yang berbeda-beda.

 

Sebagai seorang bos harus mengetahui keluh kesah dari para karyawannya dan tahu cara memperlakukan karyawannya dengan baik. Sebagai seorang karyawan juga harus mengetahui siapa saja yang menjadi atasannya dan tahu bagaimana cara menghormati atasan dan tidak berkelakuan berlebihan atau melewati batas ketika berinteraksi dengan atasan.

 

Selain itu, dalam ruang lingkup perkantoran pasti juga terdapat yang namanya persaingan. Jadi dalam bersaing kita harus bijak dalam menentukan mana yang menjadi kawan dan mana yang menjadi lawan. Untuk dapat menentukan siapa yang bisa menjadi kawan ataupun lawan, bisa dengan cara sering mengajak mereka untuk duduk bersama mendiskusikan suatu hal, dengan begitu kita akan lebih mengenal mereka.

 

2. Bukti Autentik

Dalam ruang lingkup perkantoran, pasti juga sering terjadi penyebaran rumor atau fitnah di kalangan karyawan. Sebagai seorang karyawan yang baik, haruslah mampu untuk membedakan mana informasi yang benar adanya sesuai dengan fakta dan mana informasi yang hoax (fitnah).

 

Dalam bekerja terutama bagi karyawan di bidang administrasi, harus mampu menyajikan berita-berita dan informasi ataupun data yang valid dan sesuai dengan fakta, bebas dari hoax, serta harus mampu untuk mempertanggungjawabkan semua informasi yang diberikan. Untuk dapat melakukan semua itu, tentunya seorang karyawan harus memiliki bukti autentik (bukti yang terpercaya).

 

3. Integritas

Integritas merupakan suatu sifat yang menggambarkan bahwa seseorang itu beribawa dan memiliki sifat jujur serta tanggung jawab. Sifat ini tentunya harus dimiliki oleh setiap karyawan yang ada di kantor.

 

Dengan memiliki sifat yang jujur dan bertanggung jawab tentunya akan meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap kita, terutama kepercayaan seorang atasan. Ketika kita berbuat salah dalam mengerjakan pekerjaan kantor, jangan melemparkan kesalahan tersebut ke orang lain, jujur dan bertanggung jawablah dalam menghadapi permasalahan tersebut.

 

4. Privacy

Setiap orang memiliki privacy (rahasia) yang harus dijaga dan tidak disebarluaskan. Begitu pula halnya dengan kantor atau perusahaan. Tentunya kantor juga memiliki rahasia yang harus dijaga dan tidak boleh disebarluaskan, karena rahasia yang disebarluaskan dapat menimbulkan rasa kurang nyaman dan bahaya yang mengancam karyawan bahkan perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu kita harus senantiasa menjaga privacy atau rahasia dari setiap karyawan, atasan dan juga perusahaan tempat kita bekerja.

 

5. Akses Kontrol

Setiap karyawan itu memiliki batas porsi dan akses kontrol dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya masing-masing. Karyawan yang satu tidak bisa mencampuri urusan pekerjaan karyawan yang lainnya, sebagai contoh pegawai dari bidang administrasi tidak bisa mengakses pekerjaan karyawan dari bidang HRD, begitu pula karyawan HRD tidak akan bisa mengakses pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan bidang administrasi.

 

Namun dalam suatu perusahaan ada bagian tertentu yang mendapatkan wewenang mengakses hal tersebut, misalkan seperti bagian dari supervisi dan pengawasan yang bertujuan untuk dapat mengontrol serta mengawasi pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan perusahaan.

 

6. Availability

Availability merupakan suatu sikap kesiapsediaan seseorang dalam menjalankan rutinitas tugas atau pekerjaannya. Ia harus siap jika sewaktu-waktu ada panggilan tugas yang harus dipenuhi, tanpa terkendala oleh waktu, cuaca, dan sebagainya. Misalkan suatu saat ada diadakannya rapat atau meeting secara mendadak, maka setiap karyawan harus siap sedia untuk mengikutinya.

 

7. Non-Repudiasi

Dalam menjadi seorang karyawan dari sebuah perusahaan, kita tidak boleh hanya mementingkan diri sendiri atau bahkan menjadi agen ganda. Maksudnya adalah kita harus bekerja demi kepentingan perusahaan bukan kepentingan diri sendiri. Selain itu kita juga tidak boleh menjual informasi yang ada dalam perusahaan kepada perusahaan pesaing lainnya, tentunya kita harus mampu menjadi orang yang dapat melakukan penyangkalan terhadap terjadi kebocoran informasi perusahaan.

 

Nah sobat, itulah pembahasan lengkap tentang 7 kode etik di kantor (perusahaan) yang harus kamu ketahui. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah tentang postingan ini ya! Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done