7 Kode Etik Di Kantor (Perusahaan) Yang Wajib Diketahui

kode etik di kantor dan perusahaan yang wajib diketahui

KakaKiky - Kode etik merupakan suatu sistem norma, nilai, dan aturan professional yang harus dipatuhi dan diikuti dalam melaksanakan berbagai hal dalam kehidupan masyarakat. Begitu pula jika kita berada di kantor. Kantor juga memiliki kode etik tersendiri yang harus dan wajib diketahui.

Dengan mengetahui kode etik yang ada di kantor, kita akan lebih berhati-hati dalam bertindak dan menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Kita juga akan terlihat lebih baik dan beretika sebagai seorang yang professional dalam bidangnya.

7 Kode Etik Di Kantor Yang Wajib Diketahui

Berikut ini Kiky akan membahas 7 kode etik di perkantoran yang wajib kamu ketahui! Simak penjelasan berikut ini.

1. Otoritas

Otoritas merupakan sebuah hak ataupun wewenang yang diberikan kepada seseorang untuk melakukan sebuah tindakan. Setiap instansi bahkan pribadi seseorang pun pasti memiliki hak dan otoritasnya masing-masing, begitu pula halnya dengan ruang lingkup perkantoran. Dalam perkantoran, pasti terdapat seorang bos (leader) dan juga para karyawan yang tentunya juga memiliki otoritas yang berbeda-beda.

Sebagai seorang bos harus mengetahui keluh kesah dari para karyawannya dan tahu cara memperlakukan karyawannya dengan baik. Sebagai seorang karyawan juga harus mengetahui siapa saja yang menjadi atasannya dan tahu bagaimana cara menghormati atasan dan tidak berkelakuan berlebihan atau melewati batas ketika berinteraksi dengan atasan.

Selain itu, dalam ruang lingkup perkantoran pasti juga terdapat yang namanya persaingan. Jadi dalam bersaing kita harus bijak dalam menentukan mana yang menjadi kawan dan mana yang menjadi lawan. Untuk dapat menentukan siapa yang bisa menjadi kawan ataupun lawan, bisa dengan cara sering mengajak mereka untuk duduk bersama mendiskusikan suatu hal, dengan begitu kita akan lebih mengenal mereka.

2. Bukti Autentik

Dalam ruang lingkup perkantoran, pasti juga sering terjadi penyebaran rumor atau fitnah di kalangan karyawan. Sebagai seorang karyawan yang baik, haruslah mampu untuk membedakan mana informasi yang benar adanya sesuai dengan fakta dan mana informasi yang hoax (fitnah).

Dalam bekerja terutama bagi karyawan di bidang administrasi, harus mampu menyajikan berita-berita dan informasi ataupun data yang valid dan sesuai dengan fakta, bebas dari hoax, serta harus mampu untuk mempertanggungjawabkan semua informasi yang diberikan. Untuk dapat melakukan semua itu, tentunya seorang karyawan harus memiliki bukti autentik (bukti yang terpercaya).

3. Integritas

Integritas merupakan suatu sifat yang menggambarkan bahwa seseorang itu beribawa dan memiliki sifat jujur serta tanggung jawab. Sifat ini tentunya harus dimiliki oleh setiap karyawan yang ada di kantor.

Dengan memiliki sifat yang jujur dan bertanggung jawab tentunya akan meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap kita, terutama kepercayaan seorang atasan. Ketika kita berbuat salah dalam mengerjakan pekerjaan kantor, jangan melemparkan kesalahan tersebut ke orang lain, jujur dan bertanggung jawablah dalam menghadapi permasalahan tersebut.

4. Privacy

Setiap orang memiliki privacy (rahasia) yang harus dijaga dan tidak disebarluaskan. Begitu pula halnya dengan kantor atau perusahaan. Tentunya kantor juga memiliki rahasia yang harus dijaga dan tidak boleh disebarluaskan, karena rahasia yang disebarluaskan dapat menimbulkan rasa kurang nyaman dan bahaya yang mengancam karyawan bahkan perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu kita harus senantiasa menjaga privacy atau rahasia dari setiap karyawan, atasan dan juga perusahaan tempat kita bekerja.

5. Akses Kontrol

Setiap karyawan itu memiliki batas porsi dan akses kontrol dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya masing-masing. Karyawan yang satu tidak bisa mencampuri urusan pekerjaan karyawan yang lainnya, sebagai contoh pegawai dari bidang administrasi tidak bisa mengakses pekerjaan karyawan dari bidang HRD, begitu pula karyawan HRD tidak akan bisa mengakses pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan bidang administrasi.

Namun dalam suatu perusahaan ada bagian tertentu yang mendapatkan wewenang mengakses hal tersebut, misalkan seperti bagian dari supervisi dan pengawasan yang bertujuan untuk dapat mengontrol serta mengawasi pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan perusahaan.

6. Availability

Availability merupakan suatu sikap kesiapsediaan seseorang dalam menjalankan rutinitas tugas atau pekerjaannya. Ia harus siap jika sewaktu-waktu ada panggilan tugas yang harus dipenuhi, tanpa terkendala oleh waktu, cuaca, dan sebagainya. Misalkan suatu saat ada diadakannya rapat atau meeting secara mendadak, maka setiap karyawan harus siap sedia untuk mengikutinya.

7. Non-Repudiasi

Dalam menjadi seorang karyawan dari sebuah perusahaan, kita tidak boleh hanya mementingkan diri sendiri atau bahkan menjadi agen ganda. Maksudnya adalah kita harus bekerja demi kepentingan perusahaan bukan kepentingan diri sendiri. Selain itu kita juga tidak boleh menjual informasi yang ada dalam perusahaan kepada perusahaan pesaing lainnya, tentunya kita harus mampu menjadi orang yang dapat melakukan penyangkalan terhadap terjadi kebocoran informasi perusahaan.

11 Alasan Mengapa Kode Etik Di Kantor Itu Penting

manfaat dan alasan mengapa kode etik di kantor itu penting

Kode etik di kantor atau tempat kerja memiliki peranan yang sangat penting. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kode etik di kantor itu penting:

  1. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Profesional: Kode etik memastikan bahwa semua karyawan tahu apa yang diharapkan dari mereka, sehingga dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang profesional dan saling menghormati.
  2. Perlindungan Reputasi Perusahaan: Praktik bisnis yang tidak etis bisa merusak reputasi perusahaan dalam waktu singkat. Dengan kode etik yang jelas, perusahaan dapat melindungi nama baik dan reputasinya di mata publik dan pelanggan.
  3. Panduan dalam Pengambilan Keputusan: Kode etik memberikan kerangka kerja bagi karyawan untuk membuat keputusan yang sulit. Ini memberikan arah dan kejelasan dalam situasi yang membingungkan atau ambigu.
  4. Mencegah Konflik Kepentingan: Kode etik membantu mencegah konflik kepentingan dengan memberikan panduan tentang apa yang dianggap sebagai benturan kepentingan dan bagaimana cara menanganinya.
  5. Perlindungan Hukum: Dalam beberapa kasus, memiliki dan menegakkan kode etik dapat melindungi perusahaan dari tuntutan hukum atau sanksi oleh pihak berwenang.
  6. Membina Kepercayaan: Kode etik yang jelas dan konsisten dapat membantu membangun kepercayaan antara karyawan, manajemen, dan pemangku kepentingan lainnya.
  7. Mendorong Perilaku Positif: Sebuah kode etik tidak hanya tentang mencegah perilaku negatif, tetapi juga tentang mendorong perilaku positif, seperti kerjasama, integritas, dan dedikasi.
  8. Mempertahankan Standar Industri: Dalam banyak industri, ada standar etik tertentu yang perlu dipatuhi. Kode etik membantu perusahaan mematuhi standar ini dan memastikan bahwa mereka tetap kompetitif di pasar.
  9. Pertimbangan Moral dan Etis: Seiring dengan pertimbangan hukum, kode etik juga memastikan bahwa perusahaan beroperasi dengan integritas dan mempertimbangkan implikasi moral dari tindakan mereka.
  10. Mengurangi Risiko: Dengan menetapkan garis panduan perilaku, kode etik dapat membantu mengurangi risiko kesalahan, kelalaian, atau tindakan tidak etis oleh karyawan.
  11. Peningkatan Hubungan dengan Pelanggan dan Pihak Ketiga: Pelanggan dan mitra bisnis sering lebih suka bekerja dengan organisasi yang memiliki kode etik yang jelas dan transparan, karena ini menunjukkan komitmen terhadap integritas dan profesionalisme.

Dengan semua alasan ini, jelas bahwa kode etik adalah alat penting dalam memastikan bahwa suatu perusahaan beroperasi dengan cara yang bertanggung jawab, etis, dan efektif.

Nah sobat, itulah pembahasan lengkap tentang 7 kode etik di kantor (perusahaan) yang harus kamu ketahui. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah tentang postingan ini ya! Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

26 komentar untuk "7 Kode Etik Di Kantor (Perusahaan) Yang Wajib Diketahui"

  1. Comment Author Avatar
    Setuju banget mbak, kode etik perusahaan ini perlu kita terapkan dalam sehari-hari bekerja. Harus bisa membedakan mana ranah private dan perusahaan. Punya privacy masing-masing, jaga nama baik perusahaan juga. Manfaatnya banyak banget kita juga jadi dilatih buat bersikap profesional.
    1. Comment Author Avatar
      Benar banget kak! Kode etik itu kayak 'panduan' kita buat berperilaku di lingkungan kerja. Selain menjaga nama baik perusahaan, kita juga jadi lebih tau batasan dan etika dalam berkomunikasi sama rekan kerja. Selain itu, kita juga jadi lebih dihargai dan dianggap profesional sama kolega dan atasan. Semua orang juga jadi merasa nyaman dan terhormat di tempat kerja. 💼🙌
  2. Comment Author Avatar
    relate untuk beberapa poin dengan yang pernah saya alami selama kerja diperusahaan bertahun-tahun. menjaga kode etik yang tentu disesuaikan dengan SOP dan rules yang berlaku diperusahaan tersebut berdampak cukup besar terhadap perkembangan karir
    1. Comment Author Avatar
      Betul banget! Aku juga pernah merasakan hal yang sama selama aku kerja. Menjaga kode etik itu bukan cuma soal patuh sama aturan aja, tapi juga soal bagaimana kita dihargai dan dipercaya di lingkungan kerja. Dari situ, kita jadi punya peluang lebih besar buat naik karir. SOP dan rules itu emang ada bukan cuma buat ditaati, tapi juga buat membantu kita membangun integritas di mata kolega dan atasan. Jadi, semua yang kita lakuin emang harus selaras dengan prinsip-prinsip itu biar karir kita juga bisa berkembang dengan baik.
  3. Comment Author Avatar
    Terima kasih informasinya. Ternyata ada banyak kode etik yang perlu dijaga karena menyangkut reputasi perusahaan tempat bekerja juga.
    1. Comment Author Avatar
      Sama-sama! Iya betul banget, kode etik itu ga hanya penting buat individu tapi juga buat citra perusahaan. Semua karyawan sebaiknya memahami dan menjaga kode etik itu biar kerjaan tetap lancar dan perusahaan juga dapet reputasi baik. Selalu baik untuk kita sama-sama saling ingatkan soal ini. Stay professional ya! 👍
  4. Comment Author Avatar
    nah, kode etik ini merupakan hal penting dalam membuat pekerjaan kita lancar terutama dalam berinteraksi dengan sejawat dan orang lain dilingkungan pekerjaan
    1. Comment Author Avatar
      Bener banget, kak! Kode etik itu kayak kompas buat kita di tempat kerja. Ga cuma buat kita jadi profesional, tapi juga bikin hubungan dengan rekan kerja jadi lebih harmonis. Kalau semua orang patuh sama kode etik, pasti lingkungan kerja jadi lebih positif dan produktif. Salut buat yang selalu pegang teguh kode etik di kerjaannya! 👍💼
  5. Comment Author Avatar
    Masalah availability dan Non-repudiasi yang kadang bikin salah paham, sih. Banyak karyawan yang enggak mau dihubungi di luar jam kerja, juga menggunakan pengetahuannya tentang perusahaan untuk perusahaan lain
    1. Comment Author Avatar
      Setuju banget! Availability kadang jadi isu karena batasan antara waktu kerja dan waktu pribadi jadi kabur. Emang seharusnya ada batasan agar keseimbangan kerja dan hidup bisa terjaga. Soal non-repudiasi, bener juga. Perlu ada perjanjian kerahasiaan data biar informasi perusahaan ga disalahgunakan. Penting banget tuh buat perusahaan set boundary yang jelas sama karyawannya.
  6. Comment Author Avatar
    setujuuuu. di kantor ada kode etiknya sendiri yang jelas beda dengan lingkungan lain. selain untuk menjaga image perusahaan, juga menjaga diri sendiri supaya nggak sikut-sikutan hehe. karena dunia kerj aitu agak serem kalo lingkungannya kurang tepat hehe
    1. Comment Author Avatar
      Betul banget! Kode etik di kantor itu penting banget ya buat menjaga hubungan antar rekan kerja biar tetep harmonis. Kalau lingkungan kerjanya enak, otomatis semangat kerja kita juga ikutan up. Dan bener, dunia kerja tuh kadang kayak arena, kalo nggak hati-hati bisa jadi korban sikutan tanpa kita sadari. Makanya, saling menjaga etika dan respect itu penting banget deh! 🤝😊
  7. Comment Author Avatar
    Aku jadi keingetan jaman kerja dulu nih. Mana kerjanya di bawah tekanan lagi, wkwk.. Salut sih sama mereka yg bisa kerja sampe bertahun² dengan berbagai tuntutan kerjaan.
    1. Comment Author Avatar
      Wah, aku juga pernah tuh merasakan kerja di bawah tekanan, kayak roller coaster emosi aja setiap hari, hehe. Tapi emang itulah, kerjaan kayak gitu juga yang bikin kita jadi lebih kuat dan belajar banyak sih. Respect banget deh buat yang bisa tahan lama di situasi kerja yang demanding. Semoga sekarang situasinya lebih chill ya buat kamu! 😄🙌
  8. Comment Author Avatar
    Sebelum resmi menjadi karyawan di perusahaan, memang perlu tahu lebih dulu kode etik perusahaan, sehingga gak hanya jadi lebih deket dan membuat nyaman aja, tapi juga tercipta rasa kekeluargaan yang bikin asik bekerja
    1. Comment Author Avatar
      Betul banget! Selain kita jadi tahu batas-batasnya, kode etik juga membantu kita buat mengerti ekspektasi perusahaan dan gimana caranya kerja sama dengan rekan kerja dengan baik. Jadi, gak cuma masalah teknis kerjaannya aja, tapi juga soal bagaimana menjalin hubungan yang baik di lingkungan kantor. Jadi, ngerasa lebih 'homey' gitu pas kerja. 💼🤝
  9. Comment Author Avatar
    Jujur saya baru tahu kode etik ini secara tertulis beserta istilahnya. Biasanya hanya tahu secara umum tapi tidak mengacu pada istilah tersebut. Thanks sharingnya kak
    1. Comment Author Avatar
      Sama-sama, kak! Memang kadang-kadang kita sering ngelakuin atau tahu sesuatu tapi nggak sadar bahwa itu punya istilah atau kode tertentu. Yang penting sekarang udah lebih paham kan? Semoga informasinya bermanfaat buat ke depannya. Keep learning ya! 😊👍
  10. Comment Author Avatar
    Rahasia kantor (perusahaan) memang perlu dijaga. Sekarang mesti hati-hati sih, biar jangan semua hal dijadiin konten karena bisa saja tanpa sadar malah membocorkan rahasia kantor.
    1. Comment Author Avatar
      Betul banget! Di era digital kayak sekarang ini, seringkali kita pengen share banyak hal di media sosial, tapi kadang lupa batasannya apa yang boleh di-share dan apa yang enggak. Harus bener-bener pinter memilah dan bijak. Jangan sampe karena kepingin eksis malah bikin masalah di kantor. Safety first lah pokoknya buat informasi penting. 👍
  11. Comment Author Avatar
    Sebagai karyawan harus menghormati kode etik perusahaan, mana yg perlu di share mana yg perlu di keep aja. Soalnya aku menemukan pegawai baru ujicoba eeh kerjanya malah jelekin tmp.dia kerja (gustiyenifamtrip)
    1. Comment Author Avatar
      Betul banget, sih! Setiap perusahaan pasti punya kode etik dan norma yang harus dihormati. Nyesek juga ya denger ada yang baru masuk malah jelekin tempat kerja sendiri. Semoga aja dia cepet sadar dan bisa menyesuaikan diri. Kita yang udah lama di sini harus jadi contoh yang baik buat dia. Semangat terus ya kerjanya! 🤝🏼
  12. Comment Author Avatar
    Penting bgt loh mengetahui kode etik perusahaan spt ini. Biasanya kita tuh dikasih note khusus pas di surat kontrak sih. Do and dont-nya di perusahaan.

    Dulu di kantor lamaku, kontrak karyawannya ampe ga diperpanjang gara2 dia cmn ngetwit lagi sebel ama bos. Kerjaan bnyk tp bayaran ga dinaikin. Mgkn dia lupa/ga baca surat kontraknya sih. Mgkn mksd dia di sosmed bebas ngebacot krn itu privasi dia. Eh kantor berkata beda.
    1. Comment Author Avatar
      Betul banget! Seringkali kita lupa atau underestimate sama aturan yang ada di kontrak. Kita kadang kira, "Ah, di sosmed mah bebas, kan privasi aku." Tapi ya, emang harus hati-hati. Semua yang kita tulis di sosmed bisa jadi representasi diri kita di dunia nyata. Makanya, selalu baca dan pahami kontrak sebelum tanda tangan. Biar kerja aman, tenang, dan ga ada masalah di kemudian hari. Thanks ya udah share ceritanya, jadi pengingat banget buat kita semua! 😊📜🔍
  13. Comment Author Avatar
    Kode etik dalam perusahaan ternyata sangat harus diperhatikan yaa..
    Jangan sampai melanggar dan akhirnya terjebak dalam masalah. Karena sebagai pegawai, sudah seharusnya menjaga nama baik dimana ia berada dan bernaung.
    1. Comment Author Avatar
      Bener banget! Kode etik itu kayak kompas buat pegawai, supaya kita tau batasan dan arah yang bener di lingkungan kerja. Melanggar kode etik bukan cuma bikin nama baik diri sendiri rusak, tapi juga nama baik perusahaan. Setuju, harusnya kita semua jadi duta baik buat tempat kita kerja. Salut buat yang selalu patuh sama kode etik! 👍🏼📜