Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Kalender Di Dunia Dan Penjelasannya

jenis jenis kalender
Jenis-jenis kalender di dunia

KakaKiky - Informasi kalender yang kami sampaikan dalam artikel dibawah merupakan informasi yang kami dapatkan dari situs yang khusus membahas kalender www.enkosa.com. Semoga bermanfaat.

Kalender adalah sistem untuk penamaan periode waktu (seperti hari misalnya). Nama-nama ini dikenal sebagai tanggal kalender. Tanggal ini dapat didasarkan pada pergerakan benda langit seperti matahari dan bulan. Jenis Kalender yang digunakan pada umumnya adalah kalender matahari, kalender lunar, kalender lunisolar, dan kalender persetujuan. Berikut Adalah Jenis Jenis Kalender di Dunia

Apa saja jenis jenis kalender di dunia?

Di bawah ini adalah jenis-jenis kalender yang digunakan oleh Negara-negara dari berbagai belahan dunia:

1. Kalender Qibti

Kalender ini adalah penanggalan pada Mesir, dan masih digunakan dengan cara rahasia oleh para supernaturalis Islam di Mesir. Kalender ini memiliki banyak fungsi yaitu untuk mengetahui kapan seseorang meninggal, lahir, sembuh, dan lain sebagainya.

2. Kalender Jepang

Hingga pada akhir tahun ke-5 periode Meiji atau sekitar tahun 1872, Jepang masih menggunakan sebuah Kalender Tempō (Temporeki). Kemudian sejak tahun ke-6 di era Meiji atau 1 Januari 1873 Jepang sudah mulai menggunakan sistem Kalender Gregorian.

3. Kalender Maya

Kalender Maya adalah sebuah sistem kalender yang telah disusun oleh sebuah peradaban yang dikenal sebagai suku Maya. Kalender ini dibuat pada Baktun ke-6 (sekitar 747-353 SM). Masa kejayaan peradaban Maya yang hidup di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah, yang terjadi sekitar tahun 250-900 Masehi.

Satu siklus dalam sebuah perhitungan penanggalan ini memiliki sekitar panjang 260 hari yang terbagi di dalam 13 trecena dan juga lamanya waktu untuk setiap trecena adalah 20 hari lamanya. Meskipun tidak ada kepastian kapan awal hari ke-20 dari penanggalan ini, namun di dalam buku Chilam Balam terdapat referensi yang mana hari pertama adalah Imix.

4. Kalender Julian

Dalam kalender Julian, satu tahun rata-rata didefinisikan sebagai 365,25 hari. Bilangan 365,25 dapat dinyatakan dalam bentuk (3x365+ 1x366)/4. Karena itu dalam kalender Julian, ada juga tahun kabisat di setiap 4 tahun. Kalender Julian berlaku dari Kamis, 4 Oktober 1582 Masehi.

5. Kalender Gregorian

Paus Gregorius XIII mengubah setiap penanggalan Julian dengan menetapkan bahwa pada tanggal setelah Kamis, 4 Oktober 1582 M adalah Jumat, 15 Oktober 1582 M. Dengan demikian, tidak ada tanggal dari 5-14 Oktober 1582. Sejak 15 Oktober 1582 Masehi, kalender Gregorian mulai berlaku.

6. Kalender Hijriah

Kalender Hijriah atau di sebut juga Kalender Islam adalah sebuah kalender yang digunakan oleh seluruh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang telah berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya.

Kalender ini dinamakan Kalender Hijriah, karena tahun pertama penanggalan ini merupakan tahun terjadinya Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah yaitu pada tahun 622 M. Di beberapa negara mayoritas Muslim, Kalender Hijriah juga digunakan sebagai sistem penanggalan harian.

Kalender Islam menggunakan siklus bulan sebagai referensi. Dalam Kalender Hijriah, hari atau tanggal dimulai saat matahari terbenam yang ada di tempat itu. Satu tahun Kalender Hijriah adalah sekitar 11 hari lebih pendek dari satu tahun kalender Gregorian.

7. Kalender Saka

Kalender Saka adalah kalender yang berasal dari India. Kalender ini merupakan sebuah kalender syamsiah-kamariah (candra-solar) atau kalender luni-solar. Era Saka dimulai pada tahun 78 Masehi.

Satu tahun Saka dibagi menjadi dua belas bulan. Yaitu Srawanamasa, Bhadrawadamasa, Asujimasa, Kartikamasa, Margasimamasa, Posyamasa, Maghamasa, Phalgunamasa, Cetramasa, Wesakhamasa, Jyesthamasa, dan Asadhamasa.

8. Kalender Yahudi

Kalender Yahudi atau di sebut juga Kalender Ibrani adalah kalender yang digunakan oleh semua bangsa Yahudi. Kalender ini memiliki 12 bulan, yang mana setiap bulan berjumlah 29 atau 30 hari dan sekitar 354 hari setiap tahun.

Kalender Yahudi adalah sebuah kalender yang tertua yang pernah ditemukan dan disebut Sedar Olam yang dibuat oleh Rabi Yos ben Halafta. Perhitungan kalender ini berdasarkan pada setiap usia orang-orang yang tercatat dalam Alkitab dan 6 hari penciptaan.

Demikianlah informasi tentang Jenis-jenis kalender di Dunia dan penjelasannya. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang Kalender, Anda dapat mengunjungi situs referensi kami di www.enkosa.com. Terimakasih, semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Kalender Di Dunia Dan Penjelasannya "

Berlangganan via Email