Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Praktikum Biologi Tentang Reproduksi Sel

laporan praktikum biologi
Laporan praktikum biologi - Reproduksi Sel

KakaKiky - Pada kesempatan kali ini, kiky akan membahas tentang Laporan Praktikum Biologi dengan judul Reproduksi Sel. Laporan ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah cara menumbuhkan akar bawang dan cara mengamati reproduksi sel pada akar bawang bombai.. Berikut ini adalah bagian tujuan, teori, alat, bahan, cara kerja, dan pembahasan mengenai laporan reproduksi sel.

LAPORAN BIOLOGI TENTANG REPRODUKSI SEL

1.1 Tujuan

Tujuan dari laporan ini adalah untuk memahami bagaimana terjadinya proses dan fase-fase pembelahan sel, terutama secara mitosis.

1.2 Teori

Terdapat dua tipe sel yaitu prokariota dan eukariota. Sel prokariota umumnya berukuran lebih kecil dan mempunyai struktur lebih sederhana daripada sel eukariota. Perbedaan utama antara kedua jenis sel itu adalah bahwa materi genetik (DNA) sel prokariota tidak terletak dalam suatu struktur membran ganda yang disebut nukleus, sedangkan pada eukariota, semua materi genetiknya terdapat pada molekul DNA yang terdapat sebagai kromosom. Kromosom adalah struktur-struktur linear berjumlah banyak yang terletak di dalam nukleus.

Pada sel eukariota, pembelahan sel dapat terjadi dengan 2 cara yaitu, pembelahan meiosis dan mitosis. Meiosis terjadi pada pembentukan sel-sel kelamin, berlangsung dalam dua tingkat selama satu daur yaitu meiosis I dan meiosis II, terjadi pengurangan jumlah set kromosom pada sel anakan (n). Mitosis adalah pembelahan yang terjadi pada sel-sel tubuh. Pembelahan sel secara mitosis terdiri atas 4 fase, yaitu: Profase, Metafase, Anafase dan Telofase. Keempat tahap ini terjadi secara berkesinambungan. Sel anakan yang dihasilkan memiliki jumlah set kromosom yang sama dengan induknya (2n).

mitosis
Pembelahan sel secara mitosis

Tahap profase dimulai dengan menebal dan memendeknya benang-benang kromatin sehingga kromosom terlihat jelas dan diakhiri dengan menghilangnya membran inti, nukleolus dan kromosom berada bebas di dalam sitoplasma dengan menggantung di dalam sentromernya. Tahap metafase ditandai dengan kromosom yang tersusun pada bidang equator, selanjutnya tahap anafase, kromosom terpisah pada sentromer menuju ke masing-masing kutub yang berlawanan (kromatid). Tahap telofase merupakan tahap terakhir dari mitosis, kromatid mendekati kutub sel dan mulai memanjang membentuk benang kromatin serta mulai membentuk membran inti dan terbentuk lempeng sel menjadi 2 sel anak.

1.3 Alat dan Bahan

Berikut ini adalah alat-alat yang digunakan dalam mengerjakan praktikum reproduksi sel:

  1. Mikroskop Biologi
  2. Kaca Benda (Object Glass) dan Kaca Penutup (Cover Glass)
  3. Pisau Silet tajam
  4. Pinset
  5. Lampu Spiritus

Berikut ini adalah bahan-bahan yang digunakan dalam mengerjakan praktikum reproduksi sel:

  1. Akar Bawang Bombay (Allium cepa)
  2. Larutan HC1 I M
  3. Safranin
  4. Aquadest
  5. Kertas Saring
  6. Tusuk Gigi (Lidi)

1.4 Cara Kerja

A. Cara Menumbuhkan Akar Bawang

akar bawang merah
Pict from FDokumen

  1. Bagian akar dibersihkan, bawang dikupas kulitnya
  2. Bawang ditusuk horizontal pada bagian tengah menggunakan tusuk gigi
  3. Bawang diletakkan di atas permukaan botol aqua gelas yang diisi air penuh, tunggu beberapa hari hingga akarnya tumbuh.

B. Cara Mengamati Reproduksi Sel Pada Akar Bawang

  1. Ujung akar bawang merah sepanjang 2 mm dimasukkan ke dalam larutan HCl 1M dan dibiarkan terendam selama 5-10 menit untuk melunakkan jaringan akar tumbuhan
  2. Ujung akar dibersihkan dengan akuades sampai 3 kali, kemudian diambil dengan pinset dan diletakkan di atas kaca benda
  3. Ditutup dengan kaca penutup dan dipencet dengan menggunakan kuku
  4. Kaca benda yang berisi preparat dilintasi di atas lampu spiritus 2 sampai 3 kali agar terjadi proses fiksasi
  5. Preparat diamati di bawah mikroskop dengan pembesaran lemah untuk mencari posisi, jika sudah terlihat difokuskan dengan pembesaran kuat 40.

reproduksi sel
Reproduksi sel

Keterangan:

  1. Benang-benang kromatin
  2. Kromosom
  3. Kromatid
  4. Plat Sel

1.5 Pembahasan

  1. Profase, dimulai dengan menebal dan memendeknya benang kromatin sehingga kromosom terlihat dengan jelas dan diakhiri dengan menghilangnya membran inti, nukleous dan kromosom berada bebas dalam sitoplasma dan menggantung di dalam sentromernya
  2. Metafase, ditandai dengan kromosom yang tersusun pada bidang equator
  3. Anafase, Kromosom terpisah pada sentromernya menuju masing-masing kutub yang berlawanan (kromatid)
  4. Telofase, kromatid mendekati kutub sel dan mulai memanjang membentuk benang kromatin serta membran inti dan membentuk lempeng sel menjadi 2 sel anakan.
  5. HCl digunakan untuk melunakkan jaringan akar tumbuhan
  6. Fiksasi adalah mengehntikan proses pembelahan sel
  7. Safranin memberikan warna pada preparat
  8. Aquadest membersihkan akar bawang dari HCl.

Itulah Pembahasan laporan Biologi tentang reproduksi sel, semoga dapat bermanfaat untuk dijadikan sebagai contoh bagi sobat semua yang sedang berjuang membuat laporan. Cukup sekian postingan kali ini, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Laporan Praktikum Biologi Tentang Reproduksi Sel"