Materi Lengkap Tentang Pendekatan Saintifik (Scientific)

materi pendekatan saintifik
Pendekatan Saintifik dan Proses Pembelajaran

KakaKiky - Pada artikel kali ini akan dibahas materi tentang pendekatan scientific (saintifik) dan proses pembelajaran. Materi yang dibahas di bawah ini lengkap dengan power point yang bisa di download secara gratis. Silahkan baca materi di bawah dengan seksama untuk mendapatkan pemahaman materi yang baik.

Apa itu pendekatan saintifik?

Pendekatan saintifik merupakan pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam  membangun pengetahuan melalui metode ilmiah. Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal dan memahami berbagai materi  menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak tergantung pada informasi searah dari guru saja.

Model pembelajaran yang diperlukan dalam pendekatan saintifik

  1. Memungkinkan berkembangnya kecakapan berpikir sains,
  2. Berkembangnya sense of inquiry,
  3. Kemampuan berpikir kreatif siswa.

Proses Pembelajaran dalam Pendekatan Scientific

Penerapan pendekatan saintifik/ilmiah dalam proses pembelajaran menuntut adanya perubahan setting dan bentuk pembelajaran tersendiri yang berbeda dengan pembelajaran konvensional.

Metode pembelajaran yang dipandang sejalan dengan prinsip-prinsip pendekatan saintifik/ilmiah, antara lain :

  1. Problem based learning,
  2. Project based learning,
  3. Inquiry,
  4. Group Investigation.

Tiga Prinsip Utama Pendekatan Saintifik

Menurut Majid A. Dan Chaerul Rochman, Tiga Prinsip Utama Pendekatan Saintifik Sebagai Berikut:

1. Belajar siswa aktif.

Dalam hal ini metode yang digunakan termasuk inquiry-based learning atau belajar berbasis penelitian, cooperative learning atau belajar berkelompok, dan belajar berpusat pada siswa.

2. Assessment

Mengandung makna bahwa pengukuran kemajuan belajar siswa dibandingkan dengan target pencapaian tujuan belajar.

3. Keberagaman

Mengandung makna bahwa dalam pendekatan ilmiah mengembangkan pendekatan keragaman.

Langkah-Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific (Ilmiah)

Berikut adalah langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang wajib diketahui:

1. Mengamati

Kegiatan mengamati mengutamakan kebermaknaan dalam proses pembelajaran (meaningful learning). Metode mengamati sangat bermanfaat bagi pemenuhan rasa ingin tahu peserta didik, sehingga proses pembelajaran memiliki kebermaknaan yang tinggi.

2. Bertanya

Kegiatan bertanya dapat mendorong dan menginspirasi peserta didik untuk aktif belajar, serta mengembangkan pertanyaan dari dan untuk dirinya sendiri.

3. Mencoba

Untuk memperoleh hasil belajar yang nyata atau otentik, peserta didik harus mencoba atau melakukan percobaan, terutama untuk materi atau subtansi yang sesuai. Aplikasi metode eksperimen / mencoba dimaksudkan untuk mengembangkan berbagai ranah tujuan belajar .

4. Mengolah

Peserta didik sedapat mungkin dikondisikan belajar secara kolaboratif. Peserta didik saling bekerja sama, saling membantu mengerjakan hasil tugas terkait dengan materi yang sedang di pelajari. Hasil tugas dikerjakan bersama dalam satu kelompok untuk kemudian dipresentasikan atau dilaporkan kepada guru.

5. Menalar

Penalaran adalah proses berpikir yang logis dan sistematis atas fakta-fakta empiris yang dapat di observasi untuk memperoleh simpulan berupa pengetahuan.

6. Menyimpulkan

Kegiatan menyimpulkan dapat dilakukan peserta didik secara individu ataupun kelompok setelah mendapatkan informasi/pengetahuan yang berisi tentang tentang inti dari pengetahuan yang telah didapatkan.

7. Menyajikan

Peserta didik dapat menyajikan tugas yang telah dikerjakan bersama-sama dalam bentuk laporan tertulis dan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan untuk tugas kelompok dan atau individu.

8. Mengkomunikasikan

Pada kegiatan akhir diharapkan peserta didik dapat mengkomunikasikan  hasil pekerjaan yang telah di susun baik secara bersama-sama dalam kelompok dan atau secara individu dari hasil kesimpulan yang telah dibuat bersama.

Nah sobat, itulah pemaparan materi tentang pendekatan saintifik dan proses pembelajaran lengkap dengan PPT yang bisa di download. Semoga materi ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membaca. Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and be Prepared!

CLOSE ADS
CLOSE ADS