Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecat Dan Merawat Tembok Eksterior Agar Tahan 15 Tahun

Sunguard All-In-One
Cara mengecat dan merawat tembok

KakaKiky - Desain eksterior seringkali diabaikan karena kebanyakan orang lebih memilih fokus pada desain interior. Padahal kalau dipikirkan kembali, desain eksterior justru sama pentingnya dengan desain interior karena desain eksterior merupakan bagian terdepan dan yang pertama kali dilihat oleh orang yang lewat atau tamu yang berkunjung ke rumah. Jika luarnya saja sudah bagus dan di desain dengan menarik, maka orang-orang pasti akan berpikir kalau dalamnya juga akan menarik.

Salah satu komponen terpenting dari desain eksterior adalah warna cat tembok eksterior, di mana dalam memilih cat untuk tembok tersebut harus dilakukan dengan teliti. Kita tidak bisa menyamakan jenis cat interior dan eksterior karena keduanya memiliki tingkat ketahanan yang berbeda. Memilih cat tahan lama akan membuat warna tembok eksterior lebih terawat dan tidak mudah pudar meski dalam cuaca ekstrim sekalipun.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengecat dan merawat tembok eksterior agar tetap tahan bahkan hingga 15 tahun. Berikut pembahasan selengkapnya!

Cara Mengecat Tembok Eksterior Agar Tahan Lama

Tembok eksterior biasanya memiliki permasalahan dinding yang gampang lembab dan bocor hingga mengganggu rumah bagian dalam. Selain itu, warna cat yang gampang pudar dan retak juga menjadi permasalahan yang penting untuk diperhatikan, karena selain membuat tampilan eksterior rumah jadi jelek juga akan cepat merusak tembok.

Lakukan beberapa hal di bawah ini ketika mengecat agar tembok eksterior rumah kamu lebih terawat dan terhindar dari kerusakan-kerusakan.

1. Sesuaikan jenis cat dengan material bangunan tembok eksterior

perhatikan penggunaan cat pada material bangunan

Tidak semua rumah yang dibangun itu terbuat dari material batu bata dan semen, namun juga ada yang terbuat dari bambu, kayu, atau batu alam. Masing-masing jenis material tersebut tentunya membutuhkan jenis cat yang berbeda karena karakter material nya berbeda. Jadi intinya jangan menyamakan jenis cat untuk setiap material bangunan.

2. Perhatikan pencahayaan saat memilih warna cat

cara memilih cat untuk pencahayaan yang tepat

Lampu ruangan dan cahaya matahari sangat mempengaruhi berbedanya level warna cat yang kita pilih. Agar warna yang diinginkan terlihat lebih akurat, sebaiknya pilihlah warna cat tembok eksterior dengan cahaya yang alami di luar ruangan. Jika memungkinkan mintalah sampel warna cat asli yang sudah dioleskan di tutup kaleng cat atau lembar kertas, jangan hanya melihat warna dari katalognya saja.

3. Hapus cat lama yang masih menempel

Jika cat lama yang kamu gunakan adalah cat dengan kualitas yang bagus, maka tidak menjadi masalah jika kamu menimpa cat tersebut dengan yang baru. Namun, akan menjadi masalah jika cat lama merupakan cat yang tidak bagus kualitasnya, jika langsung ditimpa begitu saja maka cat yang baru dengan kualitas bagus pun akan ikut cepat lekang atau mengelupas karena tidak bisa merekat dengan baik. Jadi, pastikan kamu menghapus sisa cat dengan kualitas yang jelek sebelum mengaplikasikan cat yang baru ya!

4. Perhatikan kondisi cuaca saat mengecat dinding rumah

Pemilihan waktu dan cuaca saat mengecat sangatlah penting karena kebanyakan cat eksterior itu butuh waktu beberapa jam untuk kering dengan sempurna. Mengecat di saat musim kemarau lebih direkomendasikan karena dapat menghindari cuaca yang hujan tiba-tiba saat kamu sedang mengecat, sehingga proses pengeringan lebih cepat dan tahan lama.

5. Penting untuk mengetahui spesifikasi cat tembok eksterior

Tembok eksterior merupakan bagian luar bangunan yang akan selalu bertarung dengan cuaca yang ekstrem, oleh karena itu kamu harus memastikan untuk memilih cat eksterior yang tahan terhadap cuaca ekstrem.

Tidak hanya tahan akan air, tapi pilihlah cat yang merekat dengan sempurna, tidak mudah retak, tidak mudah mengelupas, tidak mudah menggelembung, anti jamur, anti lumut, dan tidak mudah pudar. Dengan memilih cat yang memiliki spesifikasi ini akan menghemat biaya untuk perawatan rumah karena tembok akan lebih tahan lama dan terawat dengan baik.

Kabar baiknya, semua spesifikasi cat yang telah disebutkan di atas sudah ada pada cat tembok eksterior Sunguard All-In-One dari Avian Brands sehingga jika kamu menginginkan cat tembok yang awet dan tahan lama kamu bisa mencoba produk dari brand yang satu ini.

Sunguard All-In-One Cat Tembok Eksterior Super Awet Dari Avian Brands

Sunguard All-In-One merupakan cat dinding eksterior yang akan memberikan perlindungan penuh dengan UV Shield PRO yang dapat menahan sinar UV dan menolak sinar infra merah dari matahari hingga 90%.

Sunguard All-In-One

Berikut adalah beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan cat tembok Sunguard All-In-One dari Avian Brands:

  1. Cat awet yang akan melindungi dinding atau tembok rumah kamu hingga 15 tahun
  2. Teknologi UV Shield Pro dapat menahan 90% sinar UV matahari dan menolak sinar infra merah sehingga dapat menurunkan suhu ruangan hingga 5°C, menjaga warna tembok tetap cerah seperti baru dan tidak mudah pudar.
  3. Cat bersifat elastomeric sehingga mampu merenggang hingga 150% untuk mencegah munculnya retak rambut pada cat tembok akibat paparan cuaca yang ekstrem.
  4. Teknologi self cross link yang bekerja secara aktif pada cat akan membentuk lapisan polimer yang semakin kuat menyatu ketika terpapar sinar UV matahari, sehingga warna cat tetap cerah hingga 15 tahun lamanya.
  5. Tahan terhadap segala macam cuaca ekstrem.

Nah sobat, setelah membaca artikel di atas tentang bagaimana cara mengecat dan merawat tembok eksterior agar tahan hingga 15 tahun diharapkan kamu dapat memahami akan pentingnya pemilihan cat untuk tembok eksterior. Dengan memilih cat yang tepat, kamu akan mampu menghemat uang untuk perawatan kerusakan pada dinding. Gunakanlah produk Sunguard All-In One dari Avian Brands untuk cat tahan lama.

#WarnaTetapCerah15Tahun

#SunguardAll-In-One

#CatEksterior

Posting Komentar untuk "Cara Mengecat Dan Merawat Tembok Eksterior Agar Tahan 15 Tahun"