Kapan Hari Ayah? Berikut Sejarah Hari Ayah Nasional Di Indonesia

kapan hari ayah di indonesia
Kapan Hari Ayah Nasional?

KakaKiky - Kapan hari ayah nasional diperingati? Tentunya hal ini menjadi pertanyaan yang cukup ramai diperbincangkan mengingat ada peringatan hari ibu, tentunya juga ada peringatan hari ayah.

Nah, di Indonesia sendiri juga rutin memperingati hari Ayah setiap tahunnya. Jika kamu ingin tahu kapan peringatan hari ayah dan bagaimana sejarah lengkapnya, silahkan baca penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Tanggal Peringatan Hari Ayah Nasional

Di Indonesia, hari ayah diperingati setiap tanggal 12 November. Sama halnya dengan hari ibu, hari ayah juga ditujukan untuk menghormati dan menghargai sosok seorang ayah yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk merawat dan membesarkan anak-anaknya.

Secara internasional, hari ayah diperingati setiap tanggal 19 Juni dan biasa disebut dengan Father’s Day.

Sejarah Hari Ayah Nasional Di Indonesia

Hari Ayah di Indonesia lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang disebut dengan Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Pada tahun 2006, PPIP menggelar sebuah event menulis surat untuk ibu. Acara tersebut disambut dengan cukup baik dan mendapatkan sekitar 70 surat terbaik yang selanjutnya dibukukan.

Berawal dari pertanyaan peserta

Setelah acara tersebut selesai, PPIP mendapatkan pertanyaan dari para peserta, “Kapan peringatan hari ayah?”, “Kapan diadakan sayembara menulis surat untuk ayah?”.

Sontak, pertanyaan-pertanyaan tersebut menggugah hati PPIP untuk mencari tahu kapan hari ayah diperingati di Indonesia.

PPIP mencari tahu kapan hari ayah

PPIP berusaha mencari informasi hingga melakukan audiensi ke DPRD Kota Surakarta. Mereka menanyakan kapan hari ayah di Indonesia, jika belum ada apakah boleh seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai hari ayah?

Namun, saat itu PPIP tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan sehingga akhirnya melakukan kajian yang cukup panjang. Setelah itu mereka memutuskan untuk menetapkan bahwa Hari Ayah Nasional jatuh pada tanggal 12 November.

Deklarasi itu digabung dengan hari kesehatan dengan semboyan “Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”. Di hari yang sama, Maumere, Flores, NTT mendeklarasikan hari ayah dengan meluncurkan buku “Kenangan untuk ayah” yang berisikan 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari sayembara Menulis Surat untuk ayah.

Penyerahan piagam penghargaan kepada SBY

Setelah melakukan deklarasi hari ayah, PPIP mengirimkan buku yang telah diluncurkan kepada Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono sebagai bentuk piagam penghargaan. Selain itu piagam tersebut juga dikirimkan kepada Bupati di 4 penjuru Indonesia, yaitu Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Apakah Hari Ayah termasuk hari libur?

Hari ayah yang ditetapkan pada tanggal 12 November bukan merupakan hari libur nasional. Hal ini didasarkan pada SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Pasang Twibbon Hari Ayah Nasional Tahun 2022

Bagi kamu yang ingin merayakan hari Ayah nasional, silahkan pasang twibbon hari ayah di link berikut ini: Twibbon Hari ayah.

Nah sobat, itulah penjelasan tentang kapan hari ayah nasional dan sedunia lengkap dengan sejarahnya yang harus kamu ketahui. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di bawah ya! Wassalamu’alaikum and Be Prepared!