Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Materi Fisika - Gerak Jatuh Bebas

rangkuman materi fisika tentang gerak jatuh bebas
Rangkuman Fisika - Gerak Jatuh Bebas

KakaKiky - Sebelum melakukan percobaan atau praktikum fisika, biasanya praktikan diharuskan untuk membuat catatan ringkas pada logbook agar lebih memahami praktikum yang akan dilakukan. Untuk menghemat waktu yang kamu miliki, berikut ini KakaKiky sediakan rangkuman materi praktikum fisika tentang gerak jatuh bebas.

A. Gerak Jatuh Bebas

Gerak jatuh bebas atau GIB adalah salah satu bentuk gerak lurus dalam satu dimensi yang hanya dipengaruhi oleh adanya gaya gravitasi. Variasi gerak ini adalah gerak jatuh dipercepat dan gerak pelurus.

Benda yang bergerak jatuh bebas akan mengalami percepatan yang sama, yaitu a = g, di mana g adalah percepatan gravitasi (9.8 m/s^2 di permukaan Bumi). Gerak jatuh bebas dapat digambarkan dengan persamaan y = 1/2gt^2, di mana y adalah ketinggian benda, g adalah percepatan gravitasi, dan t adalah waktu yang dibutuhkan benda untuk jatuh dari ketinggian y.

Secara umum, gerak yang hanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi memiliki bentuk:

Y = V0 . t + ½ gt2

Karena gerak jatuh bebas maka:

H = V0 . t + ½ gt2

Di mana:

  • t = waktu (s)
  • y = posisi pada saat t (m)
  • v0 = kecepatan awal (m/s)
  • g = percepatan gravitasi (m/s2)

Akan tetapi khusus untuk GIB diperlukan syarat tambahan yaitu v0 = 0

Sehingga rumusan di atas akan menjadi:

h = ½ gt2

1. Analogi Gerak Jatuh Bebas

Analogi yang dapat digunakan untuk menjelaskan gerak jatuh bebas adalah benda yang dijatuhkan dari ketinggian tertentu, seperti bola yang dijatuhkan dari atas bangunan atau bukit. Benda tersebut akan terus jatuh ke bawah dengan percepatan yang sama, tanpa terpengaruh oleh gaya lain selain gaya gravitasi.

Analogi lainnya adalah benda yang dijatuhkan dari pesawat pada saat paragliding. Benda tersebut akan jatuh bebas ke tanah tanpa ada gaya yang mencegah atau memperlambat geraknya, karena hanya ditentukan oleh gaya gravitasi saja.

Dalam penerapan praktis, gerak jatuh bebas dapat ditemukan pada benda yang jatuh dari ketinggian di atmosfer tanpa adanya hambatan seperti sayap atau paragliding.

2. Rumus Gerak Jatuh Bebas

Rumus gerak jatuh bebas dapat ditentukan dengan menggunakan hukum Newton II (F = ma) dan hukum gravitasi (F = m*g).

  • Percepatan (a) : a = g (percepatan gravitasi, 9.8 m/s^2 di permukaan Bumi)
  • Kecepatan (v) : v = g*t (di mana t adalah waktu yang dibutuhkan benda untuk jatuh)
  • Jarak (s) : s = 1/2gt^2 (di mana t adalah waktu yang dibutuhkan benda untuk jatuh dari ketinggian y)
  • Waktu (t) : t = √(2s/g)
  • Kecepatan pada saat t = 0 : vₒ = 0 (karena benda tidak memiliki kecepatan awal)

Semua rumus diatas merupakan rumus gerak jatuh bebas yang diperoleh dari hukum fisika yang berlaku dan merupakan rumus yang dapat digunakan untuk menentukan pergerakan objek yang hanya ditentukan oleh gaya gravitasi.

B. Ciri-Ciri Gerak Jatuh Bebas

Beberapa ciri-ciri gerak jatuh bebas yang dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut:

  1. Percepatan yang sama: Benda yang bergerak jatuh bebas akan mengalami percepatan yang sama, yaitu a = g, di mana g adalah percepatan gravitasi (9.8 m/s^2 di permukaan Bumi).
  2. Kecepatan yang terus meningkat: Benda yang bergerak jatuh bebas akan terus meningkat kecepatannya selama jatuh.
  3. Jarak yang terus meningkat: Benda yang bergerak jatuh bebas akan menempuh jarak yang terus meningkat selama jatuh.
  4. Tidak ada gaya yang mencegah atau memperlambat gerak: Gerak jatuh bebas hanya ditentukan oleh gaya gravitasi, sehingga tidak ada gaya lain yang mencegah atau memperlambat gerak benda.
  5. Kecepatan pada saat t = 0 : vₒ = 0 (karena benda tidak memiliki kecepatan awal)
  6. Gerak yang beraturan: gerak jatuh bebas merupakan gerak yang beraturan, yaitu gerak yang ditentukan oleh hukum-hukum fisika yang berlaku dan dapat ditentukan dengan rumus-rumus yang ada.

Nah sobat, itulah ringkasan materi untuk praktikum fisika tentang gerak jatuh bebas. Semoga ringkasan materi tersebut dapat bermanfaat dan membantu kamu menghemat waktu dalam menulis. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar di bawah, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi Fisika - Gerak Jatuh Bebas"