4 Tips Mewujudkan Resolusi 2023 Dapat Kerja Untuk Pejuang Karir

tips mewujudkan resolusi tahun 2023 agar segera dapat kerja

KakaKiky - Buat kamu yang fresh graduate atau baru lulus kuliah di tahun 2022-2023, resolusinya pasti ingin mendapatkan pekerjaan untuk memulai karir dan mengaplikasikan semua ilmu yang dipelajari saat kuliah, kan? Nah Karir.ai akan memberi kamu tips nih untuk mewujudkan resolusi 2023 agar bisa dapet kerja.

1. Membangun Relasi

Membangun relasi dengan teman seperjuangan, dosen atau pun kenalanmu yang lain sangatlah penting karena pekerjaan bisa saja di informasikan oleh mereka. Kamu juga harus mencari relasi dari karyawan-karyawan yang telah bekerja di perusahaan yang kamu minati agar bisa tahu informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan/perkantoran tersebut.

2. Mencari lowongan pekerjaan secara on-line

Di era digital seperti sekarang menjadikan mencari lowongan pekerjaan semakin mudah yaitu dengan mencarinya secara on-line dari berbagai platform seperti media sosial atau job marketplace populer seperti jobstreet, jobsdb, glints, dan lain-lain.

cara mencari lowongan pekerjaan secara online

Kamu bisa dengan mudah mencari menggunakan kata kunci yang lebih spesifik dengan formula ‘nama profesi + nama kota + nama perusahaan’ misalnya ‘loker akuntansi bandung’ atau ‘lowongan staf admin unilever bogor’ maka kamu akan mendapatkan hasil loker sesuai dengan profesi di daerah tertentu atau spesifik pekerjaan di perusahaan yang kamu minati.

3. Fokus mencari pekerjaan sesuai skill

Kamu sebaiknya menggali kembali minat bakat yang ada dalam diri, soft skill apa saja yang kamu miliki dan bagaimana kepribadianmu? Hal ini harus kamu persiapkan sebelum kamu masuk ke proses wawancara kerja. Biasanya HRD akan menanyakan apa minat bakatmu dan bagaimana kepribadianmu, dan hal tersebut harus kamu cantumkan di CV juga.

Nah, untuk kamu yang masih bingung dengan hal ini, kamu bisa cek kepribadian dan minat bakat kamu dengan test psikometri atau tes minat bakat secara on-line dari Karir.ai. Tes psikometri online ini telah digunakan oleh 130+ perusahaan di Indonesia dan dapat kamu gunakan untuk membantu menemukan bakat, potensi dan minat terpendam dalam diri kamu.

4. Buat CV ATS Friendly

Era teknologi di tahun 2023 semakin berkembang, kini banyak perusahaan yang menyeleksi calon karyawannya dengan menggunakan sistem ATS (Applicant Tracking System). Sistem ini digunakan untuk mengelola lowongan pekerjaan, menyimpan data pelamar, hingga melakukan tracking pelamar mana yang berhasil lolos ke tahap seleksi selanjutnya.

cv ats friendly maker

Hal ini untuk memudahkan perusahaan agar tidak perlu membuka satu persatu ratusan bahkan ribuan CV yang masuk ke e-mail perusahaan. Nah, kamu ditantang untuk membuat CV yang ATS friendly agar CV mu bisa masuk seleksi untuk proses tahapan selanjutnya. Saatnya kamu memanfaatkan fitur canggih dari Karir.Ai yaitu CV maker yang sudah teruji ATS Friendly.

CV maker ini akan membantu kamu mengoptimasi CV kamu dengan cara membandingkan hard skill dan soft skill yang kamu miliki dengan kebutuhan lowongan pekerjaan yang ingin kamu tuju. Dengan bantuan AI (kecerdasan buatan) sistem di karir.ai akan membantu kamu menemukan kata kunci yang tepat untuk ditambahkan pada CV kamu, sehingga CV mu memiliki kesempatan lolos sistem ATS perusahaan lebih besar, dan dapat dipanggil ke tahap seleksi selanjutnya.

Ayo tunggu apa lagi, segera action supaya resolusi kamu untuk mendapatkan pekerjaan impian di tahun 2023 ini dapat sergera terwujud. Cukup sekian artikel singkat kali ini, semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin mewujudkan impian di tahun 2023. Wassalamu’alaikum and Be Prepared!