7 Daftar Buah untuk Sariawan yang Ampuh & Aman Dikonsumsi

rekomendasi buah yang ampuh obati sariawan dan aman dikonsumsi

KakaKiky - Selain minum obat, salah satu cara menyembuhkan sariawan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Adapun buah untuk sariawan sangatlah beragam.

Misalnya, buah-buah yang kaya akan vitamin C. Buah jenis ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa bantu proses penyembuhan sariawan lebih cepat.

Selengkapnya, mari simak artikel ini baik-baik untuk mengetahui daftar buah yang ampuh dan aman  dikonsumsi saat sariawan!

7 Buah untuk Sariawan

tujuh buah ampuh obati sariawan

Sariawan adalah luka peradangan yang biasanya muncul di dalam mulut, bibir, dan juga lidah.

Diketahui, sariawan bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi yang berupa asam folat, vitamin B3, zinc, dan vitamin B12.

Jadi, salah satu cara mengobati sariawan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi buah-buahan. Adapun buah untuk sariawan adalah sebagai berikut:

1. Apel

Pertama, buah untuk sariawan lidah dan mulut adalah apel yang kaya akan fenolik. Diketahui, fenolik dalam apel bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel.

Di sisi lain, apel juga memiliki kandungan antimikroba yang dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

Adapun cara menyembuhkan sariawan dengan buah ini yaitu dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus.

2. Alpukat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sariawan bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi, salah satunya yaitu zinc. Karenanya, alpukat adalah salah satu buah yang ampuh untuk menyembuhkan sariawan.

Sebab, buah satu ini memiliki kandungan zinc yang tinggi, yaitu sebesar 0,8 milligram. Di mana jumlah ini bisa memenuhi 7% kebutuhan tubuh akan zinc setiap harinya.

Lebih dari itu, kandungan zinc dalam buah apel bisa bantu tubuh memperbaiki jaringan yang rusak akibat peradangan. Sehingga, sariawan bisa segera sembuh.

3. Semangka

Selanjutnya, buah untuk sariawan dan panas dalam yaitu semangka. Hal ini dikarenakan buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi.

Sehingga, makan buah semangka bisa memberikan efek rasa nyaman dalam mulut. Selain itu, mengonsumsi semangka juga diketahui dapat meredakan nyeri sariawan.

4. Mangga

Mangga diketahui mengandung banyak nutrisi, di antaranya yaitu selenium, magnesium, potassium, asam folat, vitamin C, vitamin B1, dan B2.

Dengan kandungan tersebut, mangga diketahui sebagai buah yang bisa bantu menyembuhkan sariawan. Caranyai, buah mangga bisa dikonsumsi secara langsung atau dijadikan jus.

5. Pisang

Buah untuk sariawan selanjutnya yaitu pisang. Buah ini diketahui mengandung antioksidan dan vitamin C.

Di mana, antioksidan bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel. Sementara vitamin C baik untuk sistem kekebalan tubuh agar tetap optimal.

Dengan kandungan tersebut, tubuh bisa melawan infeksi jamur penyebab sariawan, sehingga kondisinya akan membaik.

Adapun cara mengobati sariawan menggunakan buah pisang yang efektif adalah mengonsumsi dengan campuran madu.

6. Buah Pir

Diketahui, pir merupakan buah yang aman dikonsumsi saat sariawan karena memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin.

Adapun kandungan buah pir, yaitu vitamin C, kalsium, niacin, vitamin A, zat besi, fosfor, vitamin B1, dan B2.

Beberapa kandungan tersebut bisa bantu mengurangi peradangan sariawan dan baik untuk kesehatan mulut secara keseluruhan.

7. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang diketahui bisa bantu mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Kiwi sendiri memiliki beberapa kandungan nutrisi, salah satunya yaitu vitamin C yang terkenal bagus untuk sistem imun.

Adapun cara mengobati sariawan menggunakan buah kiwi adalah mengonsumsinya setiap hari, dengan makan setengah potong di pagi dan malam hari.

Itulah sederet buah untuk sariawan yang ampuh dan aman dikonsumsi. Sebagai informasi tambahan, buah yang aman untuk sariawan tidak berasa asam. Sebab, buah yang berasa asam bisa memperparah kondisi sariawan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi

  • https://www.homeremediespro.com/remedies/mouth-ulcer-home-remedy
  • https://www.sehatq.com/artikel/buah-untuk-sariawan
  • https://www.orami.co.id/magazine/buah-untuk-sariawan