Belajar Eksepsi Python: Menggunakan Try Dan Except

cara menggunakan try dan except di python

KakaKiky - Dalam perjalanan mempelajari pemrograman, kita akan seringkali menemui situasi di mana program tidak berjalan sebagaimana mestinya dan menghasilkan kesalahan. Python, seperti bahasa pemrograman lainnya, memiliki mekanisme untuk menangani situasi ini dengan menggunakan apa yang disebut penanganan eksepsi.

Penanganan eksepsi memungkinkan programmer mengantisipasi dan merespons kesalahan dalam kode dengan cara yang terkontrol. Pada materi Python untuk pemula ini akan membahas bagaimana mengimplementasikan penanganan eksepsi di Python dengan menggunakan pernyataan try dan except.

Pengertian Eksepsi

Eksepsi adalah kesalahan yang terjadi selama eksekusi program. Ketika eksepsi terjadi, program akan berhenti dengan segera dan menghasilkan pesan kesalahan, kecuali jika kesalahan tersebut ditangani dengan spesifik.

Cara Menggunakan Try dan Except Di Python

Konsep dasar dari penanganan eksepsi adalah "mencoba" blok kode dan "menangkap" kesalahan yang mungkin muncul. Ini dicapai dengan menggunakan pernyataan try dan except.

Contoh:

try:
    hasil = 10 / 0
except ZeroDivisionError:
    print("Pembagian dengan nol!")

Dalam contoh di atas, program mencoba membagi 10 dengan 0, yang akan menghasilkan kesalahan ZeroDivisionError. Namun, karena operasi ini ditempatkan di dalam blok try, dan kesalahan tersebut ditangani di blok except, program tidak akan berhenti dengan segera dan sebaliknya akan mencetak "Pembagian dengan nol!".

Menangkap Banyak Eksepsi

Kamu bisa menangani lebih dari satu jenis eksepsi dengan menggunakan banyak pernyataan except.

Contoh:

try:
    # angka = int("bukan angka")
    angka = 10 / 0
except ZeroDivisionError:
    print("Pembagian dengan nol!")
except ValueError:
    print("Nilai tidak valid!")

Except Tanpa Jenis Eksepsi

Jika kamu tidak yakin jenis kesalahan apa yang mungkin ditemui, kamu dapat menggunakan except tanpa spesifikasi jenis eksepsi. Ini akan menangkap semua kesalahan.

Contoh:

try:
    angka = int("bukan angka")
except:
    print("Terjadi sebuah kesalahan!")

Menggunakan Else dan Finally

Python juga menyediakan pernyataan else yang dapat digabungkan dengan try dan except. Blok kode di else akan dijalankan jika tidak ada eksepsi yang terjadi.

Ada juga pernyataan finally yang selalu dijalankan setelah blok try, terlepas dari apakah ada eksepsi atau tidak.

Contoh:

try:
    angka = int("10")
except ValueError:
    print("Nilai tidak valid!")
else:
    print("Konversi berhasil!")
finally:
    print("Eksekusi selesai.")

Menghasilkan Eksepsi dengan Raise

Kadang-kadang kamu mungkin ingin menghasilkan eksepsi secara manual menggunakan pernyataan raise.

Contoh:

angka = -1
if angka < 0:
    raise ValueError("Tidak menerima angka negatif!")

Kesimpulan

Penanganan eksepsi adalah alat penting dalam toolkit setiap programmer. Dengan memahami dan menerapkan pernyataan try dan except di Python, kamu tidak hanya dapat membuat program kamu lebih stabil tetapi juga memberikan respons yang informatif kepada pengguna atau sistem lain yang berinteraksi dengan kode kamu. Sebagai praktik terbaik, selalu tangani eksepsi yang kamu duga mungkin terjadi dan berikan umpan balik yang jelas tentang sifat masalah tersebut.