Kurikulum Belajar Bahasa Python Untuk Pemula Dari Dasar

belajar bahasa python dari dasar untuk pemula

KakaKiky - Python telah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia. Dengan sintaks yang bersih dan mudah dibaca, Python sangat sesuai bagi pemula yang ingin memulai perjalanan mereka dalam dunia pemrograman. Dalam artikel ini, kita akan memandu kamu melalui kurikulum belajar Python yang sistematis untuk pemula, mulai dari dasar hingga memahami konsep-konsep inti.

Pengenalan Python

Pembelajaran Minggu 1 - Pada modul pembelajaran pertama, kita akan mempelajari tentang sejarah Python, keunggulannya dibandingkan bahasa pemrograman lain, dan bagaimana cara menginstall python di device kita.

1. Apa itu Python?

2. Instalasi Python

Dasar-dasar Python

Pembelajaran Minggu 2-3 - Pada modul pembelajaran dasar-dasar Python, kita akan mempelajari tentang variabel dan tipe data yang ada di Python, operasi dasar Python, serta mempelajari tentang struktur kontrolnya.

1. Variabel dan Tipe Data

2. Operasi Dasar

3. Struktur Kontrol

Struktur Data Python

Pembelajaran Minggu 4-5 - Python terdiri dari berbagai struktur data, pada modul berikut ini kita akan fokus mempelajari hal tersebut, di antaranya adalah list dan tuple, dictionaries, dan set.

1. List dan Tuple

2. Dictionaries

3. Set

Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)

Pembelajaran Minggu 6-7 - Pada modul ini kita akan mempelajari tentang konsep-konsep dasar dari pemrograman berorientasi objek dan belajar tentang cara membuat dan menggunakan class di Python.

1. Konsep Dasar OOP

2. Membuat dan Menggunakan Class

Fungsi dan Modul

Pembelajaran Minggu 8-9 - Seperti umumnya bahasa pemrograman, Python juga memiliki fungsi dan modul, nah pada pembelajaran berikutnya kita akan mempelajari tentang pengenalan fungsi, modul, dan pustaka Python.

1. Pengenalan Fungsi

2. Modul dan Pustaka

Pengenalan Ke Pemrograman Lanjutan

Pembelajaran Minggu 10-11Untuk materi terakhir dari kurikulum belajar bahasa python untuk pemula kita akan mempelajari tentang penanganan eksepsi serta file I/O.

1. Penanganan Eksepsi

2. File I/O

Membuat Mini Project

Pembelajaran Minggu 12 - Pada tahapan pembelajaran akhir, siswa dituntut untuk bisa mengerjakan project mini, misalkan seperti project mini di bawah ini:

Kesimpulan

Mempelajari Python bisa menjadi pintu gerbang kamu ke dunia pemrograman. Dengan mengikuti kurikulum di atas, kamu akan mendapatkan fondasi yang kuat dalam Python, mempersiapkan kamu untuk topik lanjutan atau spesialisasi di bidang tertentu, seperti analisis data, pengembangan web, atau kecerdasan buatan. Selamat belajar!