Kurikulum Belajar Bahasa Python Untuk Pemula Dari Dasar

belajar bahasa python dari dasar untuk pemula

KakaKiky - Python telah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia. Dengan sintaks yang bersih dan mudah dibaca, Python sangat sesuai bagi pemula yang ingin memulai perjalanan mereka dalam dunia pemrograman. Dalam artikel ini, kita akan memandu kamu melalui kurikulum belajar Python yang sistematis untuk pemula, mulai dari dasar hingga memahami konsep-konsep inti.

Pengenalan Python

Pembelajaran Minggu 1 - Pada modul pembelajaran pertama, kita akan mempelajari tentang sejarah Python, keunggulannya dibandingkan bahasa pemrograman lain, dan bagaimana cara menginstall python di device kita.

1. Apa itu Python?

2. Instalasi Python

Dasar-dasar Python

Pembelajaran Minggu 2-3 - Pada modul pembelajaran dasar-dasar Python, kita akan mempelajari tentang variabel dan tipe data yang ada di Python, operasi dasar Python, serta mempelajari tentang struktur kontrolnya.

1. Variabel dan Tipe Data

2. Operasi Dasar

3. Struktur Kontrol

Struktur Data Python

Pembelajaran Minggu 4-5 - Python terdiri dari berbagai struktur data, pada modul berikut ini kita akan fokus mempelajari hal tersebut, di antaranya adalah list dan tuple, dictionaries, dan set.

1. List dan Tuple

2. Dictionaries

3. Set

Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)

Pembelajaran Minggu 6-7 - Pada modul ini kita akan mempelajari tentang konsep-konsep dasar dari pemrograman berorientasi objek dan belajar tentang cara membuat dan menggunakan class di Python.

1. Konsep Dasar OOP

2. Membuat dan Menggunakan Class

Fungsi dan Modul

Pembelajaran Minggu 8-9 - Seperti umumnya bahasa pemrograman, Python juga memiliki fungsi dan modul, nah pada pembelajaran berikutnya kita akan mempelajari tentang pengenalan fungsi, modul, dan pustaka Python.

1. Pengenalan Fungsi

2. Modul dan Pustaka

Pengenalan Ke Pemrograman Lanjutan

Pembelajaran Minggu 10-11Untuk materi terakhir dari kurikulum belajar bahasa python untuk pemula kita akan mempelajari tentang penanganan eksepsi serta file I/O.

1. Penanganan Eksepsi

2. File I/O

Membuat Mini Project

Pembelajaran Minggu 12 - Pada tahapan pembelajaran akhir, siswa dituntut untuk bisa mengerjakan project mini, misalkan seperti project mini di bawah ini:

Kesimpulan

Mempelajari Python bisa menjadi pintu gerbang kamu ke dunia pemrograman. Dengan mengikuti kurikulum di atas, kamu akan mendapatkan fondasi yang kuat dalam Python, mempersiapkan kamu untuk topik lanjutan atau spesialisasi di bidang tertentu, seperti analisis data, pengembangan web, atau kecerdasan buatan. Selamat belajar!

37 komentar untuk "Kurikulum Belajar Bahasa Python Untuk Pemula Dari Dasar"

Comment Author Avatar
Dunia pemprograman ini memang akan selalu dibutuhkan ya, Kak Kiky. Tapi memang agar pondasi kuat, harus belajar dasarnya dulu, yaitu Python. Dasar sudah dikuasim akan lebih mudah mempelajari tahapan selanjutnya.
Comment Author Avatar
Betul banget! Memahami dasar seperti Python memang penting agar bisa mengembangkan skill di tahapan-tahapan selanjutnya. Seperti bangunan, kalau pondasinya kuat, bangunannya juga akan kokoh. Semoga semakin banyak yang tertarik dan terus belajar pemrograman. Terus semangat ya!
Comment Author Avatar
pemula ini lebih ke bisa pemrograman dasar ya, dan pembelajaran python ini padat banget pembahasannya, outputnya sebagai apa ya? visualisasi data atau ada yang lain?
Comment Author Avatar
Memang untuk pemula, biasanya pembelajaran dimulai dari pemrograman dasar supaya lebih mudah mengerti konsep lanjutannya. Python memang kaya fitur dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk outputnya, bisa dalam bentuk visualisasi data, tapi juga bisa untuk web development, otomatisasi, machine learning, dan lain-lain. Semuanya tergantung kebutuhan dan minat!
Comment Author Avatar
Phyton ini bisa buat pemula banget kah? Ngeri juga belajar pemrograman kalau udah kebayang duluan susahnya. Tapi lalau diajarin pelan-pelan pasti lebih asyik. Kurikulumnya jelas dan bisa bikin mini project ntar. Seru kayanya.
Comment Author Avatar
Betul banget! Phyton tuh salah satu bahasa pemrograman yang paling recommended buat pemula. Sintaksnya sederhana dan mudah dipahami. Pokoknya, kalo diajarin step by step dan konsisten praktek, pasti bisa kok. Dan yep, bikin mini project itu beneran bisa bantu pemahaman jadi lebih dalam. Jangan takut buat coba, semangat belajarnya yang paling penting! 💪🐍
Comment Author Avatar
kepincut mau belajar bahasa pemrograman seperti itu,
apalagi Phyton ini sering daku dengar.
cuma memang perlu waktu khusus ya belajarnya biar lebih fokus juga dan bisa langsung dipraktekkan ulang
Comment Author Avatar
Bener banget, Python itu salah satu bahasa pemrograman yang lagi hits dan banyak dicari. Tapi emang sih, kalo mau belajar harus ada komitmen dan waktu khusus biar bisa nangkep materinya dengan baik. Tapi, percaya lah kak, setelah paham dan bisa praktek, rasanya tuh puas banget. Semangat terus ya! 💪🐍
Comment Author Avatar
ini program buat kuliah apa kursus ya, kak? jadi ingat nih dulu waktu kuliah belajar dasar-dasar pemrograman tapi pakai qbasic aja. hehe
Comment Author Avatar
Hehe, wah nostalgia ya kak dengan QBasic! Program yang dimaksud di atas itu bisa digunakan baik untuk kuliah maupun kursus kak, tergantung mau diterapkan ke mana.
Comment Author Avatar
Aku kalau inget Phyton ini jadi terkenanh kawanku yg suka utak-atik itu pas zaman SMA. Ya, walaupun aku sebenarnya gak begitu paham, tapi kalau dipelajari dari dasar sepertinya bisa sih
Comment Author Avatar
Iyaa bener kak, kalau belajarnya dari dasar step by step pasti mudah kok untuk memahami.
Comment Author Avatar
waduhh skrg bahasa phyton pun ada kurikulumnya yaak wkwkw. aslii keder jadinya >.< otw kasih artikel ini ke suamiku yang paham bahasa ular
Comment Author Avatar
Hahahaha terima kasih kak, suaminya udah kayak voldemort aja bisa bahasa ular T_T
Comment Author Avatar
wah baca ini jadi ingat mas akuliah dulu, kebetulan S1 saya IT jadi sering banget belajar pemrograman, meskipun sekarang saya sudah llupa-lupa ya, tapi waktu saya kuliah pemrograman Python ini belum ada, wah jadi pengen belajar lagi soal coding
Comment Author Avatar
Wah, asik banget pastinya masa-masa kuliah IT! Memang sih, teknologi dan bahasa pemrograman terus berkembang ya. Python emang sekarang lagi nge-hits banget, dan banyak digunakan di berbagai aplikasi. Lumayan, kalau sempet bisa coba belajar lagi, siapa tau bisa jadi skill tambahan buat kakak. Semangat belajarnya! 🖥️🐍
Comment Author Avatar
Pas baca judul sempat bingung, ini bahasa pyton tuh kaya gimana, apa sejenis ular? Wkwkwkwkkk...
Ternyata baca selesai asyik juga ya bahas pemrograman
Apalagi jaman sekarang kelas seperti ini emang dibutuhkan banyak orang-orang
Comment Author Avatar
Wkwk, iya nih banyak yang awalnya kira Python itu ular. 😂 Tapi memang, di era digital gini, skill pemrograman jadi salah satu yang dicari.
Comment Author Avatar
Awal mendengar kata Phyton dulunya aku pikir ular, eh ternyata salah satu ilmu pemograman. Bagi mereka yang hobi Phyton itu seru dan menarik.
Comment Author Avatar
Haha, iya nih, awalnya banyak yang kira Phyton itu ular, padahal sebenarnya Python itu bahasa pemrograman yang lagi hits. Tapi, memang namanya serupa dan bisa bikin orang tertukar. Bagi yang suka coding, Python emang jadi salah satu favorit karena fleksibilitas dan kemudahannya. Seru banget pokoknya! 😁🐍💻
Comment Author Avatar
waaah kalau mau belajar bahasa pemograman Bahasa Python boleh banget mengambil waktu khusus untuk kursus dan belajar dari dasara supaya bisa mahir. Sembari belajar jangan lupa praktek juga
Comment Author Avatar
Betul banget! Praktek itu kunci utama saat belajar pemrograman, termasuk Python. Karena gak cukup cuma teori doang, harus bener-bener coba sendiri biar bisa paham sepenuhnya.
Comment Author Avatar
Jujur, sy msih awam bahasa pemrograman, apalagi mengenai pyhton. Tpi klu tekun & fokus pasti bisa ngerjain nya.
Comment Author Avatar
Betul banget! Semua orang pasti mulai dari awal, termasuk dalam belajar pemrograman. Python itu salah satu bahasa pemrograman yang cukup friendly buat pemula. Tetap semangat, tekun, dan rajin praktik. Ntar lama-lama jadi terbiasa dan paham deh. Sukses terus belajarnya! 💪🐍
Comment Author Avatar
Bagi yg suka pemrograman emg wajib sih belajar ini. Soalnya ini tuh basic bgt yg hrs dikuasai utk msk ke cabang keilmuan lainnya.

Bagi yg telaten, ga susah kok. Asal dengerin tutornya deh. Pasti bs. Aku jg pgn bljr data analyst nih. Jd emg wajib jg mengetahui dasar2 Phyton ini.
Comment Author Avatar
Betul banget! Dasar-dasar pemrograman emang penting banget buat dikuasai, apalagi Python yang emang lagi naik daun dan multifungsi. Python emang salah satu tools yang sering dipake di bidang data analyst juga. Semangat belajarnya ya mas! Pasti bisa kok asal konsisten. 👍💻
Comment Author Avatar
Mantap deh. Dari satu artikel ini bisa belajar banyak tentang phyton. Sempet dulu buat dipelajari
Comment Author Avatar
Iyaa terima kasih kak sudah berkunjung, semoga bermanfaat ilmu tentang bahasa pemrograman python nya.
Comment Author Avatar
Lah, artikel yang saya cari selama ini ada di sini. Kebetulan saya seorang guru smk rekayasa perangkat lunak, boleh deh pakai materi serta modul yang ada di artikel ini. Btwe, izin bookmark yaaa mas, hehehe.
Comment Author Avatar
Alhamdulillah, senang rasanya bisa membantu. Silahkan di boomark kak, semoga bermanfaat buat siswa dan siswi nya ^_^
Comment Author Avatar
Komplit ya. Dan memang begitu kompleks bahasannya, kudu fokus pasti ya kalo belajar pemograman gini, biar nggak salah penerapan.
Comment Author Avatar
Betul banget! Pemrograman itu emang butuh konsentrasi dan ketelitian ekstra. Tapi kalo udah ngerti dan bisa aplikasikan, rasanya tuh puas banget. Semua butuh proses sih, yang penting tetap semangat dan terus belajar. 💪👩‍💻
Comment Author Avatar
Ka, lengkap banget cara belajar Python dari awal.
Dan ini bisa jadi panduan bagi pemula untuk mencoba mendalami bahasa pemrograman yang diterapkan dalam aplikasi web.
Comment Author Avatar
Makasih banyak ya! Seneng dengernya bisa bantu. Memang tujuan saya sih biar yang baru mulai belajar Python bisa punya panduan yang jelas dari awal. Semoga kakak bisa terus semangat belajarnya dan sukses dalam mendalami Python! Keep exploring dan jangan ragu buat tanya-tanya lagi kalau butuh. Semangat ngodingnya! 💻🚀
Comment Author Avatar
Terakhir belajar bahasa pemrograman saat di D1 Informatika beberapa tahun silam. Betul-betul butuh fokus dan konsentrasi
Comment Author Avatar
Wah, memang belajar bahasa pemrograman butuh kesabaran dan konsentrasi tinggi ya. Tapi sekarang banyak platform online yang bisa membantu buat refresh ilmu dan belajar dari dasar lagi. Semangat terus! 💪💻
Comment Author Avatar
Dengar nama Phyton inget zaman SMA yaang plonga plongo gak tahu itu apa..tahunya cuma ular wkwkwk.. trus temenku bisa paham dan asyik dengan bahasa kode2an