Antri Atau Antre, Antrian Atau Antrean Mana Kata Yang Benar?

antri atau antre antrian atau antrean mana kata yang benar

KakaKiky - Di tengah maraknya teknologi informasi dan komunikasi, interaksi dalam berbahasa Indonesia tetap menjadi unsur yang esensial dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pemahaman yang benar terhadap penggunaan kata-kata dalam Bahasa Indonesia sangat penting. Salah satu kontroversi dalam penggunaan Bahasa Indonesia adalah pemilihan antara kata "antri" dan "antre". Banyak yang seringkali bingung, manakah di antara kedua kata tersebut yang benar?

Dalam postingan ini, kita akan mencoba untuk membahas dan memberikan pencerahan mengenai mana kata yang benar, antri atau antre?.

Antri Atau Antre, Mana Kata Yang Benar?

Kedua kata tersebut, meskipun memiliki arti yang mirip, ternyata memiliki latar belakang dan penggunaan yang berbeda.

1. Asal-usul kata antri dan antre

Kata "antre" berasal dari bahasa Prancis, yaitu "en attente" yang berarti menunggu giliran. Seiring waktu, kata ini kemudian diadopsi ke dalam bahasa Indonesia dan mendapatkan bentuknya sendiri, yaitu "antre". Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata "antre" didefinisikan sebagai verba yang berarti "menunggu giliran".

Di sisi lain, kata "antri" adalah bentuk nominalisasi dari kata kerja "antre", yang berarti barisan atau deretan orang atau kendaraan yang sedang menunggu giliran.

2. Penggunaan Yang Tepat Antara Antri dan Antre

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa penulisan antara kata “antri” dan “antre”, yang benar adalah kata “antre”. Berdasarkan KBBI, kata baku antri yang diakui sebagai baku adalah "antre". Saat kamu mencoba mencari kata "antri", KBBI tidak menampilkan hasil. Sebaliknya, "antre" didefinisikan dengan jelas dalam kamus tersebut.

Arti kata antre dalam KBBI

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata antre dapat didefinisikan sebagai berikut:

  1. antre/an·tre/ /antrĂ©/ 1 v berdiri berderet-deret memanjang menunggu untuk mendapat giliran (membeli karcis, mengambil ransum, membeli bensin, dan sebagainya); 2 n antrean;
  2. mengantre/meng·an·tre/ v berdiri dalam deretan memanjang sambil menunggu giliran untuk dilayani mengambil (membeli dan sebagainya) sesuatu;
  3. antrean/an·tre·an/ n deretan orang, barang olahan, atau unit yang sedang menunggu giliran untuk dilayani, diolah, dan sebagainya;
  4. pengantre/peng·an·tre/ n orang yang mengantre;
  5. pengantrean/peng·an·tre·an/ n proses, cara, perbuatan mengantre

Kata Turunan Antre Yang Benar

Selain antri dan antre, kita juga sering dibingungkan dengan kata seperti antrian atau antrean, mengantri atau mengantre, dan sebagainya. Berdasarkan pembahasan di atas maka penggunaan kata turunan dari Antre yang benar adalah sebagai berikut.

1. Mengantri atau Mengantre

Penggunaan kata yang benar adalah mengantre, yang artinya adalah berdiri atau menunggu dalam suatu barisan.

2. Antrian atau Antrean

Penggunaan kata yang benar adalah antrean, yang artinya adalah merujuk pada barisan atau deretan orang yang sedang menunggu giliran.

3. Pengantri atau Pengantre

Penggunaan kata yang paling tepat dan benar adalah pengantre, yang artinya merujuk pada seseorang yang sedang mengantre.

4. Pengantrian atau Pengantrean

Penggunaan kata yang tepat dan benar adalah pengantrean, yang artinya merujuk pada proses atau kegiatan seseorang saat mengantre.

Contoh Kalimat Penggunaan Kata Antre dan Turunannya

  1. Bima mengantre lama di ATM sebelum bisa menarik uang.
  2. Banyak yang mengeluh karena antrean di kasir terlalu panjang.
  3. Pengantre sering kali kehilangan kesabaran ketika antrean tidak bergerak.
  4. Budaya pengantrean harus ditanamkan sejak dini untuk menciptakan ketertiban.

Kesimpulan

Kesimpulannya, menurut KBBI, kata yang benar adalah "antre" bukan “antri”. Namun, penting untuk memahami bahwa penggunaan kata "antri" dalam percakapan sehari-hari juga diterima secara umum. Meskipun demikian, jika ingin memastikan penggunaan yang benar dan sesuai dengan panduan resmi, disarankan untuk mengacu pada KBBI.

Dengan memahami panduan yang diberikan oleh KBBI, kita dapat menggunakan kata yang benar dan tepat sesuai dengan standar bahasa Indonesia. Terlepas dari perbedaan dalam penggunaan sehari-hari, penting untuk menjaga kualitas dan ketepatan dalam komunikasi kita, terutama dalam konteks formal dan profesional. Semoga kamu tidak salah lagi ya dalam menuliskan kata antre!