Kumpulan Program Sederhana Menggunakan Bahasa C

cara buat program sederhana menggunakan bahasa c

KakaKiky - Bahasa pemrograman C telah menjadi salah satu bahasa yang sangat populer dalam dunia pengembangan perangkat lunak. Keefektifan dan kecanggihan dalam memahami struktur dasar pemrograman membuatnya menjadi pilihan utama bagi para pengembang. Jika kamu baru mengenal dunia pemrograman atau ingin meningkatkan keterampilan, membuat program sederhana dari Bahasa C adalah langkah yang baik.

Pada artikel ini saya akan membagikan berbagai macam kumpulan program sederhana menggunakan bahasa C, mulai dari program penentu bilangan prima sampai dengan program encryption.

Kumpulan Source Code Program Sederhana Bahasa C

Sebelum kita memulai, pastikan kamu telah menginstal compiler Bahasa C di sistem kamu. Compiler ini diperlukan untuk mengubah kode sumber C menjadi kode mesin yang dapat dieksekusi oleh komputer. Kamu bisa menggunakan berbagai macam program pengolah kode, misalkan seperti install Visual Studio Code.

1. Program Penentu Bilangan Prima

Dengan bahasa C kamu bisa membuat sebuah program yang dapat menentukan bilangan prima dengan cara memasukkan jumlah angka. Misalkan kamu memasukkan jumlah angka 100, maka program ini akan menentukan bilangan berapa saja yang termasuk bilangan prima dari angka 0-100. Kamu bisa membaca tutorial selengkapnya di sini: cara buat program penentu bilangan prima dengan bahasa C.

2. Program Title Case

Program ini digunakan untuk mengubah semua huruf awal sebuah kata menjadi huruf besar, atau bisa juga dicustom menjadi huruf besar baik awal dan akhir dari sebuah kata. Kamu bisa membaca tutorial selengkapnya di sini: cara buat program Title Case dengan bahasa C.

3. Program Reverse Sentence

Program Reverse Sentence atau program pembalik kata merupakan sebuah program menggunakan bahasa C yang digunakan untuk membalikkan semua posisi kata yang berada di awal menjadi di akhir, dan semua huruf yang ada di awal kata menjadi di akhir kata. Selain itu program ini juga akan mengubah semua kata yang memiliki huruf besar menjadi huruf kecil. Kamu bisa membaca tutorial selengkapnya di sini: cara buat program reverse sentence dengan bahasa C.

4. Program Penentu Nilai Minimum, Maksimum, dan Rata-Rata.

Menentukan nilai minimum, maksimum, dan rata-rata sering dibutuhkan terutama saat mengolah data hasil tes atau ujian tertentu. Kamu bisa memanfaatkan program bahasa C ini untuk menentukan masing-masing nilai tersebut. Kamu bisa membaca tutorial selengkapnya di sini: cara buat program penentu nilai minimum, maksimum, dan rata-rata.

5. Program remove char

Program Remove Char atau penghapus karakter ini merupakan sebuah program bahasa C yang digunakan untuk menghapus karakter-karakter yang ada dalam sebuah file. Kamu bisa membaca tutorial selengkapnya di sini: program remove char dengan bahasa C.

6. Program Replace String

Program Replace String ini merupakan sebuah program bahasa C yang digunakan untuk mengganti huruf tertentu dengan huruf lainnya yang diinginkan oleh user. Kamu bisa membaca tutorial selengkapnya di sini: cara buat program replace string dengan bahasa C.

7. Program Encryption Menggunakan Bahasa C

Program Encryption (Enkripsi) ini merupakan sebuah program bahasa C yang digunakan untuk mengenkripsi data yang kita masukkan, sehingga data tersebut menjadi terjaga dan aman kerahasiannya. Kamu bisa membaca tutorial selengkapnya di sini: cara buat program encryption dengan bahasa C.

Kesimpulan

Selamat! Kamu telah berhasil membuat program sederhana dari Bahasa C. Dengan mempelajari semua program sederhana di atas, secara tidak langsung kamu sudah belajar memahami dasar-dasar struktur program C, penggunaan variabel, input pengguna, struktur pengulangan, dan beberapa fungsi dasar seperti printf dan scanf.

Teruslah berlatih dan explore lebih lanjut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang Bahasa C dan pemrograman secara umum. Semoga panduan ini membantu kamu dalam memulai perjalanan sebagai seorang programmer.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Program Sederhana Menggunakan Bahasa C"