Hari Pendidikan Internasional 2024: Sejarah, Tema, dan Twibbon

sejarah dan twibbon hari pendidikan internasional

KakaKiky - Hari Pendidikan Internasional, yang ditetapkan oleh PBB pada tanggal 24 Januari setiap tahunnya, bukan hanya sekadar peringatan rutin, tetapi juga sebuah panggilan untuk merayakan peran penting pendidikan dalam perdamaian, pembangunan, dan hak asasi manusia. Dalam konteks ini, pendidikan dianggap sebagai hak setiap individu yang harus diutamakan, menjadi fondasi kesetaraan gender, dan kunci untuk mengakhiri siklus kemiskinan.

Tema Hari Pendidikan Internasional Tahun 2024

Pada tahun 2024 ini, kita akan memperingati Hari Pendidikan Internasional yang keenam. Tema hari pendidikan internasional tahun ini adalah "Learning for Lasting Peace" atau bisa diartikan sebagai pembelajaran untuk perdamaian yang abadi.

Salah satu alasan mengapa tema ini diambil adalah karena seperempat umat manusia, 2 miliar orang tinggal di daerah yang terkena dampak konflik, tentunya tema ini sangatlah relevan dengan hal tersebut.

Sejarah dan Pentingnya Hari Pendidikan Internasional

sejarah dan pentingnya hari pendidikan internasional

Peringatan ini memiliki akar sejarah yang kuat. Pada tahun 1989, Konvensi Hak Anak menegaskan kewajiban global untuk menyediakan akses pendidikan tinggi bagi seluruh warganya. Pendidikan dianggap sebagai hak asasi manusia yang harus dijalankan bersama-sama. Hak atas pendidikan itu sendiri diakui dalam Pasal 26 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, yang memandatkan pendidikan dasar yang gratis dan wajib. Adopsi Konvensi Hak Anak pada tahun yang sama menekankan pentingnya akses pendidikan tinggi untuk semua individu.

Puncaknya, pada Desember 2018, Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 24 Januari sebagai Hari Pendidikan Internasional. Ini bertujuan untuk merayakan kontribusi pendidikan dalam pembangunan dan perdamaian global. Pendidikan dilihat sebagai kunci keberhasilan dari 17 tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) yang diadopsi oleh Komunitas Internasional pada September 2015. Pembangunan Berkelanjutan SDG 4, yang memiliki fokus pada pendidikan, tujuannya adalah untuk "memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan juga merata serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup untuk semua orang" pada tahun 2030.

Tantangan Global dalam Pendidikan

Meskipun banyak upaya yang dilakukan, tantangan global masih hadir. Menurut situs resmi PBB, masih ada 244 juta anak dan remaja yang tidak bersekolah, 617 juta yang tidak dapat membaca dan menulis matematika dasar, dan sekitar empat juta anak dan pengungsi yang tidak memiliki akses pendidikan. Oleh karena itu, Hari Pendidikan Internasional bukan hanya saat untuk merayakan, tetapi juga panggilan tindakan.

Peran Pemuda dalam Transformasi Pendidikan

Peringatan ini menekankan pentingnya meningkatkan peran pemuda dalam dunia pendidikan. Program pembelajaran harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan demografi yang beragam dengan tujuan utama memberikan anak-anak pendidikan yang sesuai untuk pekerjaan dan masa depan yang lebih cerah. Pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga melibatkan setiap individu, masyarakat sipil, dan pembuat kebijakan dalam memastikan bahwa pendidikan berkualitas dapat diakses oleh semua anak.

Pasang Twibbon Hari Pendidikan Internasional Tahun 2024

pasang twibbon hari pendidikan internasional 2024 tanpa watermark

Menggunakan twibbon hari pendidikan internasional dan membagikannya di sosial media, merupakan salah satu cara untuk menunjukkan dukungan kita terhadap peringatan hari tersebut. Kamu bisa menggunakan twibbon hari pendidikan internasional 2024 dengan tema “Learning for Lasting Peace” berikut ini secara gratis tanpa watermark. Silahkan klik tombol pasang twibbon untuk memasangnya secara online.

Cara Pasang Twibbon Hari Pendidikan Internasional Tanpa Watermark

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk memasang twibbon tanpa watermark dan ikut serta dalam memeriahkan Hari pendidikan internasional 2024:

  1. Klik link pasang twibbon di atas, kemudian kamu akan diarahkan ke website SuperTwibbon
  2. Setelah masuk ke laman SuperTwibbon, klik 'Pilih Foto' atau 'Choose a Photo'.
  3. Pilih foto yang ingin digunakan, dan atur posisinya sesuai dengan Twibbon.
  4. Setelah selesai, klik 'Download' untuk menyimpan foto dengan Twibbon hari pendidikan internasional ke galeri ponsel kamu.

Kesimpulan

Dalam rangka mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Hari Pendidikan Internasional menjadi panggilan untuk bersatu dalam memecahkan tantangan dan menciptakan masa depan yang lebih baik. Bukan hanya hak, tetapi juga tanggung jawab bersama untuk memastikan bahwa pendidikan menjadi alat untuk mengubah hidup, memutus siklus kemiskinan, dan membuka peluang tanpa batas.

Melalui peringatan ini, mari bersama-sama mengevaluasi peran pendidikan dalam kehidupan, mengidentifikasi dan mengatasi masalah pendidikan di masyarakat, menjamin penyediaan pendidikan dasar dan menengah bagi semua anak, meningkatkan keterlibatan pemuda dalam dunia pendidikan, dan memberikan anak-anak dengan pendidikan yang sesuai untuk pekerjaan dan masa depan yang lebih baik. Selamat Hari Pendidikan Internasional!

Posting Komentar untuk "Hari Pendidikan Internasional 2024: Sejarah, Tema, dan Twibbon"