Apa Itu Salam Pramuka, Fungsi Salam Pramuka, Dan Macam-Macam Salam Pramuka - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

4/14/2017

Apa Itu Salam Pramuka, Fungsi Salam Pramuka, Dan Macam-Macam Salam Pramuka

Salam Pramuka, Fungsi Salam Pramuka, Macam Macam Salam Pramuka
Pengertian Salam Pramuka, Fungsi Salam Pramuka, Macam Macam Salam Pramuka

KakaKiky -
Hai kakak kakak bagaimana dengan keadaan kalian? Baik baik saja bukan? Semoga begitu. Oh iya kali ini iky akan membahas tentang hal yang sudah tidak begitu asing lagi, akan tetapi sangat penting untuk di ketahui dalam dunia Kepramukaan. Apa itu? Ya! Kali ini iky akan membahas tentang Apa itu salam Pramuka, Fungsi dari Salam Pramuka, serta macam macam salam Pramuka. Oke langsung simak baik baik penjelasan dibawah ini ya!

Kita sering menjumpai sesama anggota Pramuka memberikan salam dengan mengucapkan “Salam Pramuka!” dan yang menerima salam pun menjawab “Salam!” atau bahkan kita sendiri pun sangat sering melakukannya, bukan karena ini sebuah kewajiban, akan tetapi sudah menjadi seperti adat yang mendarah daging bagi kita anak Pramuka untuk menghormati sesama anggota Pramuka dan yang lebih tua, serta bertujuan untuk mengeratkan persatuan dan kesatuan dalam Pramuka itu sendiri.


A| Pengertian Salam Pramuka
Salam Pramuka, Fungsi Salam Pramuka, Macam Macam Salam Pramuka
Presiden SBY Sedang Melakukan Salam Pramuka

Salam Pramuka adalah sebuah salam yang digunakan oleh anggota Pramuka sebagai wujud penghargaan yang diberikan kepada anggota Pramuka lainnya. Biasanya Salam Pramuka itu diberikan dengan cara memberikan hormat terlebih dahulu sambil meneriakkan kata “Salam Pramuka!” dan orang yang menerima salam pun akan menjawab “Salam!” sambil menghomat juga.



B| Fungsi Salam Pramuka
Salam Pramuka, Fungsi Salam Pramuka, Macam Macam Salam Pramuka
Fungsi Salam Pramuka

Nah sobat Pramuka semuanya, segalah sesuatu itu pasti memiliki fungsinya masing masing, sama halnya seperti Salam Pramuka ini, pastinya juga memiliki fungsi fungsi tertentu. Lalu apakah fungsi dari salam Pramuka?

Fungsi dari salam Pramuka adalah, untuk melahirkan sebuah kedisiplinan, serta mewujudkan sebuah ikatan yang kuat antara anggota pramuka yang satu dengan yang lainnya, karena melalui pemberian salam pramuka maka sama saja halnya kita telah memberikan penghormatan kepada anggota lainnya,  sehingga yang apabila dilakukan dengan penuh keikhlasan dan kerendahan hati akan menciptakan suatu hubungan yang erat dan sulit untuk dirusak oleh orang lain.

Maka dari itu kita sebagai anggota Pramuka haruslah saling menghormati anggota Pramuka lainnya, demi terciptanya persatuan dan kesatuan diantara kita, ya paling tidak dengan cara mengucapkan “Salam Pramuka!” dan dijawab dengan baik pula “Salam!”



C| Macam-Macam Salam Pramuka
Salam Pramuka, Fungsi Salam Pramuka, Macam Macam Salam Pramuka
Salam Pramuka Dengan Menggunakan Tongkat

Sobat Pramuka, hal yang satu ini juga harus kalian ketahui! Salam Pramuka itu bukan Cuma satu saja, akan tetapi ada beberapa golongannya, dan digunakan sesuai dengan tempat dan kondisi tertentu. Salam Pramuka itu sendiri dibagi menjadi 3 macam, yaitu :

1| Salam Biasa
Salam biasa adalah salam yang diberikan kepada sesama anggota Pramuka saja. siapa saja yang melihat anggota Pramuka terlebih dahulu maka lebih baik dialah yang mengucapkan salam pertama kali tanpa adanya aba-aba dari siapapun, hal itu dilakukan tidak harus dengan memandang pangkat, apakah dia lebih tua atau lebih muda. Salam biasa ini pun dapat diberikan baik ketika kita sedang berjalan, sedang duduk, naik sepeda ataupun sedang berkendara, jadi tidak mesti sewaktu berdiri saja.

2| Salam Hormat
Nah, macam salam Pramuka yang kedua adalah Salam Hormat, apa itu salam hormat? Salam Hormat adalah salam yang diberikan kepada seseorang atau sesuatu hal yang kedudukannya lebih tinggi daripada kita. Salam hormat sendiri dapat diberikan kepada :
·        Bendera Kebangsaan yang dikibarkan ataupun diturunkan pada saat upacara
·        Jenazah yang sedang lewat ataupun yang sudah dimakamkan
·        Para pejabat, petinggi negara seperti Presiden ataupun wakil Presiden, Panglima, Para duta besar dan para menteri.
·        Pada saat dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

3| Salam Janji
Dan yang terakhir adalah Salam Janji, apa itu salam janji? Salam janji adalah salam yang dilakukan ataupun digunakan ketika ada anggota Pramuka yang sedang dilantik. Salam ini diberikan ketika dia mengucapkan janji yaitu Tri Satya dan Dwi Satya. Selain itu salam janji juga diberikan pada saat pengucapan janji Tri Satya dalam acara Ulang Janji.

Nah kakak kakak itulah penjelasan mengenai tentang apa itu Salam Pramuka, Fungsi Salam Pramuka, serta macam macam salam Pramuka. Semoga dapat bermanfaat bagi kakak kakak semua, dan jangan lupa dishare ya kak! Supaya semua anggota Pramuka dapat memahami betul apa itu Salam Pramuka.

Iky mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dari artikel diatas, kalau kakak kakak bingung dan ada yang mau ditanyakan silahkan tuliskan dibagian komentar, insyaallah jika iky mampu nanti iky berikan jawaban ataupun solusinya. Cukup sekian artikel kali ini, sampai jumpa di artikel lainnya, Salam Pramuka!


(Sumber Referensi : Wikipedia Bahasa Indonesia)

Share with your friends

24 komentar

  1. jadi seperti itu salam pramuka, ternyata salam pramuka dapat melahirkan sebuah kedisiplinan terhadap satu dengan yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak! selain itu Salam Pramuka juga bisa menumbuhkan rasa saling hormat antar anggota pramuka ^_^

      Hapus
  2. Bener tuh.. begitulah pramuka.. keren hehe, sukses selalu ka

    BalasHapus
  3. keren kak artikelnya...
    menambah pengetahuan saya tentang pramuka..
    padahal dari dulu taunya cuma tepuk pramukanya aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp kak.. terima kasih udah mau berkunjung ^_^

      Hapus
  4. Nice artikel kak :)
    Semoga Pramuka indonesia lebih jaya lagi
    #Salam Pramuka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. terimakasih banyak kak...

      #Salam! ^_^

      Hapus
  5. wah ternyata sejarah nya panjang juga ya hehe

    BalasHapus
  6. makasih gan ilmunya sangat bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama kak.. terimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  7. maju terus!! salam pramuka :D

    BalasHapus
  8. :) selama ini saya cuman tahu salam pramukanya aja . ternyata dibalik itu ada arti dan fungsinya juga ya . saya baru sadar

    Artikel bagus min :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong kak! karena segala sesuatu itu kan diciptakan memang karena ada fungsi serta makna tertentu.. hehehe :D

      Hapus
  9. Keren artikelnya, niche artikel
    Pengen jadi penulis kaya gini, berkualitas tulisannya
    Sayang banget kalo ga baca nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kak... semoga sukses selalu :)

      Hapus
  10. memang salam pramuka bermacam macam , membaca artikel ini mengingatkan saya waktu smp dulu bagai mana hidup mandiri jauh dari orang tua, salam pramuka yang memberkas dihati saya sampai sekarang adalah salam janji, terimakasih telah mengingatkan masa masa indah waktu dulu ,salam dari saya den adit

    BalasHapus
  11. Wah gk sekedar Melakukan, sekarang udh tahu arti Salam Pramuka :D Thnks infonya bro

    BalasHapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done