Cara Membuat Kompor Spirtus Dari Kaleng Bekas Dan Cara Mematikannya - Tips Pramuka

Pict By - Bikepacking.com

KakaKiky -
hai kakak kakak! Kemarin di post KakaKiky yang berjudul “Materi Pramuka - Survival” ada sebuah komentar dari kakak Pramuka yang menanyakan tentang bagaimana caranya membuat kompor lapangan.

Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut iky buatlah artikel ini, yaitu artikel tentang “Cara membuat Kompor Spiritus Dari Kaleng Bekas”. Menurut iky kompor sederhana ini cukup mudah untuk dibuat, dan bahan bahan untuk membuatnya pun cukup mudah untuk didapatkan. Selain itu dengan membuat kompor ini juga akan menambah kreativitas kita sebagai anak Pramuka.

Kompor dari kaleng bekas ini juga sangat praktis loh! Karena kompor ini sangat kecil sehingga bisa kakak bawa-bawa kemanapun kakak pergi, misalkan seperti pergi berkemah, mendaki gunung, melewati lembah dan lain lain! Dan yang terpenting bisa dipakai untuk masak rimba.

Nah, gimana kak? tertarik untuk mencoba membuat kompor satu ini? Seperti iky katakan tadi bahan bahannya mudah dicari loh! Okey kalau kakak kakak tertarik untuk membuat kompor dari kaleng bekas satu ini, iky bakalan kasih bahan bahan utama yang harus disediakan, dan bagaimana cara membuatnya.

Oh iya, jangan lupa untuk berhati hati ya! Karena kaleng kaleng ini kan tajam dan bisa melukai kakak kakak kalau tidak berhati hati dalam menggunakannya, selain itu api dari spiritus ini juga cukup berbahaya, jangan sampai kebakaran! Okey langsung saja disimak, bahan bahannya adalah sebagai berikut:
1.    Kaleng Minuman Bekas 2 buah, bisa kaleng minuman coca-cola, sprite, pocari sweat dan lain lain.
2.    Kapas
3.    Bahan Bakar Spiritus
4.    Pisau
5.    Gunting

Nah untuk cara membuatnya silahkan kakak kakak lihat video berikut dengan baik, harus teliti ya kak! jangan sampai nanti kompornya malah gak hidup, ingat bahan bakarnya pakai spiritus! Heheheh.


Nah, gimana kak? cara membuatnya mudah sekali bukan? Mungkin dari video di atas tadi akan timbul beberapa pertanyaan seperti “bagaimana cara mematikan kompornya kak?” dan “berapa lama kompornya bisa bertahan kak?”

Kalau untuk cara mematikan kompornya, kakak kakak bisa menutup kompornya dengan kain yang basah, tutup semua lubang lubangnya sampai tidak ada udara yang masuk, karena api itu tidak akan bisa menyala kalau tidak ada oksigen ataupun udara yang masuk, ada belajarkan tentang biologi? Hehehehe.

Kompor tersebut bisa hidup sekitar kurang lebih 50 menitan, hal ini juga bergantung seberapa banyak kakak memasukkan bahan bakar spiritus tadi.

Untuk melihat video cara membuat kompor sederhana lainnya, kakak kakak bisa buka YouTube lalu ketik dengan kata kunci “Cara membuat kompor Spiritus” ataupun “How To Make A Stove”

Oke kakak kakak cukup sekian tips dan trik kali ini ya, jangan lupa share artikel ini, biar anak Pramuka di Indonesia bisa jadi lebih kreatif! Anak Pramuka itu share konten positif, kalau bukan sekarang kapan lagi? Kalau bukan kita siapa lagi? Cukup sekian, wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka

Sumber Video : Milleaccendini

6 komentar untuk "Cara Membuat Kompor Spirtus Dari Kaleng Bekas Dan Cara Mematikannya - Tips Pramuka"

Comment Author Avatar
keren banget ini apalagi di pedalaman dan pingin masak tapi ga perlu bawa kompor yang gede banget.
Comment Author Avatar
ini namanya kompor lapangan kan kak? kami udah pernah buat loh sewaktu lomba TTG (teknologi Tepat Guna) hehehe :D
Comment Author Avatar
iya nih kak... ada sebagian orang yang menyebut ini kompor lapangan :D wah mantep dong bisa dibuat TTG :D
Comment Author Avatar
Mantab kk.
Thanks buat infonya ya
Comment Author Avatar
@Juma Siap kak juma, terima kasih juga sudah berkunjung ke kakakiky ya :)