Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Sewaktu Sahur - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

5/28/2017

Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Sewaktu Sahur

Makanan yang harus dihindari sewaktu sahur
KakaKiky - Puasa di Indonesia umumnya akan berlangsung selama 12-13 jam perhari, yang dimulai dari waktu subuh sampai akhir waktu berbuka di kala maghrib. Oleh karena rentang waktu yang cukup lama membuat tubuh kita memerlukan nutrisi nutrisi yang lebih serta makanan makanan yang bergizi agar kita tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya walaupun kita sedang berpuasa.

Oleh karena itu, tidak semua makanan bisa kamu makan diwaktu sahur, ada beberapa makanan yang baik dan juga yang kurang baik untuk disantap diwaktu sahur. Berikut ini iky telah merangkum 4 jenis makanan yang sebaiknya harus kamu hindari sewaktu Sahur, okey langsung saja kita bahas bersama sama!

1. MAKANAN BERMINYAK DAN BERLEMAK SERTA MENGANDUNG GARAM TINGGI
makanan berminyak, berlemak, dan garam tinggi
Nah, makanan pertama yang harus kamu hindari adalah makanan yang berminyak dan mengandung lemak yang tinggi, karena pada umumnya makanan seperti ini dapat menyebabkan kelesuan serta kelelahan, selain itu makanan dengan asupan yang berlebihan juga bisa menyebabkan kita merasakan haus yang berlebihan. Contoh makanannya itu seperti makanan yang bersantan, daging berlemak. Gorengan, serta makanan cepat saji yang bisa membuat kesehatan kita memburuk apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Nah, solusinya adalah coba kamu gabungkan berbagai kelompok makanan utama , seperti buah dan sayuran, nasi dan makanan penggantinya, daging ataupun makanan penggantinya pada saat sahur. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah juga sangat ideal untuk disantap pada saat sahur. Karena makanan ini bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

2. MAKANAN YANG PEDAS
Makanan Pedas
Nah, ini mungkin merupakan suatu hal yang cukup sulit untuk dihindari buat kamu pecinta masakan pedas. Tapi kenapa sih makanan pedas itu kurang baik untuk disantap sewaktu sahur? Karena makanan pedas itu bisa menyebabkan perut kamu mules-mules terus akibat dari gesekan pada lapisan permukaan lambung yang menjadi lebih rapuh serta mengalami luka. Daripada ntar mules mules perutnya mendingan dihindarin aja ya kak! hehehehe.

3. MAKANAN YANG TERLALU MANIS
Makanan yang terlalu manis
Kenapa gak boleh makan makanan yang terlalu manis sewaktu sahur? Karena makanan ini bisa menyebabkan meningkatnya asam dalam tubuh, untuk itu pada saat sahur iky sarankan kamu untuk makan buah-buahan saja. Mengapa? Karena didalamnya sudah terdapat kandungan gula yang alami yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah buahan yang kaya air seperti buah semangka, pepaya, ataupun melon.

4. MINUMAN YANG MENGANDUNG KAFEIN
Minuman mengandung kafein
Selain makanan ada juga nih minuman yang harus kamu hindari sewaktu sahur! Yaitu minuman yang mengandung kafein, karena minuman yang mengandung kafein ini bersifat diuretik sehingga akan merangsang tubuh kamu kehilangan air lebih cepat karena sering buang air kecil.

Nah, saran dari iky buat kamu, supaya puasanya makin lancar tanpa kendala, cobalah untuk membuat daftar-daftar makanan sehari-hari agar tetap dapat mengontrol asupan gizi supaya tetap terjaga. Sehingga kita pun akan semakin kuat menjalankan puasa dibarengi dengan aktivitas-aktivitas lainnya. Inget loh kak! bulan puasa itu bulan penuh berkah ayo mari perbanyak amal jangan cuman malas-malasan aja!

Cukup sekian postingan tentang makanan yang sebaiknya dihindari sewaktu sahur. Semoga dapat bermanfaat dan membuat puasa kamu berjalan lebih lancar. Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done