Soal Dan Kunci Jawaban Hubungan Internasional PKN Kelas XI


KakaKiky – Berikut ini adalah kunci jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mengenai tentang Hubungan internasional dan organisasi internasional, jawaban dibawah berdasarkan jawaban yang iky dapatkan disekolah, semoga dapat membantu sobat semua.

1. Apakah mungkin sebuah perjanjian internasional dapat diputuskan atau dibatalkan secara sebelah pihak? Mengapa?
Jawab : Menurut saya itu bisa terjadi, penyebabnya bisa saja dikarenakan salah satu negara melanggar perjanjian tersebut, melakukan penipuan, serta terdapat penyalah gunaan atau kecurangan yang dilakukan terhadap negara lain atau bisa saja karena adanya pelecehan yang dilakukan suatu negara terhadap negara lainnya, contohnya seperti pihak Indonesia yang membatalkan hubungan/perjanjian internasional dengan negara Australia, karena Australia melakukan pelecehan terhadap Indonesia.

2. Bagaimanakah kronologis pengangkatan seorang diplomatik?
Jawab : hal pertama yang dilakukan adalah negara yang satu dengan negara yang lain akan saling menukarkan informasi bahwa akan dibukanya perwakilan negara (diplomatik) dan hal ini dilakukan oleh Departemen luar negeri dari masing-masing negara. Setelah negara penerima memberikan persetujuan (Demende Agregation) tentang akan dibukanya perwakilan negara maka diplomatik yang akan ditempatkan, akan menerima surat kepercayaan (lettre de credance) yang ditanda tangai oleh kepala negara pengirim, kemudian surat kepercayaan akan diserahkan kepada kepala negara penerima dalam sebuah upacara dimana diplomat tersebut akan berpidato.

3. Dalam melaksanakan tugasnya, diplomat dapat berfungsi sebagai lambang prestise nasional negaranya diluar negeri dan mewakili kepala negaranya di negara penerima, Jelaskan!
Jawab : maksud dari pernyataan tersebut adalah, seorang diplomat dapat berfungsi sebagai lambang dari negaranya di luar negeri dikarenakan dia adalah seorang perwakilan dari negaranya. Dia akan membawa ideologi serta akan melaksanakan tugas-tugas dari negara asalnya di luar negeri, dan dialah yang mewakili seluruh pendapat dan pernyataan dari kepala negaranya karena tidak mungkin seorang kepala negara harus bolak-balik ke negara lain untuk mengurus urusan negara tersebut.

4. Salah satu pihak peserta perjanjian menghilang atau punahnya objek perjanjian, jelaskan!
Jawab : hal tersebut bisa mengakibatkan berakhirnya perjanjian internasional. Misalkan suatu negara yang melakukan perjanjian dengan negara-negara lian telah dijajah atau dihancurkan oleh negara lain maka negara tersebut tidak akan bisa lagi melakukan perjanjian. Sama halnya seperti suatu objek yang telah punah, misalkan objek yang menjadi perjanjian internasionalnya adalah hasil laut, apabila hasil lautnya telah habis atau punah maka perjanjian tersebut pun akan ikut berakhir.


Cukup sekian Kunji Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan Hubungan internasional dan Organisasi internasional, semoga dapat membantu sobat semua, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan dikolom komentar. Cukup sekian Wassalamu’alaikum!