Tips Pramuka - Cara Membuat Pondok Sederhana Dengan Bahan Alam

Image From - aeon.co
KakaKiky - Apakah kalian suka pergi berkemah di hutan? Hmmm tentu saja ya kak! Semua anak Pramuka itu pasti suka pergi berkemah, apalagi kalau berkemah di alam luas, pastilah bertambah keseruannya.

Nah, buat kalian yang suka pergi berkemah pasti sudah tahu kan yang namanya bivak? Yap! Bivak itu merupakan tenda darurat yang didirikan sebagai tempat berlindung sementara di alam bebas dari berbagai gangguan cuaca, binatang buas, angin dan sebagainya. Bivak itu ada tiga macam, yang pertama adalah bivak alam, kedua bivak semi buatan, dan bivak buatan.

Kalau bivak sih tergolong terlalu mudah ya cara pembuatannya, apalagi buat kawan-kawan yang sudah berpengalaman. Akan tetapi bagaimana dengan membangun sebuah pondok? Yap! Sebuah pondok yang terbuat 100% dari bahan yang ada di alam.

“Lah emangnya ada kak ky? Gimana cara buatnya sih?”

Ya jelas ada lah kak! Tapi cara pembuatannya memang tergolong cukup sulit. Hal ini memang tergantung dari pengalaman dan niat dari kakak-kakak untuk membuatnya.

Buat kakak-kakak yang mau melihat proses pembuatan pondok dari bahan alami 100%, kakak bisa lihat video yang ada dibawah ini.



Nah, gimana kak? Keren banget kan! Dengan bekal bahan alami ia bisa membuat sebuah pondok yang terbilang sangat bagus dan rapi, tentu saja bisa digunakan untuk berlindung dari cuaca yang buruk maupun binatang buas. Dan lebih efektif dibandingkan dengan bivak. Tapi perlu diingat bivak itu digunakan dalam keadaan darurat, tapi kalu kakak-kakak mau menetap lebih lama di hutan, mungkin dengan membuat pondok dari bahan alam bisa menjadi salah satu pilihan hehehe.

Oke cukup sampai disini dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat ya, jangan lupa untuk meninggalkan kritik, saran, ataupun pertanyaan di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel lainnya!