Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Laporan Kimia tentang Materi dan Perubahannya
KakaKiky - Pada kesempatan kali ini, kakakiky akan membahas tentang Laporan Praktikum Kimia dengan judul Materi dan Perubahannya. Yang akan dibahas diantaranya adalah Abstrak, pendahuluan meliputi latar belakang, tujuan percobaan, manfaat percobaan, tinjauan kepustakaan, dan daftar pustaka tentang Materi dan Perubahannya.

Download Metodologi Percobaan "Materi dan Perubahannya"

ABSTRAK
Telah dilakukan percobaan yang berjudul “Materi dan Perubahannya” yang bertujuan untuk membedakan campuran homogen dan heterogen serta perubahan fisika dan perubahan kimia. Metode yang digunakan pada praktikum ini adalah metode kualitatif dengan melihat perubahan pada hasil reaksi. Pada percobaan ini dilakukan beberapa percampuran zat, seperti HCl + NaOH, pasir + H2O, H2O­ + NaCl, dan minyak kelapa + H2O. Percampuran beberapa zat tersebut ada yang mudah untuk menyatu yang menjadikannya campuran homogen dan ada pula yang sulit untuk menyatu yang menjadikannya campuran heterogen. Selain percampuran zat, dilakukan pula pemanasan terhadap H2O (air) yang menghasilkan uap air, dan juga pemanasan terhadap NaCl yang telah dilarutkan dalam air yang menghasilkan kristal-kristal garam, serta pembakaran pada lilin yang menghasilkan jelaga. Pada saat pemanasan H2O dan NaCl yang dicampur dengan air terjadi proses perubahan fisika, dan pada saat pembakaran lilin terjadi proses perubahan fisika dan kimia. Kesimpulan pada percobaan ini adalah, campuran heterogen masih dapat dibedakan antara zat yang satu dengan yang lainnya serta masih dapat dipisahkan kembali zat-zatnya, sedangkan campuran homogen tidak lagi dapat dibedakan antara zat yang satu dengan yang lain. Perubahan fisika tidak menghasilkan zat baru, sedangkan perubahan kimia menghasilkan zat baru.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Materi adalah sesuatu hal yang memiliki massa dan menempati ruang. Materi dibedakan menjadi 3 wujud yaitu cair, gas, dan padat. Sebuah materi dapat berubah dari satu keadaan kepada keadaan lainnya. Perubahan materi terbagi ke dalam dua jenis yakni perubahan fisika dan perubahan kimia. Perubahan fisika adalah perubahan materi yang tidak disertai dengan pembentukan zat yang jenisnya baru, sedangkan perubahan kimia adalah perubahan materi yang menghasilkan jenis dan sifat materi yang berbeda (baru). Perubahan-perubahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu  suhu, kelembaban, ada tidaknya mikroorganisme, dan waktu. Beberapa faktor ini berkaitan dengan perubahan materi yang disebabkan oleh adanya pembakaran, perkaratan oleh okesigen dan air, pemanasan, pembusukan, pendinginan, dan pemberian tekanan.
Campuran adalah suatu materi yang dibuat dengan menggabungkan dua zat atau lebih yang berbeda tanpa reaksi kimia yang terjadi (obyek tidak menempel satu sama lain). Berdasarkan sifat dari kedua zat yang bercampur, campuran dapat dibedakan menjadi dua kelompok yakni campuran homogen dan campuran heterogen. Campuran homogen adalah suatu campuran yang terjadi apabila kedua zat yang bercampur mempunyai fase yang sama (ukurannya, massanya, dsb.) dan dapat dipisahkan dengan dengan kertas saring. Campuran heterogen adalah suatu campuran yang terjadi apabila kedua zat yang bercampur mempunyai fase yang berbeda, dan tidak dapat dipisahkan dengan kertas saring.

1.2 Tujuan Percobaan
Tujuan dari percobaan ini adalah untuk membedakan campuran homogen dan heterogen serta perubahan fisika dan perubahan kimia.

1.3 Manfaat Percobaan
Manfaat dari percobaan ini adalah praktikan akan dapat mengetahui serta mengenal apa itu materi, wujudnya dan perubahannya yang terdiri atas perubahan fisika dan kimia, serta akan dapat membedakan antara campuran homogen dan heterogen.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
            Materi adalah setiap objek atau bahan yang membutuhkan ruang, yang jumlahnya diukur oleh suatu sifat yang disebut massa. Secara umum materi dapat juga didefinisikan sebagai sesuatu yang memiliki massa dan menempati volume atau ruang. Materi tersusun atas molekul-molekul, dan molekul pun tersusun atas atom-atom. Materi pada umumnya dapat dijumpai dalam empat fase yang berbeda, yaitu padat, cairan, gas, dan plasma (wujud zat). Namun, terdapat pula fase materi yang lain, seperti kondensat Bose-Einstein (Davies, 1992).
            Perubahan fisika adalah perubahan yang mempengaruhi bentuk zat kimia, namun tidak mempengaruhi komposisi kimianya. Perubahan fisika dapat digunakan untuk memisahkan campuran menjadi senyawa komponen mereka, tetapi tidak dapat digunakan untuk campuran yang telah bereaksi menjadi senyawa kimia yang berbeda dari senyawa asalnya. Perubahan fisika terjadi ketika benda atau zat mengalami perubahan yang tidak berubah komposisi kimianya. Ini berbeda dengan konsep perubahan kimia di mana komposisi dari perubahan zat atau satu atau lebih zat menggabungkan atau memecah untuk membentuk zat baru. Secara umum hasil perubahan fisika dapat dikembalikan ke bentuk semula dengan menggunakan sarana fisik. Misalnya, garam terlarut dalam air dapat dipulihkan dengan membiarkan air menguap dengan perantaraan panas (Zumdahl, 2000).
            Sifat fisika meliputi berbagai aspek fisik dari senyawa. Beberapa sifat fisika (namun tidak terbatas) antara lain; Luster, Malleability, Kerapatan, Kekentalan, Kelarutan, Massa, dan Volume. Beberapa perubahan dalam sifat-sifat fisika ini dapat menjurus kepada perubahan fisika (Petrucci, 2007).
            Perubahan kimia terjadi ketika suatu zat bereaksi dengan zat lain untuk membentuk suatu zat baru, yang disebut sintesis atau sebaliknya, terurai menjadi dua atau lebih zat yang berbeda. Proses ini disebut reaksi kimia dan, secara umum, tidak reversibel kecuali dengan reaksi kimia yang terjadi terus berlanjut. Beberapa reaksi kimia menghasilkan panas dan disebut reaksi eksotermik, selainnya memerlukan panas untuk memungkinkan reaksi terjadi, yang disebut reaksi endotermik. Memahami perubahan kimia adalah bagian utama dari ilmu kimia. Letak perbedaan antara reaksi fisika dan reaksi kimia adalah pada komposisi zatnya sesudah dan sebelum reaksi. Dalam reaksi kimia, terdapat banyak perubahan komposisi dari senyawa yang terlibat. Sedangkan dalam perubahan fisika, terdapat banyak perbedaan dalam hal bentuk, bau, tekstur, dan sebagainya, dari zat yang dimaksud, tanpa ada perubahan komposisi zat yang terlibat (Chang, 2006).
            Pemisahan dan pemurnian adalah proses pemisahan dua zat atau lebih yang saling bercampur serta untuk mendapatkan zat murni dari suatu zat yang telah tercemar atau tercampur. Campuran adalah setia contoh materi yang tidak murni, yaitu bukan sebuah unsur atau sebuah senyawa. Susunan suatu campuran tidak sama dengan sebuah zat, dapat bervariasi, campuran dapat berupa homogen dan heterogen. Campuran homogen (larutan) adalah campuran unsur-unsur dan atau senyawa yang mempunyai susunan seragam dalam contoh itu tetapi berbeda susunan dari contoh lain, selain itu juga merupakan penggabungan zat tunggal atau lebih yang semua partikelnya menyebar merata sehingga membentuk satu fase. Campuran heterogen adalah campuran yang komponen-komponennya dapat memisahkan diri secara fisik karena perbedaan sifatnya dan penggabungan yang tidak merata antara dua zat tunggal atau lebih sehingga perbandingan komponen yang satu dengan yang lainnyatidak sama diberbagai bejana. (Ralph H Ptrucci-Seminar, 1996, Kimia Dasar Jilid 1)

DAFTAR PUSTAKA
Petrucci, Ralph H. 2007. Kimia Dasar Prinsip dan Terapan Modern. Terjemahan dari General Chemistry Principles and Modern Applications, oleh S. Achmadi. Erlangga: Jakarta.
Petrucci, Ralph H. 1987. General Chemistry Principles and Modern Applications. Erlangga: Jakarta.
Davies, Paul. 1992. The new physics. Cambridge University Press: London.
Zumdahl, Steven S. and Zumdahl, Susan A. 2000. Chemistry, 5th ed. Houghton Mifflin: New York.
Chang, Raymond. 2006. General Chemistry: the Essential Concepts. MA McGraw-Hill Higher Education: Boston.

Itulah laporan kimia tentang materi dan perubahannya, semoga dapat bermanfaat untuk dijadikan sebagai contoh bagi sobat semua yang sedang berjuang membuat laporan. Cukup sekian, wassalamu'alaikum dan salam pramuka!

Leave A Reply
  1. Terima kasih, sangat membantu sekali dalam membuat laporan praktikum kimia materi dan perubahnnya, semoga berkah mimin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... terima kasih juga kak al sudah berkunjung ke blog kakakiky :)

      Delete
  2. makasih banyak kak udah mau berbagi laporan praktikumnya ^_^ sangat membantu sekali <3

    ReplyDelete
  3. kak kenapa metode praktikumnya itu metode kualitatif :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada praktikum materi dan perubahannya digunakan metode kualitatif karena kita cenderung mengamati proses perubahan materi pada reaksi-reaksi kimia yang terjadi.

      Delete
  4. mantap kak, sangat memudahkan bagi kami pejuang laporan :>)

    ReplyDelete
  5. kak pembahasan untuk laporan ini gak ada? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk kedepannya akan di post kak tentang pembahasannya :D

      Delete
  6. Izin comot ya kak, untuk laporannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kak... :) tapi utamakan pembahasan sesuai dengan yang telah dipraktikum kan ya, scientist muda tidak boleh memanipulasi data hehehe :D

      Delete
  7. buat pembahasannya juga dong min hehehehe :D :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. next post bakalan dibuat pembahasan tentang materi dan perubahannya kak :)

      Delete
  8. Terima kasih banyak kak, laporan ini sangat bermanfaat, jadi tambah paham gimana cara buat laporannya hehehe (y)

    ReplyDelete
  9. Terima kasih informasinya sangat membantušŸ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga kak ilfat, sudah berkunjung ke blog kakakiky ^_^

      Delete
  10. 'materi' punya banyak penafsiran ya kak... kalau ditinjau dari segi bahasa, materi bisa diartikan sebagai uang, kalau di fisika, eh beda lagi alhamdulillah nambah wawasan

    ReplyDelete
  11. @jejakbiru.com iyaaa kak :D terima kasih sudah berkunjung :)

    ReplyDelete

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)