This Blog is protected by DMCA.com

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


6 Makna Lambang Gerakan Pramuak dan Sejarahnya

Pict From Instagram - @fakhirnaufal08


KakaKiky -
Setiap anak Pramuka pasti mengetahui apa lambang dari Gerakan Pramuka. Ya benar, lambang dari Gerakan Pramuka adalah Tunas Kelapa. Walaupun begitu tidak banyak pula anak Pramuka yang mengetahui tentang seluk beluk sejarah terbentuknya lambang Gerakan Pramuka dan juga apa makna dari lambang Gerakan Pramuka itu sendiri.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini iky akan mencoba untuk membahas tentang Sejarah dan Makna kiasan dari lambang Gerakan Pramuka. Buat kamu anggota Pramuka wajib untuk mengetahui hal ini, silahkan simak pemaparan materi berikut ini.

1.    Lambang Gerakan Pramuka
Lambang Gerakan Pramuka adalah tanda pengenal organisasi Gerakan Pramuka yang sifatnya tetap. Lambang ini sendiri mengkiaskan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap anggota Gerakan Pramuka sesuai dengan yang dicita-citakan. Sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pasal 48 dan juga Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka BAB VII pasal 120, lambang dari Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa. Penjabaran lengkap tentang Lambang ini telah ditetapkan dalam SK Kwarnas Nomor 06/KN/72 tentang Lambang Gerakan Pramuka

Pencipta dari lambang Gerakan Pramuka itu sendiri sebenarnya adalah kak Soenardjo Atmodipoerwo bukan kak Soenardjo Atmodipuro (klik disini untuk penjelasan lebihlanjut). Beliau dilahirkan pada tanggal 28 Februari tahun 1909 dan wafat pada tanggal  31 Mei tahun 1979.

Tunas Kelapa pertama kali dipergunakan sebagai Lambang Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus tahun 1961 saat Presiden Republik Indonesia saat itu menganugerahkan Panji Kepramukaan kepada Gerakan Pramuka.

Pengetahuan tentang lambang Gerakan Pramuka ini sangatlah penting untuk dapat dikuasai oleh semua tingkatan anggota Pramuka, karena lambang Gerakan Pramuka juga menjadi materi dalam SKU mulai dari SKU Siaga Mula, SKU Siaga Bantu, Siaga Tata (Masing-masing pada syarat nomor 6), serta SKU Penggalang Ramu (Syarat no.14).

2.    Makna Lambang Gerakan Pramuka
Tunas Kelapa dipilih menjadi Lambang Gerakan Pramuka bukan tanpa alasan, tapi karena dilihat dari segi filosofisnya Lambang Gerakan Pramuka itu sangatlah bagus. Berikut ini adalah makna dari Lambang Gerakan Pramuka:
·           Buah nyiur yang sedang dalam keadaan utuh dinamakan cikal. Istilah cikal bakal sendiri berarti penduduk asli pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu melambangkan bahwa setiap anggota Gerakan Pramuka merupakan inti dari kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
·           Buah nyiur itu bisa bertahan lama dalam keaadaan apapun dan dimanapun kita meletakkannya. Hal tersebut melambangkan bahwa setiap anggota Gerakan Pramuka adalah seseorang yang memiliki jasmani serta rohani yang kuat, sehat, ulet, serta memiliki tekad yang besar dalam menghadapi segala tantangan dan ujian dalam kehidupan.
·           Nyiur juga dapat tumbuh dimanapun, hal ini membuktikan bahwa anggota Gerakan Pramuka juga bisa hidup dimanapun karena mereka bisa menyesuaikan diri mereka dengan lingkungannya. Dengan kata lain, anggota Gerakan Pramuka itu sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya dan masyarakat.
·           Nyiur dapat tumbuh menjulang tinggi lurus keatas dan merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia. Hal tersebut melambangkan bahwa setiap anggota Gerakan Pramuka itu  memiliki cita-cita yang tinggi dan lurus serta mulia, jujur dan tetap tegak serta tidak mudah diombang-ambingkan oleh terpaan masalah
·           Akar nyiur tumbuh kuat dan juga erat di dalam tanah. Hal ini melambangkan tekad dan juga keyakinan setiap anggota Gerakan Pramuka yang berpegang teguh pada dasar-dasar dan landasan yang baik, benar, serta kuat dan nyata.
·           Nyiur adalah pohon yang serba guna, dimana dari bagian ujung bawah hingga ujung atasnya semua dapat dimanfaatkan dan berguna bagi kehidupan. Hal ini melambangkan bahwa setiap anggota Gerakan Pramuka itu adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri serta kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan juga Negara serta kepentingan umat.

Nah sobat, itulah sejarah tentang lambang Gerakan Pramuka dan juga maknanya. Semoga dapat menambah wawasan kalian tentang kepramukaan ya! Cukup sampai disini dulu artikel kali ini, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Salam Pramuka and Be Prepared!

Leave A Reply
  1. Wahh...Mantap Mas Artikel Nya Sangat Bermanfaat Sekali..Sukses Selalu Mas Ditunggu Artikel Selanjutnya

    BalasHapus

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Greetings, I’m Muhammad Rizki Riswandi. I’m a collage student living in Banda Aceh City, Aceh, Indonesia. I am a fan of entrepreneurship, writing, and design. I’m also interested in education and martial arts. Hopefully you find useful things on my blog] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)