12 Tipe-Tipe Gaya Kepemimpinan, Kamu yang Mana?


Pict From Instgram - @andhikacaesario

KakaKiky -
Hai sobat! Kembali lagi nih di blog edukasi KakaKiky. Kita bersama tahu bahwa pemimpin itu adalah faktor penentu dari keberhasilannya sebuah kerja team dan organisasi. Sehingga prinsipnya adalah seorang pemimpinlah yang memiliki kesempatan terbesar untuk merubah setumpuk jerami menjadi segunung emas dan bahkan setumpuk uang menjadi debu-debu. Peribahasa tersebut menunjukkan bahwa sang pemimpin dapat menentukan maju mundur serta hidup dan matinya suatu usaha yang dilakukan bersama-sama.

Nah, berkaitan dengan kepemimpinan pada kesempatan kali ini, iky akan mencoba untuk mengulas tentang 12 Tipe Gaya Kepemimpinan. Nah, buat kamu yang saat ini adalah seorang pemimpin, coba kenali diri kamu sendiri kamu berada di tipe yang mana melalui artikel ini. Namun sebelum itu untuk menambah wawasan, mari kita cari tahu terlebih dahulu tentang Pengertian Pemimpin, Kepemimpinan, dan teori kepemimpinan.

Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan
Pemimpin adalah orang yang mengemban tugas serta tanggung jawab untuk memimpin dan mampu mempengaruhi orang yang dipimpinya, dengan menjadi seorang pemimpin berarti harus juga siap untuk mengayomi bawahan ataupun anggotanya. Sedangkan kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada para pengikutnya untuk mencapai suatu tujuan.

Teori Kepemimpinan
Kepemimpinan itu muncul seiring dengan adanya peradaban manusia. Yaitu sejak para nenek moyang manusia berkumpul dan melakukan kerja sama antar manusia. Pada saat seperti itu akan muncul manusia yang paling tua atau paling kuat, paling cerdas, paling berani, ataupun paling bijaksana. Merekalah yang nantinya akan menjadi pemimpin.

tipe tipe pemimpin
Pict From Instagram - @fazrulzikri

Di dalam ilmu pengetahuan, terdapat 3 buah teori tentang kepemimpinan, diantaranya adalah
·           Teori Genetis
Teori ini menyatakan bahwa pemimpin itu tidak dibuat, tetapi pemimpin itu timbul dan ada dengan sendirinya.

·           Teori Sosial
Teori ini menyatakan bahwa pemimpin itu harus dipersiapkan (melalui pendidikan misalnya), dan setiap orang itu bisa menjadi pemimpin kalau mendapatkan pendidikan yang layak.

·           Teori Ekologis
Seorang pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang memiliki bakat memimpin dan kemudian dikembangkan baik melalui pendidikan maupun pengalamannya.

Setelah mengetahui sedikit banyak tentang kepemimpinan, sekarang saatnya mencari tahu kamu itu tipe pemimpin dengan gaya seperti apa. Jika penasaran yuk langsung di simak penjelasannya di bawah ini.

Pict From Instagram - @sherlyrzckl_

Tipe-Tipe Gaya Kepemimpinan
Setiap pemimpin itu pasti berbeda mereka mempunyai sifat, kebiasaan, watak, tempramen yang berbeda-beda serta memiliki keunikan dalam pribadi mereka masing-masing. Ada beberapa tipe pemimpin yang baik dan juga ada yang buruk. Berikut adalah 12 tipe-tipe gaya kepemimpinan:

1.    Tipe Deserter (Pembelot)
Pemimpin dengan tipe ini memiliki moral yang rendah, tidak mempunyai loyalitas (rasa pengabdian dan saling memiliki) dan merasa acuh tak acuh dengan anggotanya.

2.    Tipe Birokrat
Tipe birokrat adalah tipe pemimpin yang patuh, taat, cermat, dan keras dalam menegakkan peraturan-peraturan yang ada.

3.    Tipe Missionaris
Adalah tipe seorang pemimpin yang ramah, terbuka, dan suka menolong serta memiliki hati yang lemah lembut.

4.    Tipe Developer
Tipe ini disebut juga tipe pembangun, yaitu seorang pemimpin yang kreatif, dinamis, baik dalam hal melimpahkan wewenang dan memiliki rasa kepercayaan yang tinggi kepada bawahannya.

5.    Tipe Otokrat
Pemimpin dengan tipe ini adalah pemimpin yang tegas akan tetapi cenderung kasar, sedikit bersifat diktator, keras kepala, mau menang sendiri, dan angkuh.

6.    Tipe Benevolent Autocrat
Kalau tipe pemimpin ini adalah kebalikan dari tipe otokrat yang ada di atas. Bisa dibilang ini adalah tipe otokrat versi baik. Tipe pemimpin seperti ini tegas, lancar dan tertib ketika melaksanakan peraturan serta ahli dalam hal mengorganisir.

7.    Tipe Compromiser
Pemimpin ini adalah pemimpin yang sifatnya mudah berubah seperti air di daun talas yang tidak tetap pendiriannya serta lemah dalam mengambil sebuah keputusan.

8.    Tipe Eksekutif
Adalah tipe seorang pemimpin yang dapat memberikan motivasi serta menjadi contoh bagi bawahannya. Ia juga tekun serta memiliki pandangan yang cukup luas.

9.    Tipe Kharismatik
Tipe pemimpin seperti ini memiliki daya tarik yang tinggi. Dianggap oleh pengikut atau bawahannya bahwa pemimpin ini memiliki kelebihan serta kekuatan yang luar biasa yang dapat membuat banyak orang terkagum-kagum.

10. Tipe Paternalistik
Adalah tipe pemimpin yang memiliki sifat kebapakan. Pemimpin ini suka melindungi anggotanya tetapi jarang memberikan kesempatan kepada anggotanya. Dia suka mengambil keputusan sendiri dan berinisiatif sendiri, memiliki banyak fantasi dan sulit untuk percaya terhadap orang lain.

11. Tipe Militeristis
Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa pemimpin jenis ini suka yang kemiliteran. Dia suka memerintah anggotanya, menghendaki kepatuhan yang mutlak, banyak unsur formalitas kerja serta disiplin yang terlalu kaku.

12. Tipe Administratif
Adalah tipe seorang pemimpin yang baik dalam penyelenggaraan administratif, seperti misalkan ketatausahaan yang rapi, berpikir efektif dan efisien.

Setelah membaca artikel tentang tipe-tipe gaya kepemimpinan di atas, sekarang kamu juga harus membaca tentang 👉 10 cara menyampaikan pendapat dengan baik dan benar dalam forum dan musyawarah

Nah sobat, itulah beberapa penjelasan mengenai Kepemimpinan dan pastinya tentang 12 Tipe-tipe gaya Kepemimpinan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu semua ya! Jangan lupa share artikel ini agar semakin banyak yang sadar pemimpin seperti apa mereka saat ini. Cukup sampai disini dulu artikel kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

4 komentar untuk "12 Tipe-Tipe Gaya Kepemimpinan, Kamu yang Mana?"

Comment Author Avatar
liat foto2 pramukanya, jd inget pas msh smu dan ambil ekskul pramuka :). selalu suka ama kegiatannya, trutama kalo udah jurit malam :D

aku sendiri lbh condong ke developer. teamku ada 6 org, dan masing2 dari mereka udah aku ksh tanggung jawab berbeda.. tujuannya ya supaya mereka bisa lbh mengembangkan kreatifitasnya juga, tp ttp ga menyimpang dari aturan kerja. aku sendiri pernah dapet atasan dgn tipe kepemimpinan berbeda.. ada yg otoriter, ada yg birokratif banget, tp pernah ada yg developer juga. dr semuanya, tipe developer memang yg paling bagus buatku. krn memberikan kepercayaan jg kepada anak buah kita
Comment Author Avatar
Wah salut banget deh sama kakak blogger yang satu ini, pasti pengalamannya sudah bertumpuk ya kak, ditambah lagi ada background Pramukanya, mantab jiwa lah 100 hihi
Comment Author Avatar
Kalo aku kayanya lebih ke tipe gaya kepemimpinan yang administratif kak :D
Comment Author Avatar
Akibat banyak insan mental no.1 yg jelek malah nama organisasinya.wkwk jadi nostalgia sama kakak-kakak senior mental no.1 dulu yang sangat menjunjung tinggi senioritasnya dengan kata pusakanya "kakak dulu lebih parah dari ini". :')..semoga dengan artikel ini banyak yg mengubah cara kepemimpinannya jadi lebih baik.(ya semoga sadar lah..ngga cuma di plototin aja heheh :v. )