Event Gerakan Pandega Menulis Tahun 2019 | Kwartir Nasional - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

7/26/2019

Event Gerakan Pandega Menulis Tahun 2019 | Kwartir Nasional

Gerakan Pandega Menulis 2019
KakaKiky - Sebentar lagi Hari Pramuka ke-58 dan Hari Kemerdekaan RI akan segera tiba, ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan untuk menyambut hari tersebut, salah satunya adalah kegiatan “Gerakan Pandega Menulis”. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dam Dewan Kerja Nasional. Buat kamu yang tertarik dengan event Pramuka ini, kamu bisa melihat informasinya lebih detail lagi di bawah ini. Berikut ulasan selengkapnya.


Gerakan Pandega Menulis (1 Racana 1 Esai)

Event “Gerakan Pandega Menulis” adalah event yang diselenggarakan langsung oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Dewan Kerja Nasional dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke-58 dan Hari Kemerdekaan Ke-74 tahun 2019. Event dengan tema “Pramuka Pandega Dalam Mengisi Kemerdekaan” ini dilaksanakan mulai dari tanggal 1-17 Agustus 2019. Esai yang masuk akan disortir untuk kemudian dikumpulkan menjadi sebuah Buku hasil karya bersama, dimana para kontributornya adalah para Racana se Indonesia.

Syarat dan ketentuan Gerakan Pandega Menulis 2019

  1. Peserta adalah satuan Racana aktif di seluruh Gugusdepan Indonesia (Gugusdepan Putra dan Gugusdepan Putri).
  2. Peserta bisa secara individu maupun satuan.
  3. Tiap-tiap Racana diharapkan dapat mengirimkan 1 Naskah Esai.
  4. Esai yang dikirimkan adalah karya asli (original) yang belum pernah dipublikasikan di media manapun.
  5. Esai yang masuk akan disortir kembali untuk dikumpulkan menjadi sebuah Buku hasil karya bersama, yang mana para kontributornya adalah para Racana se Indonesia.

Ketentuan Penulisan Esai Gerakan Pandega Menulis

  1. Naskah Esai yang ditulis minimal 3 halaman dan maksimal 5 halaman.
  2. Judul Esai bebas, namun harus tetap sesuai dengan tema “Pramuka Pandega dalam Mengisi Kemerdekaan”. Nama penulis Esai diletakkan di bawah judul.
  3. Font yang digunakan dalam penulisan Esai adalah Times New Roman (TMR) dengan ukuran font 12. Menggunakan spasi 1,5. Batas pengetikan (margin) kiri,kanan,atas,bawah adalah 4,3,3,3. Menggunakan ukuran kertas A4
  4. Naskah Esai harus berisi 3 bagian (tidak harus disebutkan secara eksplisit) yaitu, pendahuluan (berisi latar persoalan dari identifikasi topik bahasan), Isi (pembahasan dan analisis), Penutup (kesimpulan dan saran).
  5. Sumber referensi baik berupa buku, jurnal, surat kabar, atau sumber lain harus dicantumkan dalam daftar pustaka dengan format Harvard Style.
  6. Bahasa Indonesia yang digunakan harus baku dengan tata bahasa dan ejaan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Tata Cara Pengiriman Naskah Esai

Naskah Esai yang telah selesai dibuat, dapat dikirim ke reddekaendotcom@gmail.com dalam bentuk soft copy PDF ataupun Word. Format nama file yang harus kamu gunakan adalah: Namalengkap_NamaRacana_JudulEsai. Naskah Esai yang telah dikirim akan menjadi hak penyelenggara. Penyelenggara juga berhak untuk mempublikasikan Esai peserta dengan tetap mencantumkan nama dari para penulis.

Contact Person:

Whatsapp Kak Akmal (0853-9605-7676)

Nah sobat, itulah informasi lengkap tentang event Gerakan Pandega Menulis tahun 2019. Ayo segera daftarkan dirimu atau satuanmu untuk mengikuti event yang satu ini, semoga bisa mendapatkan hasil dan juga pengalaman yang terbaik. Jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman kamu agar mereka juga mengetahui tentang event ini. Cukup sekian postingan kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!
Loading...

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done