Olly Sastra Wanita Pengibar Bendera Merah Putih Pertama Kali Di Cirebon - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

8/16/2019

Olly Sastra Wanita Pengibar Bendera Merah Putih Pertama Kali Di Cirebon

Wanita pengibar bendera pertama di Cirebon
KakaKiky - Bendera Merah Putih pertama yang dikibarkan di Cirebon masih utuh dan tersimpan dengan rapi. Warna merah dan putihnya pun sudah tak lagi cerah. Berwarna Kusam dan terdapat beberapa robekan.
Kak Esti tak berani mencuci bendera yang dibuat ibunya itu. Bukan karena tidak mau, akan tetapi khawatir bendera berbahan satin yang telah lapuk itu dapat rusak karena dicuci.


Foto di atas memperlihatkan Bendera Merah Putih dipamerkan oleh Indra Ratna Esti Handayani yang merupakan anak bungsu dari Olly Sastra, wanita pertama yang mengibarkan bendera tersebut di Cirebon.

Ya benar sekali, Kak Olly Sastra merupakan seorang wanita yang mengibarkan bendera Merah Putih pertama kali di Cirebon.

Robekan dan bagian bekas terbakar yang terdapat di bendera itu merupakan salah satu bukti perjuangan Olly. Kak Esti juga sempat menghela napas saat mengingat kejadian saat ibunya mendapat perlakuan kasar dari tentara Jepang. Tidak lain dan tidak bukan penyebabnya adalah  saat itu ibunya nekat mengibarkan bendera pada 17 Agustus 1945.

Kak Olly sempat menurunkan bendera Jepang sebelum mengibarkan bendera Merah-Putih. Apa yang dilakukannya itu merupakan pengibaran bendera Merah-Putih pertama kalinya di Cirebon.

Selain itu, kamu juga harus tahu kalau kak Olly aktif dalam gerakan politik dan kepanduan, yang saat ini bernama Pramuka. Kak Olly adalah seorang wanita pejuang yang dilahirkan pada 12 Januari 1925 dan wafat pada 16 Oktober 1994.

Kak Olly juga meninggalkan sejumlah dokumen saat memperjuangkan kemerdekaan kepada anak-anaknya, termasuk Esti.


Sumber: Sejarah Cirebon

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done