Kumpulan Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda Terlengkap

kumpulan contoh pidato sumpah pemuda terlengkap

KakaKiky - Hari Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita dari berdirinya NKRI.

Sejak tahun 1959, tanggal 28 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda, yaitu salah satu hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Pada umumnya setiap kali memperingati Hari Sumpah Pemuda, banyak instansi-instansi yang mengadakan upacara, dan dalam upacara tersebut disampaikan pidato-pidato tentang Hari Sumpah Pemuda.

Nah, untuk membantu kamu dalam menyampaikan pidato pada upacara Hari Sumpah Pemuda, berikut ini KakaKiky telah merangkum beberapa pidato tentang Hari Sumpah Pemuda yang bisa kamu gunakan sebagai bahan referensi. Ada beberapa pilihan pidato Hari Sumpah Pemuda, ada yang panjang ada pula yang singkat, silahkan dipilih sesuai kebutuhan.

Contoh Pertama Pidato Hari Sumpah Pemuda

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Syamtalira Aron, yang saya hormati Bapak Ibu guru, yang saya hormati Staff Tata Usaha, serta yang saya sayangi semua teman-teman seperjuangan yang telah berhadir di tempat yang berbahagia ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji beserta syukur kehadirat Allah , yang mana oleh Allah telah memberikan kita kesehatan, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini, untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober ini.

Sholawat besertakan salam, tidak lupa pula kita sanjung sajikan kepangkuan alam Baginda Rasulullah SAW, yang mana oleh beliau telah membawa kita dari alam kegelapan menuju alam yang penuh dengan terang benderang seperti yang kita rasakan pada saat ini.

Pada pagi hari yang cerah ini, saya akan membawakan sebuah pidato yang berjudul “Ayo kembali ke dalam semangat persatuan”. Semoga apa yang saya sampaikan pada pagi hari ini dapat mendorong kita untuk kembali ke semangat persatuan seperti yang para pemuda sebelum kita pernah lakukan dalam sumpah pemudanya.

Hadirin yang saya hormati,

Hari ini, tepat XX tahun yang lalu, sebuah peristiwa yang sangat bersejarah terjadi di negeri tercinta kita ini. Pada waktu itu, semua aktivis pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan di seluruh Indonesia bersatu serta berkumpul untuk berdiskusi, dan memprakarsai tonggak persatuan bangsa, yang tertuang pada tiga sila sumpah. Sumpah tersebut kemudian disebut dengan sumpah pemuda, yang berbunyi:

  1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  2. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  3. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah tersebutlah yang kemudian mempersatukan seluruh pemuda yang ada di Nusantara untuk sama-sama berjuang demi bangsa kini.

Hadirin yang berbahagia,

Namun yang terjadi saat ini sungguh sangat ironis, kesakralan sumpah pemuda kini sedikit demi sedikit telah mulai memudar karena kurangnya pemaknaan sumpah pemuda tersebut oleh para pemuda saat ini. Pada zaman dahulu, pemuda-pemuda Indonesia dan seluruh bangsa ini menghadapi musuh yang nyata, yaitu para penjajah.

Namun para pemuda dan bangsa ini menghadapi musuh yang berbeda ‘musuh semu’ yang perlahan-lahan terus menyusup ke dalam budaya bangsa kita ini. Salah satunya adalah individualisme. Hal inilah yang membuat pemuda menjadi individualis dan acuh tak acuh terhadap keadaan yang terjadi disekitarnya.

Padahal Ir. Soekarno, presiden pertama Indonesia pernah berkata “Beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia”. Beliau menganggap bahwa pemuda sebagai agent of change, pelopor perubahan dan kemajuan dalam masyarakat ini.

Hadirin yang berbahagia,

Saat ini, Bangsa Indonesia menghadapi permasalahan yang semakin hari semakin kompleks. Mulai dari permasalahan hukum, politik, pendidikan, kesenjangan ekonomi, bahkan kesejahteraan sosial masyarakat yang semakin gencar menggerus kehidupan bangsa ini.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, kemana perginya para pemuda saat ini ? Kemana perginya mereka ketika Indonesia membutuhkan tenaga mereka demi perubahan bangsa ini ke arah yang lebih baik?

Para pemuda saat ini banyak yang memilih tidak mau tahu. Mereka pura-pura tidak melihat, menutup mata dan telinga. Mereka disibukan dengan urusan masing-masing tanpa menghiraukan keadaan yang terjadi di sekitarnya. Padahal, banyak sekali kebijakan yang butuh untuk dikritisi dengan memberikan solusi-solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

Wahai para pemuda-pemudi bangsa,

Peran pemuda saat ini sangat dibutuhkan untuk membentuk sebuah Negara harmonis dan kuat. Dengan perkembangan tekhnologi yang ada saat ini dan kebebasan berpendapat yang makin dijunjung tinggi, seharusnya pemuda bisa lebih optimal lagi dalam menjalankan perannya sebagai agent of change.

Kita dapat menyampaikan pendapat melalui berbagai cara, seperti melalui film, musik, fotografi, maupun media lain. Dengan begitu, sebagai pemuda kita mejadi aktif dalam menjaga bangsa ini bukannya hanya diam ataupun hanya bersosial media ria saja.

Sebenarnya, Sumpah Pemuda bukan hanya berprean sebagai pemersatu bangsa, tetapi juga sebagai pendorong para pemuda agar tetap bersemangat dalam berkarya dan memberikan kontribusi yang nyata demi Indonesia.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Di akhir pidato ini saya berpesan kepada seluruh pemuda-pemudi Indonesia untuk tidak hanya diam tetapi ikut aktif dalam mengawasi jalannya pemerintahan Indonesia saat ini, karena sesungguhnya peran mereka sangatlah dibutuhkan.

Terimakasih atas perhatiannya, lebih dan kurang saya mohon maaf, akhir kata saya ucapkan wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Contoh Kedua Pidato Hari Sumpah Pemuda

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah SMA Taruna Nusantara, yang saya hormati seluruh dewan guru dan staff tata usaha, serta teman-teman yang saya sayangi sekalian.

Pertama-tama dan yang paling utama, marilah sama-sama kita panjatkan puja dan puji kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kita kesehatan dan kesempatan sehingga kita bisa berkumpul di lapangan ini untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Sholawat bermahkotakan salam, tidak lupa pula kita sanjung sajikan kepangkuan alam Baginda Rasulullah SAW. Yang mana oleh beliau telah membawa kita dari alam kebodohan menuju alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan pada saat ini.

Hadirin sekalian yang saya cintai.

Jika kita melihat kenyataan yang terjadi saat ini, terlampau banyak orang-orang yang dimanjakan oleh zaman. Kemajuan tekhnologi yang semakin tinggi ini juga semakin “meninabobokan” kita sehingga tertidur lelap. Berbagai alat elektronik sudah memakai remote, handphone sudah memiliki fasilitas yang lengkap, kendaraan yang juga sudah semakin canggih. Semuanya serba bisa kita temukan di zaman sekarang, bahkan untuk memesan makanan pun bisa kita lakukan melalui smartphone.

Namun dibalik semua kemudahan itu muncul pula sebuah kebiasaan baru yaitu kebiasaan bermalas-malasan. Semua kemudahan membuat kita malas untuk melakukan hal-hal yang dianggap sulit.

Jika hal ini kita biarkan tentunya dampaknya akan sangat buruk bagi mereka dan masa depan mereka terutama bagi kesehatan kita. Bagi kaum muda juga harus mewaspadai penyakit malas ini. Penyakit malas ini sangat berbahaya bagi masa depan kita. Lambat laun kemalasan akan membuat kita tidak bisa berbuat apa-apa ketika kita dihadapkan dengan kerasnya kehidupan.

Rekan-rekan saya yang saya banggakan, maka dari itu mulai saat ini marilah kita singsingkan lengan baju dan bangkitkan semangat kita. Jangan biarkan rasa malas ini selamanya membelenggu kita. Jangan biarkan rasa malas mengekang kita sehingga kita menjadi generasi pengecut, menjadi generasi yang lemah dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Sebagai generasi muda kita harus bisa menjadi generasi yang bisa diandalkan dan dibanggakan. Kita harus mampu menjadi agen pembaharu lingkungan kita. Masa muda adalah masa yang penuh dengan semangat, masa muda adalah masa yang penuh dengan gairah. Mari kita bertindak ke arah yang positif. Kita buat diri kita menjadi contoh kebaikan yang mampu menularkan semangat kepada rekan-rekan kita yang lain.

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, semoga beberapa patah kata yang saya sampaikan tadi dapat membangkitkan semangat kita para generasi muda, generasi penerus bangsa untuk tidak bermalas-malasan lagi.

Lebih dan kurang saya mohon maaf, wabillahi Taufik wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Contoh Ketiga Pidato Hari Sumpah Pemuda

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, yang berbahagia. Marilah sama-sama kita memanjatkan puja dan puji serta syukur kehadirat Allah Swt, karena pada pagi hari ini kita bisa berkumpul di tempat ini guna memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Pagi ini tepatnya tanggai 28 Oktober tahun xxxx segenap lapisan bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada tanggal terbut mempunyai arti terpenting dalam sejarah bangsa, karena generasi muda mengadakan konggres II di Jakarta mengikrarkan Sumpah Sakti yang mengikat persatuan dan kesatuan bangsa. Adapaun isi sumpah pemuda adalah sebagai berikut:

  1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  2. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  3. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Itulah ikrar Sumpah Pemuda yang telah dikenal oleh semua Lapisan bangsa Indonesia. Dengan memperingati hari Sumpah Pemuda yang terpenting bagi kita semua adalah hendaknya kita menjadi pemuda yang aktif dalam ikut berpartisipasi dalam pembangunan pada masa sekarang ini.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Demikian pidato saya dalam peringatan hari Sumpah Pemuda, mudah-mudahan generasi muda semakin semangat dalam melaksanakan berbagai aktifitas yang positif. Kurang lebihnya kami mohon maaf, Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Contoh Kempat Pidato Hari Sumpah Pemuda

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi Kita Semua ! Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMAN 1 Matangkuli, yang terhormat para dewan guru dan staff tata usaha, serta teman-teman yang saya cintai.

Marilah bersama-sama kita memanjatkan rasa puja, puji, dan syukur kepada Alllah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat dan Inayah-Nya lah kita semua bisa berkumpul di tempat yang berbahagia ini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dengan kondisi yang sehat walafiat.

Selain itu, tidak lupa juga sholawat bernadakan salam senantiasa kita sanjungkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita keluar dari jaman kebodohan, semoga kita semua akan diberikan syafaatnya di Yaumil Akhir kelak, Aamiin.

Hadirin yang berbahagia,

Sembilan puluh satu tahun yang lalu, tepatnya 28 oktober 1928 terjadilah suatu hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari tersebut juga telah menentukan nasib dari bangsa ini sehingga Negara ini menjadi Negara yang merdeka seperti saat ini. Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, pemuda-pemuda dari beberapa daerah di Indonesia berkumpul dalam satu tempat dengan satu tujuan yang sama.

Perkumpulan tersebut dinamakan dengan kongres pemuda dan menghasilkan sebuah sumpah yang sangat penting bagi bangsa ini, yaitu sumpah pemuda. Yang berbunyi :

  1. Kami poetra dan poetri indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air indonesia.
  2. Kami poetra dan poetri indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa indonesia.
  3. Kami poetra dan poetri indonesia mengjoenjoeng bahasa persatoean, bahasa indonesia.

Sumpah pertama mengikrarkan bahwa seluruh pemuda Indonesia bersaksi bahwa Indonesia adalah tanah air mereka. Sumpah yang kedua menyatakan bahwa kita adalah bangsa Indonesia dan yang terakhir menyatakan bahwa bahasa kita adalah satu, yaitu bangsa Indonesia.

Sumpah inilah yang kemudian menjadi tonggak perjuangan bangsa kita. Dengan lahirnya sumpah ini, semua pemuda Indonesia bersatu untuk melawan dan mengusir penjajah dari tanah air.

Hadirin yang berbahagia,

Apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita sangatlah penting untuk kita teladani. Mereka sadar bahwa kaum mudalah yang akan menentukan nasib bangsa ini. Coba bayangkan jika mereka tidak bersatu untuk melawan para penjajah, mungkin saat ini juga kita masih berada di dalam cengkraman para penjajah.

Untuk itulah kita sebagai pemuda harus meneruskan semangat persatuan mereka. Saat ini kita tidak perlu lagi mengangkat senjata, tetapi hanya dengan mengisi kemerdekaan ini saja. Namun sebenarnya, tugas kita ini pun bisa menjadi sulit karena pepatah yang mengatakan bahwa mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan.

Oleh karena itu, sebagai pemuda yang hidup di zaman yang penuh dengan lika-liku ini jangan sampai kita terlena dengan kemerdekaan yang telah tercapai. Justru, kita harus lebih bersemangat lagi untuk membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional dengan cara menjadi generasi yang berprestasi.

Hadirin yang berbahagia,

Pentingnnya peran pemuda ini bahkan diakaui sendiri oleh presiden pertama kita, Soekarno yang berkata, “beri aku sepuluh pemuda maka akan ku guncang dunia.” Statemen tersebut menunjukan betapa besar peran pemuda bagi kehidupan sebuah bangsa.

Oleh karena itu, di momen peringatan hari sumpah pemuda ini marilah kita kembali menyonsong semangat persatuan yang telah memudar dari dalam diri kita. Mari kita menjaga persatuan ini dan jangan sampai kita tercerai berai karena jika kita tidak bersatu, maka hancurlah bangsa ini.

Hadirin yang berbahagia,

Cukup sampai disini pidato yang dapat saya sampaikan, semoga dari apa yang saya utarakan tadi dapat menjadi pemicu bagi kita semua generasi muda untuk dapat bersatu kembali membangun negeri tercinta.

Terimakasih atas perhatiannya dan jika ada salah kata dalam penyampaian pidato ini, saya mohon maaf, karena sesungguhnya kebenaran hanya datang dari Allah dan kesalahan datang dari diri saya sendiri. Saya akhiri Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Nah sobat, itulah beberapa contoh pidato Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan pidato di atas untuk membuat pidatomu sendiri yang lebih baik dan lebih bagus. Semoga contoh-contoh pidato Hari Sumpah Pemuda di atas dapat bermanfaat, cukup sekian wassalamu’alaikum and Be Prepared!

10 komentar untuk "Kumpulan Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda Terlengkap"

Comment Author Avatar
cocok nih, bntar lagi sumpah pemuda..

yang penting isi pidatonya menggambarkan semangat kita sebagai anak muda utk terus melakukan hal positif bagi sekitar, bangsa dan negara..

bener nggak ??
Comment Author Avatar
hehehehe, iyaa bener banget kak Rini (k)
Comment Author Avatar
Terima kasih admin, pidato tentang hari sumpah pemudanya sangat lengkap sekali, KakaKiky emang the best kalo soal edukasi (k)
Comment Author Avatar
Dengan adanya artikel ini saya menjadi termotifasi sebagai pemuda pemuda bangsa untuk membela jasa-jasa pahlawan. Oleh karena itu sebentar lagi akan di laksanakan hari sumpah pemudah. Sebagai bekal tugas membuat pidato artikel ini benar venar membantu. Selain itu banyak kata-kata yang bikin kita tanmabh semangat untuk memperjuangkan bangsa. Makasi atas referensi artikel nya mas
Comment Author Avatar
siap sama-sama kak Yusuf! Terima kasih sudah membaca kumpulan pidato hari sumpah pemuda di kakakiky ^_^
Comment Author Avatar
saya suka dengan pidato yang pertama x-)
Comment Author Avatar
Terima kasih sudah berkunjung kakak (k)
Comment Author Avatar
Terima kasih pidato sumpah pemudanya, cukup lengkap dan membantu saya dalam membuat pidato sendiri :)