Kesepakatan Global Internasional Tentang Perubahan Iklim

Kesepakatan Global Internasional Perubahan Iklim
KakaKiky - Pada postingan ini kita akan membahas tentang kesepakatan global internasional tentang perubahan iklim. Yang akan menjadi pokok pembahasannya adalah sebagai berikut:


Pengertian Perubahan Iklim

Apa itu perubahan iklim?
Apa itu perubahan iklim? Yang dimaksud dengan perubahan iklim adalah perubahan jangka panjang dalam distribusi pola cuaca secara statistik sepanjang periode waktu mulai dasawarsa hingga jutaan tahun. Istilah tersebut bisa juga diartikan sebagai perubahan keadaan cuaca rata-rata atau perubahan distribusi peristiwa cuaca rata-rata. Contohnya adalah jumlah peristiwa cuaca ekstrem yang semakin banyak atau sedikit. Perubahan iklim terbatas hingga regional tertentu atau dapat terjadi di seluruh wilayah bumi.

Pengertian UNFCCC

Pengertian UNFCCC
Apa itu UNFCCC? Yang dimaksud dengan UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change) adalah perjanjian lingkungan internasional yang dirundingkan pada saat KTT Bumi di Rio de Janeiro pada tanggal 3-14 Juni 1992 dan diberlakukan sejak tanggal 21 Maret 1994.

Tujuan UNFCCC

Tujuan dari UNFCCC
Tujuan dari UNFCCC adalah untuk menstabilkan konsentrasi gas rumah kaca yang ada di atmosfer sampai tingkat yang mampu mencegah campur tangan manusia dengan sistem iklim.

Pengertian Kyoto Protocol

Pengertian Kyoto Protocol
Kyoto Protocol adalah sebuah amendemen terhadap konvensi rangka kerja PBB tentang perubahan iklim (UNFCCC), sebuah persetujuan internasional tentang pemanasa global. Negara-negara yang sudah meratifikasi protokol ini berkomitmen untuk mengurangi pengeluaran karbon dioksida (emisi) dan limbah gas rumah kaca lainnya, atau bekerja sama dalam perdagangan emisi jika mereka menjaga jumlah atau menambah emisi gas-gas tersebut, yang telah dikaitkan dengan pemanasan global.

Pengertian Paris Agreement

Pengertian Paris Agreement
Apa itu Paris Agreement? Paris Agreement adalah sebuah persetujuan dalam kerangka UNFCCC yang mengawal reduksi emisi karbon dioksida yang efektif berlaku sejak tahun 2020. Persetujuan tersebut dibuat pada konferensi perubahan iklim perserikatan bangsa-bangsa 2015 yang bertempat di Paris.

Tujuan Paris Agreement

Tujuan Paris Agreement
Apa saja yang menjadi tujuan dari Paris Agreement? Berikut adalah beberapa tujuan dari Paris Agreement yang harus kamu ketahui:
1.  Menahan laju peningkatan temperatur global hingga berada di bawah 2 deraja celcius dari angka sebelum masa Revolusi Industri, dan mencapai upaya dalam membatasi perubahan temperatur hingga setidaknya 1,5 derajat celcius.
2.  Meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi terhadap dampak dari perubahan iklim, meningkatkan ketahanan iklim, dan melaksanakan pembangunan yang bersifat rendah emisi gas rumah kaca tanpa harus mengancam produksi pangan.
3.  Membuat suplai finansial yang konsisten demi untuk tercapainya pembangunan yang bersifat rendah emisi gas rumah kaca dan tahan terhadap perubahan iklim.

Komitmen Indonesia dalam Perubahan Iklim

Komitmen Indonesia dalam Perubahan Iklim
Apa yang menjadi komitemen Indonesia dalam menghadapi perubahan Iklim? Dalam evaluasi 2 tahun Indonesia telah memenuhi Paris Agreement, Menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebut Indonesia telah mencapai ratifikasi Paris Agreement pada tanggal 31 Oktober 2016 berupa UU Nomor 16 tahun 2016.

Selain itu, Indonesia juga telah selesai melakukan Registration National Determined Contributions (NDC) pada tanggal 6 November tahun 2030 dengan pembiayaan sendiri dan 41% dengan dukungan dari internasional.

Mind Map Kesepakatan Global Internasional Perubahan Iklim

Mind Map Kesepakatan Global
Nah sobat, itulah pembahasan terlengkap materi kuliah tentang kesepakatan global internasional perubahan iklim lengkap dengan segala macam pengertian serta penjelasan komitmen dari pihak Indonesia untuk perubahan iklim global. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua, cukup sampai disini postingan kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

2 komentar untuk "Kesepakatan Global Internasional Tentang Perubahan Iklim"

Comment Author Avatar
Mantap mas, saya suka topik2 ttg iklim dan lingkungan gini
Comment Author Avatar
Terima kasih Bang Day sudah berkunjung dan membaca di KakaKiky (k)