Informasi Lengkap Tentang Jogja International Scout Camp (JISC) 2020 - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Kamis, 26 Maret 2020

Informasi Lengkap Tentang Jogja International Scout Camp (JISC) 2020

Informasi Tentang JISC 2020
KakaKiky - Sebelumnya iky sudah pernah membahas sekilas tentang JISC di postingan ‘Daftar Kegiatan Pramuka Nasional Tahun 2020’. Nah, di postingan kali ini iky akan mencoba untuk mengurai dengan lengkap tentang kegiatan Pramuka Internasional di tahun 2020 ini. Bagi kamu yang penasaran dengan kegiatan JISC ini, yuk langsung baca selengkapnya di bawah!

Apa itu JISC?

JISC merupakan singkatan dari Jogja International Scout Camp. Ini adalah kegiatan perkemahan pramuka penegak dan pandega tingkat internasional pertama yang diadakan di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya berada di Bumi Perkemahan Rama Shinta sebagai lokasi utama dan ada lima desa budaya dan wisata yang berlokasi di empat kabupaten (Kulon Progo, Gunungkidul, Bantul, dan Sleman) dan Yogyakarta sebagai sub lokasi.


Perkemahan internasional ini akan diikuti oleh lebih dari 2832 Penegak dan Pandega bersama dengan 480 pembina, serta termasuk kurang lebih 20 negara di dunia.

JISC tahun 2020 ini diharapakan dapat membawa semangat baru peradaban berdasarkan prinsip luru ilmu (mengejar pengetahuan) dan liru kawruh (berbagi pengetahuan) melalui pendekatan budaya di Yogyakarta.

Tema dan Slogan JISC 2020

Kegiatan ini diharapkan untuk dapat memberikan nuansa baru dalam dunia Pramuka, mempromosikan budaya yang ada di Indonesia, dan melestarikannya. Mengundang semua pramuka dunia untuk menambah pengalaman selama mereka ada di Indonesia.
  • Tema: Peace and Harmony: From Jogja to Indonesia and Beyond
  • Slogan: Culture for Peace and Harmony

Kegiatan Main Camp JISC 2020

JISC tahun 2020 akan diselenggarakan mulai tanggal 5-11 Juli 2020 di Bumi Perkemahan Rama Shinta, Komplek Candi Prambanan di Yogyakarta. Berikut ini adalah daftar kegiatan Main Camp yang ada dalam JISC 2020:
  • Kegiatan Umum
  • Olahraga Tradisional
  • Pameran Budaya
  • Karnaval Budaya
  • Permainan Tradisional
  • Seni dan Budaya
  • Sendratari Ramayana
  • Pertemuan Anggota Dewasa

Kegiatan Sub Camp

JISC 2020 tersebar di empat kabupaten yang berbeda dan satu kotamadya di Daerah Istimewa Yogyakarta, peserta akan diajak untuk mengetahui lebih banyak tentang potensi yang ada dalam setiap kabupaten tersebut. Berikut adalah kegiatan Sub Camp JISC 2020:
  • Kemampuan Tradisional
  • Kerja Bakti
  • Seni dan Budaya
  • Kuliner Tradisional
  • Kearifan Lokal
  • Wisata Budaya

Jadwal Kegiatan Selama JISC 2020

JISC diselenggarakan selama 7 hari di Bumi Perkemahan Rama Shinta dan Desa Wisata di Yogyakarta mulai tanggal 5-11 Juli 2020 dengan kegiatan harian sebagai berikut:

Hari Kegiatan Lokasi
1 Registration, Leader Meeting, Welcome Dinner Main Camp
2 Opening Ceremony, Prambanan Tour, Brotherhood games, Seminar, Sugeng Rawuh Night (Welcome Party) Main Camp
3 Traditional Sports, Traditional Games, Pawiyatan Budaya, Culture Expose, Art and Culture Performance Sub Camp
4 Traditional Sports, Traditional Games, City Tour, Culture Expose, Art and Culture Performance, Ramayana Ballet Sub Camp
5 Traditional Sports, Traditional Games, Pawiyatan Budaya, Culture Expose, Art and Culture Performance Sub Camp
6 Traditional Sports, Traditional Games, City Tour, Culture Expose, Art and Culture Performance, Ramayana Ballet Sub Camp
7 Traditional Sports, Traditional Games, Ekspose Sub Camp's Culture, Culture Carnival, Closing Ceremony Main Camp

Juklak Kegiatan JISC 2020

Berikut ini adalah file Juklak resmi kegiatan JISC 2020 yang bisa kamu download:

Nah sobat, itulah informasi selengkapnya tentang kegiatan Jogja International Scout Camp (JISC) tahun 2020. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada teman-teman Pramuka kalian ya! Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done