Ayo Catat! Ini Daftar Kegiatan Pramuka Nasional Tahun 2020

Kegiatan Pramuka Nasional 2020
KakaKiky - Pada postingan sebelumnya iky sudah pernah membahas tentang jenis-jenis pertemuan dan kegiatan Pramuka. Nah, di postingan kali ini iky akan mencoba untuk membagikan informasi menarik seputar kegiatan Kepramukaan Nasional yang akan diadakan pada tahun 2020. Kalau kalian penasaran, yuk cek pembahasannya di bawah ini!

Kegiatan Nasional Selama Tahun 2020

Tahun 2020 ini bakalan diwarnai dengan serangkaian event atau kegiatan Kepramukaan berskala Nasional. Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya tidak asing lagi ditelinga para anggota Gerakan Pramuka. Berikut adalah 6 kegiatan kepramukaan Nasional yang wajib untuk kamu catat:

Pict From Instagram - @pramukaupdate

1. PERTIKARA Nasional

Pertikara (Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara) adalah pertemuan besar anggota Satuan Karya (SAKA) bhayangkara, sesuai dengan tingkat wilayahnya. Ada tingkat cabang, tingkat daerah, dan bahkan tingkat nasional. Nah, untuk kegiatan PERTIKARA tingkat nasional kali ini akan di adakkan pada tanggal 13-19 Juni tahun 2020, yang bertempat di bumi perkemahan Sibolangit Sumatera Utara.

2. Kemah Bela Negara

Kegiatan nasional kedua yang wajib kamu catat adalah Perkemahan Bela Negara. Perkemahan Bela Negara ini ditujukan untuk menimbulkan kembali semangat para anak bangsa untuk terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tuan rumah dari kegiatan nasional ini adalah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 22-27 Juni 2020.

3. JISC 2020

JISC merupakan singkatan dari Jogja International Scout Camp. Nah, kalau kegiatan yang satu ini sebenarnya berskala internasional loh kak. Ini merupakan kegiatan Pramuka penegak/pandega internasional pertama yang di selenggarakan di Yogyakarta, yang merupakan salah satu wilayah yang sangat kaya akan potensi budayanya. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 5-11 Juli 2020.

4. Pertemuan Pramuka Berkebutuhan Khusus

Kegiatan tingkat nasional yang satu ini sudah pernah diadakan di tahun yang sudah-sudah. Pertemuan Pramuka Berkebutuhan Khusus merupakan kegiatan di mana saudara-saudara Pramuka kita dari seluruh Indonesia yang memiliki kebutuhan Khusus akan bertemu dan berbaur bersama dalam bumi perkemahan. Kegiatan ini sendiri akan dilaksanakan pada bulan September tahun 2020.

5. PWN 2020

PWN (Perkemahan Wirakarya Nasional) merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berbentuk sebuah perkemahan besar, dalam rangka untuk mengadakan integrasi dengan masyarakat serta ikut dalam kegiatan pembangunan dalam masyarakat tersebut. Kegiatan Nasional ini dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober – 4 November 2020 dan yang menjadi tuan rumah adalah Kota Jambi.

6. Perkemahan Antar Saka Nasional

Perkemahan Antar Sakan Nasional atau disingkat dengan Peran Saka Nasional merupakan kegiatan nasional yang diadakan di penghujung tahun 2020. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 3-7 Desember di Bangka Belitung.

Nah sobat, itulah beberapa kegiatan Pramuka Nasional tahun 2020 yang wajib untuk kamu catat dan ketahui. Semoga postingan singkat ini dapat menambah wawasan kamu tentang kegiatan kepramukaan. Jangan lupa untuk membagikan postingan ini kepada teman-teman Pramuka kamu, agar mereka juga tahu tentang kegiatan ini. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!