Cara Membedakan Penggunaan Kata The, A, Dan An Dalam Bahasa Inggris

perbedaan penggunaan kata the a dan an dalam bahasa inggris
Perbedaan penggunaan The A dan An
KakaKiky - Ketika belajar Bahasa Inggris pasti kita pernah dibingungkan tentang kapan harus menggunakan kata the, a, dan an. Misalkan sebagai contoh kita harus mengatakan ‘a book’, ‘the book’, atau ‘an book’?

Nah, pada kesempatan sesi belajar bahasa inggris kali ini kita akan membahas tentang bagaimana membedakan penggunaan dari kata the, a, dan an. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Perbedaan Penggunaan The, A, dan An dalam Bahasa Inggris
Kata the, a, dan an adalah jenis kata artikel yang terbagi ke dalam dua kategori, yaitu definite dan indefinite. Untuk kata ‘the’ termasuk ke dalam golongan definite, yang berarti sudah pasti (benda yang ingin kita sebut sudah kita ketahui secara pasti).

Sedangkan untuk kata ‘a’ dan ‘an’ termasuk ke dalam golongan indefinite (benda yang ingin kita sebutkan belum diketahui secara pasti). Kata ‘a’ dan ‘an’ juga digunakan saat kita ingin menyatakan sesuatu yang sifatnya umum atau general.

Sebagai contoh, ketika kita ingin membeli sebuah buku yang kita lihat di gramedia minggu lalu, maka kata yang kita gunakan adalah:
  • I will buy the book that I saw at the gramedia last week
Namun, jika kita tidak tahu akan membeli buku yang mana dan seperti apa, maka untuk mengungkapkannya kita menggunakan kata:
  • I will buy a book

Penggunaan the, a, dan an dalam bahasa Inggris dapat digunakan untuk benda yang sama, hanya saja situasinya yang dapat membedakan kapan kita menggunakan kata artikel tersebut. Kita menggunakan kata ‘the book’ karena kita sudah tahu ingin membeli buku apa, namun sebaliknya kita menggunakan kata ‘a book’ karena kita tidak tahu ingin membeli buku jenis apa.

Kapan harus menggunakan ‘a’ dan ‘an’?
Sebenarnya untuk membedakan penggunaan ‘a’ dan ‘an’ itu sangatlah mudah. Jika huruf depan dari kata benda yang akan kita sebutkan berbunyi huruf konsonan, maka kita menggunakan ‘a’. Sedangkan jika huruf depan kata benda yang ingin kita sebutkan berbunyi huruf vokal (a, i, u, e, o), maka kita harus menggunakan ‘an’. Biar lebih jelas, perhatikan beberapa contoh kalimat yang ada di bawah ini:

Penggunaan A:
  • A phone
  • A book
  • A car
  • A house
  • A money
Penggunaan An:
  • An advice
  • An apple
  • An ice cream
  • An idea
NOTE:
Namun, dalam menggunakan ‘a’ atau ‘an’ ada beberapa hal yang harus diingat. Ada beberapa kata yang walaupun di awali oleh huruf konsonan tapi terdengar seperti menggunakan huruf vokal di awalnya, maka kita harus menggunakan ‘an’, begitu pula sebaliknya. Jadi, penggunaan ‘a’ dan ‘an’ tidak berpatokan pada huruf depannya, namun bunyi pengucapan awal dari kata tersebut apakah bunyi huruf konsonan atau bunyi huruf vokal.

Sebagai contoh pada kata ‘hour’, karena pelafalan awalnya seperti menggunakan huruf ‘o’ maka kita menggunakan kata ‘an hour’ bukan ‘a hour’. Contoh lainnya adalah kata ‘an honor’ bukan ‘a honor’.

Contoh lainnya adalah kata university, walaupun awalnya adalah huruf vokal ‘u’ namun karena pengucapannya seperti diawali dengan huruf konsonan, maka kita menggunakan ‘a university’ bukan ‘an university’.

Nah sobat, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara membedakan penggunaan the, a, dan an? Semoga dapat bermanfaat dan bisa diterapkan dengan baik ya! Cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Penggunaan Kata The, A, Dan An Dalam Bahasa Inggris"