Karakteristik Dan Ancaman Bencana Geologi Dan Hidrometerologi Di Indonesia

karakteristik ancaman bencana indonesia
Karakteristik dan acanaman bencana

KakaKiky - Pada postingan ini Kiky akan membahas tentang karakteristik dan ancaman bencana geologi dan hidrometerologi di Indonesia serta bagaimana penanggulangan bencana yang terjadi di Indonesia. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini!

Karakteristik dan Ancaman Bencana Geologi dan Hidrometeorologi di Indonesia

Geologi

Kita harus dapat mengenali wilayah Indonesia yang terletak di antara 3 lempeng tektonik yaitu Lempeng Pasifik, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Hindia-Australia

Kondisi tersebut menyebabkan Indonesia sangat rentan terhadap bencana gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, dan jenis-jenis bencana geologi lainnya. Ancaman bahaya gempa bumi tersebar di hampir seluruh wilayah Kepulauan Indonesia, baik dalam skala kecil hingga skala besar yang merusak.

Hanya di Pulau Kalimantan bagian barat, tengah dan selatan yang sumber gempa buminya tidak ditemukan , walaupun masih ada goncangan yang berasal dari sumber gempa bumi yang berada di wilayah Laut Jawa dan Selat Makassar. Wilayah yang rawan bencana gempa bumi di Indonesia tersebar mulai dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, Maluku Utara dan wilayah Papua.

Hidrometeorologi

Indonesia juga terletak di garis khatulistiwa sehingga wilayahnya beriklim tropis. Akibat posisi geografis ini, Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

Pada saat musim penghujan apabila curah hujan tinggi, kondisi ini memicu terjadinya puting beliung, banjir dan tanah longsor.

Sedangkan pada musim kemarau, dan curah hujan rendah terjadi bencana kekeringan, kebakaran hutan dan lahan.

Sementara pada musim peralihan, fenomena alam puting beliung menjadi ancaman bencana.

Kenali beberapa wilayah Indonesia dengan curah hujan tinggi. Di Indonesia terdapat 3 pola curah hujan, yaitu pola hujan monsun, ekuatorial dan lokal dengan periode hujan yang berbeda-beda. Perhatikan pergeseran awal musim penghujan dari Barat ke Timur, karena bencana hidrometeorologi terjadi pada saat itu.

No Pulau Puncak Musim Hujan
1 Pola hujan monsun: Sumatera Bagian Timur, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Bagian Selatan Desember, Januari, Februari
2 Pola hujan ekuatorial: Pantai Barat Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah Bagian Utara, Sulawesi, Papua dan sebagian Papua Barat Maret dan Oktober
3 Pola hujan lokal: Maluku, Papua Barat Bagian Barat Juni, Juli dan Agustus

Penanggulangan Bencana Di Indonesia

Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana menyebutkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjadi penanggung jawab penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Siapa penanggung jawab penanggulangan bencana Indonesia?

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadi penanggung jawab penyelenggaraan penanggulangan bencana di tingkat nasional dengan didukung kementerian/Lembaga terkait, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, TNI, Polri, Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dan kementerian/lembaga terkait lain.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi, kabupaten dan kota merupakan penanggung jawab penyelenggaraan penanggulangan bencana di tingkat daerah dengan didukung Organisasi Perangkat Daerah (OPd) terkait.

Dalam masa tanggap darurat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat akan membentuk Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat, yang bertugas untuk melakukan upaya penanganan darurat (Peraturan Kepala BNPB Nomor 3 Tahun 2016).

Struktur Posko Tanggap Darurat Bencana

Kenali struktur Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Bencana di daerah sesuai dengan Peraturan Kepala BNPB tersebut.

Struktur

Nah sobat, itulah penjelasan tentang karakteristik dan ancaman bencana geologi dan hidrometerologi di Indonesia serta bagaimana penanggulangan bencana yang terjadi di Indonesia. Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya! Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Sumber: Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana Oleh BNPB