Cara Menampilkan Angka Nol (0) di Excel dan Spreadsheet

cara menampilkan angka nol di microsoft excel dan spreadsheet
Cara tampilkan angka 0 di Excel

KakaKiky - Microsoft Excel adalah sebuah program perangkat lunak (software) yang memungkinkan penguna untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik (angka). Excel memiliki kelebihan yang terdapat pada fungsi, formula, dan makro VBA (Visual Basic Applications).

Sama halnya dengan Excel, Spreadsheet juga merupakan aplikasi pengolah angka, namun aplikasi ini merupakan besutan dari Google. Spreadsheet lebih mudah digunakan karena bisa diakses menggunakan browser tanpa harus menginstallnya. Baik Excel maupun Spreadsheet juga bisa digunakan untuk memformat tabel dan data dengan cara yang lebih baik.

Di Excel dan Spreadsheet tidak bisa ketik angka nol (0)

Jika kamu merupakan pengguna baru Excel dan Spreadsheet pastinya pernah mengalami kebingungan saat menulis atau mengetik angka 0 pada baris atau kolom, dan angka 0 tersebut tidak muncul. Misalkan kamu ingin menuliskan nomor telepon di tabel excel tapi angka 0 di awal tidak muncul.

angka 0 pada microsoft excel tidak bisa muncul

Sebenarnya ini bukan error atau kesalahan sistem Excel dan Spreadshet, namun kedua aplikasi tersebut menanggani dua jenis angka yaitu angka yang memang dianggap angka sebenarnya dan angka yang dianggap teks.

Contoh angka yang sebenarnya bila dituliskan 0821 maka akan dianggap sebagai 821, jika angka berupa teks bila dituliskan 0821 maka akan dianggap sebagai 0821. Nah, sampai di sini tentunya kamu sudah paham kalau cara untuk mengatasi angka 0 tidak muncul di awal pada Excel dan Spreadsheet adalah dengan merubah format nya menjadi angka teks.

Cara Agar Angka 0 Tidak Hilang Di Excel dan Spreadsheet

Bila kamu ingin menampilkan angka nol di awal sel Excel dan Spreadsheet ketika memasukkan nomor telepon, kamu bisa mengikuti beberapa cara mudah di bawah ini. Perlu diketahui bahwa nomor telepon itu tidak digunakan dalam proses perhitungan jadi tidak masalah jika mengubah formatnya menjadi angka teks.

Menampilkan angka 0 di awal pada Excel dengan mengubah format sel menjadi teks

Cara ini lebih direkomendasikan bila kamu ingin memasukkan banyak angka yang memiliki 0 di awal sel. Untuk memformat sel yang tadinya angka menjadi teks, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Buka file excel, lalu blok kolom yang ingin kamu tambahkan angka 0 di awal sel, misalkan kolom nomor telepon. Cara mudahnya, tinggal klik saja pada header kolom, pada file saya header kolom yang dipilih adalah Nomor Telepon berarti tinggal klik saja kolom header “D”.

cara ubah format angka jadi teks di excel
Klik pada header kolom yang diinginkan

2. Setelah diblok, klik kanan dan pilih format cells

cara mengubah format angka menjadi teks di excel
Pilih Format Cells

3. Setelah muncul pop up, silahkan pilih tab Number lalu pada bagian category pilih Text, terakhir klik tombol OK.

cara mengubah format teks di microsoft excel
Pilih tab number dan pilih category text

4. Sekarang kita sudah bisa menampilkan angka 0 di awal pada sel Excel.

cara ketik angka 0 di Microsoft Excel agar muncul

Menampilkan angka 0 di awal pada Spreadsheet dengan mengubah format sel menjadi teks

Untuk menampilkan angka 0 pada Spreadsheet kurang lebih sama seperti pada Excel, karena kedua aplikasi ini tidak jauh berbeda. Berikut cara selengkapnya:

1. Buka file Spreadsheet, lalu blok kolom yang ingin kamu tambahkan angka 0 di awal sel, misalkan kolom nomor telepon. Cara mudahnya, tinggal klik saja pada header kolom, pada file saya header kolom yang dipilih adalah Nomor Telepon berarti tinggal klik saja kolom header “D”.

cara menampilkan angka 0 di Google Spreadsheet
Klik pada kolom header

2. Setelah diblok, klik icon angka 123 yang ada di bagian menu atas dan pilih teks biasa.

cara mengubah format angka menjadi teks di spreadsheet
Klik icon 123 dan pilih teks biasa

3. Sekarang kita sudah bisa menampilkan angka 0 di awal pada sel Spreadsheet.

cara menampilkan nomor telepon di spreadsheet
Angka 0 berhasil ditampilkan

Nah sobat, itulah bagaimana cara menampilkan angka 0 di awal pada Microsoft Excel dan Spredsheet atau Google Sheet. Semoga tutorial ini dapat membantu dan memudahkan kamu dalam mengerjakan tugas. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar di bawah ya! Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

CLOSE ADS
CLOSE ADS