Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Power Point (PPT) Materi Struktur Dan Fungsi Sel

materi biologi tentang struktur sel dan fungsinya
Struktur sel dan fungsinya

KakaKiky - Makhluk hidup memiliki beberapa ciri utama dan salah satunya adalah tersusun atas sel. Setiap makhluk hidup baik manusia, hewan, dan tumbuhan tersusun atas sel-sel yang memiliki bentuk, ukuran, dan struktur sel yang sangat bervariasi.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah materi tentang struktur dan fungsi sel. Kamu juga bisa download power point (ppt) materi struktur dan fungsi sel pada postingan ini lengkap dengan isi materinya.

Isi Materi PPT Struktur dan Fungsi Sel

Berikut ini adalah isi materi yang terdapat dalam PPT struktur dan fungsi sel pada mata pelajaran biologi. Jika ingin mendownload file PPT berikut, silahkan scroll ke sesi paling bawah dan klik tombol download.

Apa Ciri Utama Makhluk Hidup?

Berikut adalah beberapa ciri utama yang terdapat pada makhluk hidup:

  1. Tersusun atas SEL (sel-sel)
  2. TerORGANISASI (teratur)
  3. Berkembangbiak-REPRODUKSI
  4. Membutuhkan ENERGI-makanan
  5. TUMBUH dan BERKEMBANG
  6. Mengatur keseimbangan-HOMEOSTASIS
  7. RESPON terhadap lingkungan

Pengertian Sel Pada Makhluk Hidup

Sel merupakan unit struktural dan fungsional dasar organisme. Setiap makhluk hidup tersusun atas sel-sel yang memiliki bentuk, ukuran dan struktur sel sangat bervariasi. Semua sel berasal dari sel-sel sebelumnya.

Cara Mempelajari Sel

Sel dapat dipelajari dengan metode fraksionasi (pemisahan) sel menggunakan mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Umumnya digunakan mikroskop elektron karena dapat mengamati struktur subselular dari sel.

Tipe Sel

Berdasarkan keberadaan membran inti, maka tipe sel dapat dibedakan menjadi:

1. Sel Prokariotik

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti dan umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil. Sel prokariotik terdiri dari membran plasma, sitoplasma, nukleus, ribosom, dinding sel, kapsul, bulu rambut, dan flagel.

Ciri-ciri sel Prokariotik

  • Tidak memiliki nukleus
  • DNA berupa daerah yang tidak terikat disebut nukleoid
  • Tidak memiliki organel
  • Sitoplasma terikat dengan membrane plasma

2. Sel Eukariotik

Sel eukariotik adalah jenis sel yang memiliki membran inti dan sistem endomembran seperti mitokondria dan badan goldi. Sel ini berbentuk uniseluler (memiliki 1 sel) dan multiseluler (banyak sel) yang menyusun tubuh organisme. Sel eukariotik terdiri dari membran plasma, sitoplasma, dinding sel, nukleus, retikulum endoplasma (re), ribosom, sentriol, badan golgi, lisosom, mitokondria, plastida, vakuola.

Ciri-ciri sel eukariotik

  • DNA berada di inti/nukleus yang diselubungi membrane inti
  • Memilki organel bermembran
  • Sitoplasma: daerah antara nucleus dan membrane plasma
  • Sel eukariot lebih besar dari sel prokariot

Pengertian Membran Plasma

Membran plasma berfungsi sebagai rintangan selektif yang memungkinkan aliran oksigen, nutrient, dan limbah yang cukup untuk melayani seluruh volume sel. Struktur umum membrane biologis terdiri atas fosfolipid dua lapis.

Pengertian Nukelus Sebagai Pusat Informasi Genetik

Nukleus merupakan organel yang paling mencolok dan mengandung sebagian besar gen yang mengontrol sel (sebagian gen di mitokondria atau kloroplas). Diselubungi oleh membran inti yang memisahkan nukelus dengan sitoplasma. Membran inti merupakan membran lipid ganda.

Download PPT Struktur dan Fungsi Sel

Untuk mendapatkan isi materi yang lebih banyak tentang sel, kamu bisa langsung mendownload materinya di bawah. Bila belum paham bagaimana cara mendownload, klik tombol cara download terlebih dahulu.

Nah sobat, itulah pembahasan lengkap tentang materi struktur dan fungsi sel lengkap dengan PPT yang bisa kamu download secara gratis. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membaca. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Power Point (PPT) Materi Struktur Dan Fungsi Sel"